13 Khasiat Daun Tumpangan Air Atau Suruhan Untuk Kesehatan

Khasiat Tumpangan Air atau Suruhan memang sudah dikenal dan banyak digunakan sebagai ramuan herbal untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Manfaat Suruhan atau tumpangan air ini dipercaya bisa mengobati pusing, rematik, asam urat, dan masih banyak lagi yang lainnya. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini, disini kami akan mencoba memberikan informasi yang kami rangkum dari berbagai sumber yang kemudian dituangkan kembali menjadi sebuah artikel yang lebih mudah dipahami serta lebih ringkas.

Khasiat Daun Tumpangan Air Atau Suruhan Untuk Kesehatan

Tumpangan Air (Nama Latin : Peperomia pellucida L.) adalah sejenis tumbuhan terna kecil semusim yang mempunyai akar dangkal serta mudah ditemukan secara liar karena mudah tumbuh dan berkembang-biak. Biasanya tanaman ini ditemukan pada pematang sawah, pekarangan, taman dan tempat-tempat terbuka dengan keadaan tanah selalu basah dan lembab. Namun kadang sering juga dijadikan tanaman hias yang ditanam pada media pot di halaman rumah sekaligus berfungsi sebagai apotk hidup.


Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan melihat bentuk daun yang hampir sama persis dengan daun sirih. Aroma daunpun sama, yang membedakan hanyalah tempat dan cara tumbuhan ini berkembang. Daun sirih membutuhkan media untuk menjalar, sedangkan tumpangan air hanya berkembang dengan memperbanyak cabang sehingga menbentuk rumpun kecil dan bertambah banyak. Daun berwarna hijau dengan ukuran tinggi batang berkisar antara 15 hingga 45cm. Batangnya berbentuk sekulen (terdapat kandungan air), berdaging dan daun agak tebal tapi lembut atau lunak. Ciri sepintas bisa cek pada lampiran gambar diatas.

Jika dilihat dari banyaknya manfaat yang bisa didapat untuk tubuh, ada pertanyaan yang perlu juga kami jawab yaitu mengenai kandungan senyawa pada suruhan. Zat tersebut diantaranya berupa minyak atsiri, alkaloid, lemak dan kalium oksalat. Dari kandungan inilah diperoleh jutaan kebaikan yang membantu menjaga kesehatan tubuh secara maksimal.

13 Khasiat Daun Tumpangan Air Atau Suruhan Untuk Kesehatan :
  1. Bersifat anti-inflamasi yang berguna untuk mencegah peradangan atau pembengkakan.
  2. Bersifat analgesik yang ampuh untuk mengurangi dan meredam rasa sakit.
  3. Bersifat anti-biotik yang berkemampuan untuk membunuh kuman dan bakteri jahat dalam tubuh.
  4. Meringankan gejala sakit perut dan gejala lain yang disebabkan.
  5. Membantu dalam mengatasi dan membersihkan jerawat pada wajah.
  6. Menyembuhkan sakit kepala, pusing, migrain dan yang terkait.
  7. Mengurangi rasa nyeri yang diakibatkan oleh gejala rematik pada persendian.
  8. Bersifat diuretik yang baik untuk melancarkan dan mengatasi gangguan saluran kemih.
  9. Mengatasi pegal linu dan mengurangi rasa capek akibat kerja.
  10. Mengurangi gejala asam urat dan dampak lain yang masih berhubungan.
  11. Mempercepat penyembuhan luka khususnya luka bakar.
  12. Menjaga kesehatan organ ginjal.
  13. Mengatasi dan mengurangi kolik pada bayi.
Bagaimana cara menggunakan daun tumpangan air sebagai obat?
Untuk penggunaan luar seperti luka dan jerawat. Cukup haluskan daun secukupnya kemudian ditapalkan pada area kulit yang ingin diobati. Khususnya pada wajah bisa dijadikan masker. Dan jika untuk konsmusi, daun suruhan ditumbuk kasar kemudian direbus, saring dan minum airnya.

==> Baca Juga : 5 Khasiat Tepurang atau Buah Pupia Untuk Kesehatan

Demikianlah artikel singkat mengenai 13 Khasiat Daun Tumpangan Air Atau Suruhan Untuk Kesehatan. Mengenai kekurangannya, mungkin dilain waktu kami akan memperbarui. Sekian dan sampai jumpa pada tulisan kami selanjutnya!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel