22 Khasiat Lengkuas Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Lengkuas mungkin sudah umum dan banyak digunakan sebagai obat herbal bagi kalangan masyarakat pedesaan. Dan umumnya laos dijadikan rempah atau salah satu bumbu dapur, namun siapa sangka jika dibalik semua tersebut juga tersimpan fungsi sebagai ramuan tradisional guna menyembuhkan berbagai jenis penyakit yang salah satunya ialah penyakit kulit, menambah selera makan, mengatasi masuk angin, herpes, meringankan gejala batuk dan masih banyak lagi kegunaan lain yang tentunya akan kami kupas habis pada postingan dibawah ini.

Khasiat Lengkuas Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Lengkuas atau laos (Nama Latin atau ilmiah : Alpinia Galanga L.) adalah sejenis tanaman yang dimanfaatkan rimpangnya. Habitat hidupnya bisa ditemukan didaerah dataran tinggi ataupun rendah yang sering dijumpai tempat-tempat yang mempunyai tanah gembur. Banyak dari masyarakat menanam kalawas ini di pekarangan, pingiran comberan, inggiran sungai ataupun selokan. Dan yang paling banyak dijadikan obat herbal ialah jenis lengkuas merah (Alpinia Purpurata K schum).

==> Yuk Lihat Juga : 16 Khasiat Cacing Tanah Untuk Kesehatan

Ciri dan morfologi tanaman bisa dikenali dengan melihat batang terna tegak yang tingginya mencapai hingga 2m lebih. Batang muda tumbuh sebagai tunas dan keluar dari batang yang sudah tua. Keseluruhan batang diselimuti oleh pelepah daun yang bertipe semu. Sedangkan daunnya bertangkai pendek dengan bentuk lanset memanjang, berujung runcing, dan tepian daun rata. Ukuran daun lumaya lebar yang mencapai 25 hingga 50cm, sedangkan pelepah berukuran 15 hingga 30cm, beralur dan warna daunnya hijau muda. Bunga majemuk dalam tandan, tangkai panjang, tegak, dan mengumpul pada bagian ujung tangkai. Kelopak bunga berbentuk lonceng berwarna hijau agak putih. Mahkota bunga berwarna putih pada bagian ujung dan pada bagian bawah berwarna hijau. Buah bulat buni keras dan hijau pada waktu masih muda yang berubah cokelat jika sudah menua. Sedangkan umbi atau rimpang berwarna putih kekuningan, berserabut dan agak sedikit keras. Sedangkan kulit mengkilap dan terlihat licin. Nah dari rimpang inilah diperoleh jutaan khasiat yang sangat baik bagi dunia kesehatan ataupun kecantikan. Aroma rimpang terasa hangat, agak sedikit pedas.

Nah yang sering dipertanyakan ialah : Apa saja kandungan nutrisi dan senyawa kimia pada lengkuas?
Dari beberapa sumber yang kami baca, ada banyak sekali zat yang terdapat pada rimpang yang satu ini. Kandungan tersebut diantaranya berupa : Minyak atsiri yang terdiri dari kamfer, metil sinamat, eugenol, sineol, seskuiterpen, galangin, dan pinen. Kandungan lainnya ialah Sodium, zat besi, flavonoid, fitonutrien, Vitamin A, Vitamin C, Beta-sitosterol, galangol, emodin, quercetin, dan mungkin masih banyak lagi yang lainnya.

22 Khasiat Lengkuas Untuk Kesehatan Dan Kecantikan :
  1. Penambah selera makan khususnya bagi anda yang masih dalam masa pemulihan (pasca sakit).
  2. Berkemampuan untuk menurunkan demam atau suhu tubuh yang terlalu tinggi. Isitilah ini juga dikenal dengan sebutan (anti-piretik).
  3. Mengatasi segala gangguan perut seperti lambung, masuk angin, dan mual. Intinya lengkuas menyebabkan rasa nyaman bagi lambung atau perut.
  4. Melegakan sistem pernafasan yang terkait dengan penyembuhan sesak, asma, dan juga yang terkait seperti batuk dan bronkitis.
  5. Melancarkan saluran kemih (diuretik) yang juga ampuh untuk pencegahan batuk ginjal (kencing batu).
  6. Mengatasi gejala rematik dan nyeri otot dan peresendian.
  7. Menghangatkan tubuh dan ampuh untuk pencegahan masuk angin.
  8. Meredakan nyeri atau dikenal juga sebagai analgesik alami. Baik untuk mengurangi nyeri pada saat sakit kepala.
  9. Mengatasi segala gangguan ginjal serta menjaga kinerjanya agar tetap normal.
  10. Obat herbal untuk berbagai jenis penyakit kulit seperti panu, kadas, kurap, dll.
  11. Bersifat anti-inflamasi yang berguna untuk mencegah peradangan khususnya pada paru-paru.
  12. Mengatasi masalah bau mulut, sariawan, radang gusi, dan lain-lainnya yang masih terkait.
  13. Menghentikan diare, disentri dan masalah sistem pencernaan lainnya.
  14. Menyembuhkan kejang yang diakibatkan oleh demam tinggi.
  15. Mencegah proses penuaan disini dimana fungsi ini bisa menunda pengeriputan, dll.
  16. Bersifat anti-kanker yang baik untuk menekan serta menghambat pertumbuhan sel kanker ataupun tumor dalam tubuh.
  17. Obat alami untuk herpes.
  18. Meremajakan kulit serta menjaga kelembapan dimana fungsi ini meregenerasi sel kulit mati atau kulit rusak.
  19. Membersihkan wajah dari noda hitam akibat bekas jerawat.
  20. Memaksimalkan pertumbuhan rambut serta mencegah rambut rapuh dan patah ataupun bercabang.
  21. Menghilangkan rasa capek seperti pegal linu, nyeri otot, dll.
  22. Mencegah bengkak akibat gigitan serangga seperti nyamuk, ataupun sengatan lebah.
Bagaimana Resep dan cara menggunakan lengkuas sebagai obat?
Lengkuas sudah umum digunakan sebagai bumbu dapur. Sifatnya panas dan memberi kesan hangat. Sedangkan untuk cara konsumsi, bisa juga dengan langsung dijadikan rempah pada sayur kuah bening. Ataupun dengan cara memarutnya kemudian dicampur dengan beberapa jenis rimpang lainnya seperti temulawak dan temu kunci. Selanjutnya tambah sedikit air dan rebus hingga mendidih. Untuk porsi bisa di kira sendiri, intinya jangan berlebihan. Dan untuk penggunaan luar seperti obat gatal, bisa dengan memarut lengkuas, peras airnya dan campurkan dengan minyak angin atau minyak kayu putih. Oleskan pada area kulit yang ingin diobati secara merata.

Himbauan !!!
# Bagi ibu hamil alangkah baiknya tidak mengkonsumsi jamu ini. Sebab bersifat panas dan mungkin akan mengakibatkan hal yang tidak diinginkan pada janin.

==> Yuk Baca Juga : 8 Khasiat Ikan Betok Untuk Kesehatan

Demikianlah artikel singkat tentang 22 Khasiat Lengkuas Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel