Khasiat Tanaman Portulaka Grandiflora Untuk Kesehatan

Khasiat Portulaka Grandiflora ini mungkin sudah umum dan tidak asing bagi kalangan masyarakat. Sebab selain bisa dengan mudah didapat, tanaman yang tergolong rumput ini juga mempunyai bentuk bunga yang lumayan indah sehingga bisa digunakan juga sebagai tanaman hias. Namun yang akan kami bahas disini bukanlah keindahannya tersebut, melainkan kegunaan serta kebaikannya sebagai obat herbal yang berkemampuan untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Penasaran dengan manfaat rumput portulaka? Berikut rincian singkatnya!

Khasiat Tanaman Portulaka Grandiflora Untuk Kesehatan

Portulaka (Nama Latin : Portulaca grandiflora) adalah sejenis rumput yang tergolong dalam suku Portulacaceae atau krokot. Klasifikasinya sama karena memang masih satu keluarga. Banyak dari kalangan masyarakat yang memaksimalkan fungsinya untuk tanaman hias sekaligus dijadikan apotik hidup yang ditanaman pada lingkungan sekitar. Sehingga tidak heran banyak dari orang-orang yang menanam rumput ini dihalaman rumahnya. Perawatan cukup mudah, hanya dengan menggunakan pot dan penyiraman tidak butuh runtin karena rumput ini tahan akan kekeringan.


Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan melihat melihat batang menjulur atau merambat pada tanah. Berupa terna musiman yang ketinggian batang mencapai 30cm. Rumput ini juga mempunyai banyak cabang dengan daun tunggal bulat kecil agak sedikit tebal. Bunga berkelompok yang bisa mekar pada sore hari. Sedangkan warna bisa dilihat dari jenisnya, kadang merah, putih, orange, dan juga kuning.

Apa saja kandungan senyawa kimia alami pada Portulaka?
Nah jika dirangkum dan dikutip dari beberapa sumber, kami menemukan beberapa zat senyawa yang terdapat pada rumput berbunga ini. Diantara kandungan tersebut berupa betacyanin, betanin, betandin, dan portulal. Dari zat inilah diperoleh manfaat yang cukup besar untuk kesehatan tubuh kita.

Khasiat Tanaman Portulaka Grandiflora Untuk Kesehatan :
  1. Meringankan gejala sakit tenggorokan dan juga mengurangi suara serak.
  2. Bersifat anti-inflamasi yang ampuh untuk menyembuhkan radang pada kulit.
  3. Mempercepat penyembuhan luka bakar.
  4. Mengobati memar akibat benturan, dll.
  5. Menyejukkan dan memberi efek baik pada sistem pencernaan.
Tidak hanya itu saja, manfaat portulaka juga berpengaruh bagi dunia kecantikan yang kegunaannya bisa dipakai untuk menjaga kulit tetap lembab dan mencegah penuaan dini.

==> Baca Juga : Khasiat Pimping Atau Rumput Riang-Riang

Demikianlah ulasan kami mengenai Khasiat Tanaman Portulaka Grandiflora Untuk Kesehatan. Semoga apa yang kami tulis ini bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Sekian dan jangan lupa dishare ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel