20 Khasiat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Minyak Kelapa memang sudah digunakan sejak zaman dahulu untuk berbagai jenis perawatan kesehatan ataupun kecantikan. Manfaat Minyak Kelapa dipercaya cukup baik bagi ibu hamil, menghilangkan jerawat, mengurangi uban pada rambut, baik untuk bayi, serta masih banyak lagi kegunaan terkait tentunya dalam hal perawatan wajah atau kulit lainnya. Nah oleh karena itu, untuk sekedar menambah wawasan atau pengetahuan seputar minyak kelapa, maka pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba memberikan sedikit rangkuman yang berhubungan dengan kegunaan serta fungsi minyak kelapa bagi tubuh. Untuk lebih jelasnya, yuk langsung saja simak rincian berikut!

20 Khasiat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Minyak kelapa murni adalah salah satu jenis minyak yang pembuatannya menggunakan bahan baku kelapa segar kemudia diproses dengan pemanasan tertentu atau juga bahkan tidak memakai pemanasan sedikitpun, tanpa bahan kimia dan bahan campuran lain sehingga memang benar-benar asli atau murni dari kelapa. Dengan menggunakan proses penyulingan seperti ini, maka kandungan senyawa essensial yang dibutuhkan oleh tubuh tetap terjaga dan utuh. Pada minyak kelapa murni, terdapat beberapa kandungan seperti asam laurat yang memiliki sifat antibiotik, anti bakteri dan anti jamur.


Pada dunia barat, minyak kelapa murni dikenal dengan sebutan Virgin Coconut Oil (VCO). Proses penyulingan tanpa campuran ini akan menghasilkan minyak yang lebih tahan lama, beraoma harum, berwarna bening serta juga menghasilkan sebuah produk yang mempunyai kadar air dan kadar asam lemak bebas lebih rendah dibanding minyak kelapa lain yang proses pembuatannya sudah menggunaka bahan campuran bahan kimia.

Jika kami rangkum dari wikipedia, ada beberapa keunggulan pembuatan minyak kelapa murni. Dan diantara keunggulan tersebut ialah :
  • Lebih meminimalisir kebutuhan biaya sebab bahan baku dan juga harga lebih murah karena kelapa mudah didapat.
  • Kandungan kimia dan nutrisi didalamnya tetap terjaga khususnya kandungan asam lemak.
  • Penggunaan energi yang kecil karena tidak menggunakan bahan bakar.
  • Cara pengolahan dan pembuatan sangat sederhana serta tidak rumit sama sekali.

Nah, yang jadi pertanyaan disini adalah : Apa saja manfaat minyak kelapa bagi kesehatan dan kecantikan?. Mungkin beberapa keterangan singkat dibawah ini bisa sedikit menjelaskan mengenai apa saja yang bisa didapat dari fungsi minyak kelapa ini bagi tubuh.

20 Khasiat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan Dan Kecantikan :
  1. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi. Kelapa mempunyai nilai nutrisi berupa kalsium yang lumayan tinggi. Oleh karena itu, sangat baik dalam memperbaiki kerusakan pada tulang ataupun gigi. Jadi diambil kesimpulan bahwa minyak kelapa ini baik untuk menjaga kepadatan tulang serta mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang.
  2. Melancarkan metabolisme yang diantaranya terkait dengan beberapa sistem dalam tubuh. Salah satunya ialah sistem pencernaan. Dimana hal ini didukung dengan adanya kandungan lemak baik yang baik untuk kesehatan dan menjaga sistem metabolisme tetap lancar.
  3. Menjaga kesehatan jantung karena minyak mengandung lemak jenuh murni. Mencakup beberapa masalah gangguan jantung yang diantaranya ialah kolesterol.
  4. Melancarkan sistem peredaran darah yang juga masih terkait dengan jantung. Jika sirkulasi darah keseluruh tubuh lancar, maka kebutuhan oksigen tubuh terpenuhi. Selain itu juga mencegah pengentalan darah dan juga hipertensi (tekanan darah tinggi).
  5. Menjaga kekebalan tubuh (Imun) sehingga tubuh tidak akan mudah sakit karena juga bisa mengurangi radikal bebas dalam tubuh. Imunitas penting bagi kita khususnya bagi usia rentan (balita dan lansia) dimana usia ini lebih mudah tererang penyakit.
  6. Menjaga dan memenuhi asupan energi yang dibutuhkan tubuh. Kenapa demikian? sebab minyak kelapa juga mengandung gula (kalori) lumayan tinggi sehingga tenaga instan yang dibutuhkan bisa terpenuhi.
  7. Mengontrol kadar gula darah dimana fungsi ini boleh dibilang sangat baik untuk penderita diabetes (kencing manis).
  8. Menjaga kesehatan ginjal. Fungsi ini terkait untuk mengatasi beberapa masalah mengenai gangguan ginjal seperti batu ginjal (kencing batu) dan juga penyakit ginjal lainnya.
  9. Menjaga kinerja dan kesehatan organ hati dimana baik untuk orang yang sedang mengalami penyakit kuning, dll.
  10. Menjaga dan mengontrol berat badan dimana minyak kelapa juga baik untuk menurunkan berat badan, menjaga tubuh tetap langsing serta menjaga tubuh tidak obesitas (kelebihan berat badan). Baik untuk kalangan wanita yang selalu ingin tampil langsing.
  11. Mencegah terjadinya infeksi oleh kamur, bakteri, dan virus. Sebab sudah kami jelaskan diatas yaitu minyak kelapa mempunyai sifat anti-biotik, anti-jamur, dan juga anti-bakteri.
  12. Mempercepat penyembuhan luka khususnya pada luka bakar atau lecet akibat tertimpa sesuatu dan juga terjatuh. Minyak kelapa juga bersifat melembabkan dimana luka tidak akan kaku.
  13. Baik untuk kulit kepala yang diantaranya terkait dengan pertumbuhan rambut. Menjadikan rambut lebih berkilau, mencegah kebitakan, mempercepat pertumbuhan rambut dan lain sebagainya.
  14. Menjaga kesehatan kulit khususnya dalam mencegah kulit kering, mengelupas dan juga melembabkan kulit sehingga tidak mudah keriput atau munculnya tanda-tanda penuaan seperti garis halus pada wajah.
  15. Bisa digunakan untuk membersihkan make-up yang caranya yaitu dengan mengoleskan minyak kelapa murni dengan kapas, kemudian dibersihkan dengan handuk halus yang sebelumnya dicelupkan pada air hangat.
  16. Melembutkan kutikula pada kuku sehingga tidak kaku dan mudah dibersihkan. Baik juga untuk menjaga kuku tetap kuat dan tidak mudah patah.
  17. Melembabkan bibir dan mencegah dari kekeringan yang bisa saja mengakibatkan bibir pecah-pecah. Untuk penggunaan  bisa dengan mengoleskan langsung secara rutin sesaat sebelum tidur.
  18. Mencegah psoriasis dan juga terjadinya eksim (bintik merah pada kulit).
  19. Menjaga kinerja usus dan juga mencegah wasir atau ambeien. Intinya dalam hal ini minyak kelapa cukup baik dalam melancarkan sistem pencernaan tubuh.
  20. Menyelesaikan masalah beberapa sistem pencernaan seperti menjaga kesehatan lambung, mengatasi maag, kembung, dll.
Bagaimana? Masih ragu dengan manfaat minyak kelapa? Jika dikonsumsi dan digunakan secara benar, maka hasil yang akan didapat juga akan sesuai dengan apa yang anda inginkan.

==> Yuk Baca Juga : 15 Khasiat Daun Tembakau Untuk Kesehatan

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai 20 Khasiat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Demikian, semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel