Khasiat Pimping Atau Rumput Riang-riang Untuk Kesehatan

Khasiat pimping atau rumput riang-riang boleh dibilang sudah umum dan banyak dikenal oleh kalangan masyarakat. Memang pada dasarnya tanaman ini berupa rumput yang dimanfaatkan sebagai pekan ternak seperti sapi dan kambing. Namun siapa sangka jika dibalik semua tersebut juga terdapat kegunaan yang menjadikan rumput liar ini mempunyai kebaikan untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Penasaran apa itu rumput pimping? Mungkin rangkuman berikut bisa membantu!

Khasiat Pimping Atau Rumput Riang-riang Untuk Kesehatan

Pimping atau yang juga dikenal dengan rumput riang-riang (Nama Latin : Themeda gigantea) adalah sejenis rumput yang masih satu keluarga dengan gelagah dan termasuk suku dari padi-padian. Beberapa nama lokal atau nama daerah sangat bervariasi diantaranya dikenal dengan glagah arjuna, manjarakan, manjah, ceceren, antalasa, weli hisa, beurong-beurong, pimpieng dan masih banyak lagi yang lainnya.


Ciri dan deskripsi tanaman merupakan terna tahunan yang tumbuh hingga ketinggian 4m, batang tegak berakar kuat dan mempunyai ruas seperti tebu. Daun-daun berkumpul dibagian bawah seperti kipas, Bunga malay mempunyai tandan. Tanaman ini banyak didapat di daratan Asia Tenggara seperti Indonesia dan sering kita temukan di pinggiran rawa, sungai, pinggiran jalan, serta tempat-tempat kering lainnya.

Nah yang jadi pertanyaan disini adalah : Apa saja manfaat dari Rumput pimping atau riang-riang?
  1. Manfaat utama mungkin digunakan sebagai pakan ternak. Cocok dikala musim penghujan dimana rumput sangat sulit didapat dikarenakan banyak petani yang menanam padi. Jadi alternatifnya ialah dengan memelihara rumput riang-riang.
  2. Sebagai bahan pembuatan kertas. Boleh dibilang penggunaan kayu sebagai salah satu bahan pembuatan kertas malah hanya merusak lingkungan. Dengan adanya rumput ini mungkin kebelakangnya pehijauan akan lebih digalakkan.
  3. Sebagai alternatif bahan pangan yang tunasnya bisa dimasak dan dimakan sebagai lalap.
  4. Mempunyai kemampuan sebagai obat dikarenakan mempunyai sifat antipiretik yang berkemampuan untuk menurunkan demam.
Resep dan cara penggunaan !
Siapkan tunas yang kemudian dicuci dan direbus. Minum airnya 2x sehari pagi dan sore secar rutin hingga sembuh. Atau bisa juga dijadikan lalap untuk pendamping nasi.

==> Baca Juga : 7 Khasiat Pandan Laut Untuk Kesehatan

Demikianlah artikel singkat mengenai Khasiat Pimping Atau Rumput Riang-riang Untuk Kesehatan. Semoga apa yang kami tulis ini benar-benar berguna. Jangan lupa dishare ya..! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel