18 Khasiat Air Tebu Untuk Kesehatan

Khasiat Air Tebu umumnya cuma dikenal sebagai bahan utama pembuatan gula pasir putih dan vetsin (MSG). Namun siapa jika kandungan didalamnya menyimpan jutaan fungsi yang amat baik sekali untuk dunia kesehatan maupun kecantikan. Seperti halnya untuk penderita diabetes, meski mengandung kalori (gula) namun terbilang aman karena masih terkontrol dan menunjang beberapa kinerja organ tubuh lainnya. Nah maka dari itu, untuk pengetahuan lebih lanjut seputar tebu dan manfaatnya, maka dibawah ini kami sudah merangkum sedikit informasi terkait dengan yang tertera pada judul.
18 Khasiat Air Tebu Untuk Kesehatan

Tebu (Nama Latin : Saccharum L.) adalah tanaman sejenis rumput-rumputan yang hidupnya sangat banyak ditemukan di daerah Jawa dan Sumatera. Kenapa demikian? Karena tebu merupakan tumbuhan tropis yangyang kedua pulau tersebut paling bagus untuk membudidayakannya. Tebu mempunyai masa panen sekitar setahun sekali dan penanaman cukup menggunakan potongan batang (stek batang). Jika dipedesaan, daun tebu (dadok) sering dipakai untuk pembuatan atap dapur dan juga kayu bakar sebagai alternatif pengganti minyak. Sedangkan untuk konsumsi langsung, tebu biasanya digiling (dipipihkan) sehingga terpisah antara ampas dan airnya. Untuk selanjutnya dipadukan dengan es sehingga menjadi sebuah minuman penyegar dan penambah stamina tubuh.

==> Yuk Lihat Juga : 13 Khasiat Biji Labu Kuning Untuk Kesehatan

Nah, Apa saja sih kandungan gizi pada air tebu? Dilansir dan dirangkum dari beberapa sumber, tebu mempunyai kandungan utama berupa glukosa sehingga menciptakan rasa manis alami. Sedangkan nilai nutrisi secara lengkap diantaranya terkandung beberapa persen Air, Gula, Asam Pantothenat, Zat Besi, Magnesium, Lemak, Karbohidrat, Protein, Riboflavin, Kalium, Kalsium, Mangan, Fosfor, dan Tembaga. Dari kandungan inilah tercipta jutaan manfaat air tebu yang mungkin salah satunya belum kita ketahui.

18 Khasiat Air Tebu Untuk Kesehatan :
  1. Meluruhkan Batu Ginjal : Dalam hal ini air tebu memang baik untuk sistem ekskresi terutama bagi kesehatan ginjal. Jika dikonsumsi berkelanjutan dan rutin, air tebu bisa dijadikan salah satu alternatif untuk menghancurkan batu ginjal secara alami. Baik dikonsumsi oleh penderita kencing batu.
  2. Mengatasi dan mencegah terjadinya infeksi khususnya untuk sistem saluran kemih dan juga peradangan pada perut (lambung).
  3. Mengobati penyakit kuning (Hepatitis B) : terkait dengan kesehatan ginjal, penyakit kuning bisa diatasi dengan cara mengkonsumsi air tebu. Hal ini karena fungsi atau kinerja hati akan meningkat dan lebih sehat.
  4. Menyembuhkan gejala diabetes : Jadi bagi anda penderita penyakit terkait dengan gula darah ini tidak perlu khawatir. Karena tebu mengandung pemanis alami yang tentunya sangat aman dan tidak mengandung gula yang memicu naiknya gula.
  5. Meringankan Gejala Influenza (pilek). Karena mengandung gula alami, tubuh akan lebih kuat dan mungkin sedikit menghangatkan. Jadi bagi anda yang sedang mengalami gejala flu, silahkan dicoba nikmatnya khasiat air tebu ini.
  6. Penambah tenaga alami : Baik untuk mengembalikan stamina tubuh yang hilang. Perlu diketahui bahwa air tebu mengandung gula yang merupakan pendukung tubuh untuk mendapatkan asupan energi. Apalagi jika anda lemas ketika diperjalan, maka mungkin minum air tebu bisa jadi solusi untuk menjadikan tubuh kembali bugar.
  7. Mengatasi Dehidrasi (Tubuh kekurangan cairan). Hal ini karena tubuh memerlukan air paling tidak 8 gelas sehari. Jika asupannya kurang, maka tubuh akan dehidrasi seperti tubuh terasa lemas, pusing, dan lain sebagainya. Jadi untuk menghidrasi kembali, coba anda konsumsi air tebu.
  8. Mencegah pertumbuhan sel tumor dan kanker. Terdapat beberapa kandungan alkali dalam tebu yang bisa mencegah beberapa jenis kanker dalam tubuh. Salah satunya ialah kanker paru-paru, ginjal, dll.
  9. Membersihkan dan memutihkan Gigi. Hal ini akan anda dapat jika mengkonsumsi langsung tebu yang sudah dikupas. Dengan mengunyah dan membuang ampasnya, maka gigi akan dibersihkan secara alami. sehingga plak akan hilang dan menjadikan gigi putih bersih.
  10. Mengontrol dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.
  11. Meringankan Gejala Batuk Dan Sakit Tenggorokan. Anda pasti tidak menyangka jika air tebu juga berkhasiat untuk penyembuh batuk. Hal ini bisa anda dapat dengan memeras sekitar 5 ruas tebu dan meminum airnya setiap hari hingga sembuh.
  12. Meredakan Stroke dan Jantung Berdebar. Adakalanya jika stroke menyerang tubuh kita. Jika hal ini terjadi, maka sangat berdampak buruk bagi anda yang menjadikan sulit bergerak dan bahkan lumpuh. Penyakit yang terkait dengan jantung ini banyak sekali penderitanya, jadi untuk sekedar pencegahan, alangkah baiknya jika memaksimalkan fungsi dari air tebu seperti yang dimaksud.
  13. Meringankan Gejala panas dalam yang diantaranya bisa menyebabkan sakit tenggorokan, sakit perut, bibir mengelupas dan lain-lain. Namun air tebu juga bersifat mendinginkan sehingga semua gejala panas dalam ini bisa teratasi.
  14. Mencegah penuaan dini khususnya bagi kalangan wanita. Hal ini karena kandungan air tebu ini bisa menjaga kesehatan kulit. Entah dari segi pengeriputan atau pengelupasan kulit.
  15. Menjaga kesehatan dan kebersihan wajah. Terkait dengan pencegahan jerawat, kulit berminyak, kusam, dan menyamarkan flek hitam pada wajah.
  16. Menunjang kinerja otak yang bisa meningkatkan pola pikir, kecerdasan dan daya ingat. Dalam hal ini air tebu bisa dibilang sebagai pencegah kepikunan.
  17. Menjaga kesehatan dan kepatan tulang serta gigi. Tidak hanya itu saja, air tebu juga sangat baik dalam merawat kuku agar lebih kuat dan tidak mudah patah.
  18. Mengontrol sirkulasi atau peredaran darah dalam tubuh. Sehingga darah berjalan normal serta terhindar dari hipertensi (Tekanan darh tinggi).
Didaerah perkotaan mungkin tebu sangat sulit didapat, namun bisa juga diperoleh dipinggiran jalan raya yang kemungkinan ada orang jual es tebu. Tapi jika didaerah pedesaan, tebu sangat mudah diperoleh sehingga bisa mudah juga mendapat manfaatnya.

==> Yuk Baca Juga : 27 Khasiat Kapulaga Untuk Kesehatan

Demikianlah artikel singkat mengenai 18 Khasiat Air Tebu Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa dishare jika postingan ini membantu...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel