5 Khasiat Daun Talas Untuk Kesehatan

Khasiat Daun Talas mungkin masih belum banyak yang tahu. Padahal jika dipelajari lebih lanjut, daun talas layak konsumsi sehingga bisa dijadikan salah satu alternatif bahan sayur. Manfaat Daun Talas jika digunakan pada bagian luar tubuh cukup baik untuk antiseptik alami yang menjaga kesehatan kulit dan lain sebagainya. Oleh karena itu, untuk sekedar menambah wawasan serta pengetahuan mengenai daun talas, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba memberikan sedikit rangkuman terkait dengan fungsi serta kegunaan daun talas tersebut untuk kesehatan tubuh.

5 Khasiat Daun Talas Untuk Kesehatan

Talas terbagi dan dikenal dalam beragam jenis. Di Indonesia, ada 4 macam talas yang paling familiar yaitu talas pandan, talas banteng, talas ketan, dan talas luhun anak. Dari keempat jenis ini terdapat perbedaan pada bentuk dan warna daun serta umbinya. Ciri umum bisa dikenali pada ukuran daun yang lebar serta tidak bersatu dengan air, sehingga air tidak meresap dan bahkan sering dijadikan mainan oleh anak-anak di kalangan pedesaan.


Sebelumnya kami sudah merangkum mengenai 14 manfaat umbi talas. Namun tidak lengkap rasanya jika kita tidak mengetahui secara detail akan kemampuan daun talas sebagai obat. Daunnya yang mengandung polifenol, sangat baik untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit. Apa saja sih manfaat daun talas? Yuk langsung saja kita simak rincian berikut!

Sebelum beranjak pada khasiat daun talas untuk kesehatan, untuk kehidupan sehari-hari daun talas ini digunakan sebagai pembungkus makanan, sayuran, dan juga pakan ternak khususnya babi, sapi dan kerbau. Sedangkan untuk sayur, masyarakat menggunakan bagian pucuk yang masih muda dan biasanya dimasak dengan menggunakan santan sama halnya sayur lodeh yang dikenal dengan lompong.

5 Khasiat Daun Talas Untuk Kesehatan :
  1. Bersifat antiseptik yang berkemampuan untuk membunuh bakteri dan kuman yang menempel pada kulit.
  2. Mempercepat penuaan bisul yang cara penggunaannya ialah dengan menghaluskan daun kemudian ditapalkan pada bisul.
  3. Menyembuhkan luka khususnya luka bakar dimana cara penggunaan cukup menapalkan daun talas yang sudah dihaluskan.
  4. Memberi efek dingin dan mencegah mengelupas pada kulit yang terkena air panas.
  5. Mengatasi nyeri sendi dan otot dengan cara menghaluskan daun talas kemudian diseduh dengan air mendidih. Tunggu hingga hangat kemudian tapalkan pada area terkait seperti lutut, dll.

Daun talas mempunyai manfaat cukup ampuh seperti yang sudah kamu sebutkan diatas. Pada bagian batang (tangkai daun) dijadikan bahan kerajinan tangan, Dan umbinya bisa dijadikan alternatif bahan pangan yang bisa meningkatkan kinerja beberapa organ tubuh. Dengan begitu, jika anda sudah tahu, apa masih ragu untuk memaksimalkan manfaatnya?


Demikianlah artikel singkat tentang 5 Khasiat Daun Talas Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya..! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel