Khasiat Wresah Untuk Menyembuhkan Iritasi Mata

Khasiat Wresah mungkin belum begitu populer di beberapa kalangan. Padahal, tanaman yang juga dikenal dengan sebutan hanggasa ini merupakan jenis apotik hidup yang juga berfungsi sebagai rempah yang bisa menambah citarasa makanan menjadi lebih mantab dan segar. Beberapa manfaat hanggasa diantaranya ialah dipercaya mampu mengatasi mata merah karena iritasi, menambah selera makan dan juga melancarkan sistem pencernaan. Maka dari itu, untuk sekedar menambah wawasan seputar tanaman obat yang ada pada lingkungan sekitar, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba untuk menyajikan informasi terkait dengan Kandungan, fungsi dan kegunaan wresah bagi kesehatan.

Khasiat Wresah Untuk Menyembuhkan Iritasi Mata

Wresah / Hanggasa (Nama Latin : Amomum dealbatum) adalah tanaman anggota suku jahe-jahean yang mempunyai aroma cukup khas. Buah yang mempunyai rasa masam dan berbagu harum bisa dikonsumsi langsung dalam keadaan segar (matang), namun untuk yang masih muda bisa direbus terlebih dahulu. Wresah merupakan tumbuhan asli Indonesia yang mempunyai banyak sekali nama panggilan lokal seperti resah, resak, hanggasa, ranggasa, langkasa, renggak dan Inggrisnya disebut Java Cardamon. Jika dilihat dari klasifikasi, hanggasa ini masih tergolong dalam kerajaan plantae dan masih satu keluarga jenis rimpang-rimpangan lainnya (Zingiberacea).


Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan melihat batang yang berbentuk terna, hampir sama dengan jenis rimpang lainnya. Mempunyai daun jorong memanjang (lonjong) dengan permukaan atas rata dan halus, sedangkan bagian bawah daun terdapat rambut halus. Berbunga menjemuk tersusun dalam tandan yang muncul dari rimpang dekat pangkal. Mahkota berbentuk tabung dengan putik jorong warna putih dan kuning pada tengahnya. Sedangkan buah kotak warna hijau agak sedikit keunguan berbulu halus. Berbiji kecil terbungkus daging putih kelabu. Dari sinilah didapat banyak kandungan dan sari buah.

Khasiat Wresah Untuk Kesehatan :
  1. Melancarkan sistem pencernaan terkait dengan pencegahan sembelit.
  2. Menambah selera makan khususnya bagi orang dalam porses pemulihan.
  3. Menjaga kesehatan mata dari iritasi dan merah.
  4. Menambah stamina tubuh dan menguatkan sistem daya tahan tubuh.
  5. Mencegah masuk angin, meriang, flu, demam, dll.
Bagaimana resep dan cara mengolah hanggasa sebagai obat?
Sebenarnya wresah ini merupakan herba yang bisa dijadikan pengganti kapulaga dalam meramu bumbu masakan. Jadi penggunaannya bisa langsung diterapkan pada masakan khususnya yang berkuah. Kadang juga buah dan daun yang masih pucuk direbus sebagai sayur dimakan dengan sambal. Sedangkan untuk penggunaan pada mata, anda bisa menyiapkan pucuk buah secukupnya, cuci bersih dan haluskan. Campur dengan air dan diamkan hingga mengendap. Selanjutnya gunakan air yang sudah bening sebagai obat tetes mata.


Demikianlah artikel singkat mengenai 5 Khasiat Wresah Untuk Menyembuhkan Iritasi Mata. Semoga apa yang kami tulis ini bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa baca juga artikel kami yang lain dengan melihat related post dibawah! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel