7 Khasiat Tanaman Tengguli Untuk Kesehatan

Khasiat Tengguli mungkin sudah umum dijadikan obat herbal yang kaya akan kebaikan. Beberapa manfaat tengguli tersebut bisa menyembuhkan demam, penyakit kulit, luka, bisul, dan kencing manis. Namun masih ada banyak lagi kegunaan lain yang juga terkait dengan dunia pengobatan herbal. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba memberikan referensi seputar Fungsi Tengguli untuk tubuh.

Khasiat Tanaman Tengguli Untuk Kesehatan

Tengguli (Nama Latin : Cassia fistula L.) Adalah sejenis tanaman yang tergolong dalam Famili Fabaceae. Pohon ini juga sering dikenal dengan sebutan Trengguli, Kayu Raja dan juga beberapa nama lokal yang disebut dengan tilai, papapauno, pong raja, bobondelan, dan bak biratha. Untuk penyebaran, tengguli bisa ditemukan pada wilayah Asia Selatan dan Asia Tenggara khususnya Indonesia.

Ciri dan deskripsi tanaman mungkin bisa dilihat dari cuplikan gambar diatas. Sering menggugurkan daun ketika musim panas, serta ketinggian batang mencapai 10 hinga 20m. Daun mejemuk berseling dengan bentuk bulat telur memanjang. Bunga berupa tandan menggelantung warna kuning cerah. Sedangka buahnya polong warna hitam membelah.

==> Lihat Juga : 23 Khasiat Temu Mangga Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Nah, Apa saja kandungan senyawa pada pohon tengguli?
Jika dilansir dari beberapa sumber yang kami baca, ditemukan senyawa berupa minyak atsiri, antrakinon, gula, pektin dan juga tanin. Dari zat inilah diperoeleh jutaan manfaat yang baik sekali untuk menyembuhkan berbagai penyakit pada tubuh. Apa saja kebaikan tersebut? Mungkin rincian singkat dibawah ini bisa menjawab!

7 Khasiat Tanaman Tengguli Untuk Kesehatan :
  1. Bersifat laksative yang berguna untuk mengatasi susah air besar. Cocok dipakai untuk pencahar alami (Obat herbal cuci perut) yang berfungsi sebagai urus-urus.
  2. Mmebersihkan luka dari kotoran yang terkait dengan pencegahan infeksi.
  3. Mempercepat penuaan bisul sehingga lebih mudah sembuh dengan alami.
  4. Mengatasi masalah gangguan kulit yang diakibatkan oleh jamur. Sepeti gatal, kudis, kurap, dll.
  5. Bersifat antipiretik yang berkemampuan untuk menurunkan demam (panas).
  6. Obat herbal untuk mengontrol kadar gula darah sehingga baik untuk penyembuhan diabetes mellitus (Kencing Manis).
  7. Bermanfaat untuk penyamak atau pengawet kulit alami khususnya pada produk yang terbuat dari kulit.
Bagaimana resep dan cara mengguakan tengguli sebagai obat?
Sebenarnya sangat sederhana saja, cukup memasak biji beserta daun dan pepagannya untuk sembelit, rebusan akar untuk luka dan bisul (gunakan untuk membasuh/mencuci), kulit batang dan daun untuk penyakit kulit serta campuran semua bagian bisa dipakai untuk diabetes.

==> Baca Juga : 9 Khasiat Temu Putri Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Nah demikianlah artikel tentang 7 Khasiat Tanaman Tengguli Untuk Kesehatan. Semoga apa yang kami tulis ini bisa berguna dan membantu bagi yang membutuhkan. Sekian untuk kali ini dan sampai jumpa pada postingan kami selanjutnya!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel