Khasiat Merbau Yang Bisa Dijadikan Obat Herbal Dan Alternatif Pangan

Khasiat Kayu Merbau memang sangat difokuskan pada penggunaan kayunya. Dengan sifat-sifat yang terdapat pada kayu memungkinkan batang Merbau dijadikan salah satu penghasil bahan mebel terbaik selain kayu jati. Namun siapa sangka jika dibalik itu semua ada juga fungsi tersimpan yang membuat kayu ini berguna sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai penyakit. Nah maka dari itu, guna mengetahui apa saja kebaikan kayu merbau. Disini kami akan mencoba untuk merangkum sedikit keterangan yang membahas apa itu kayu merbau serta manfaat yang bisa kita dapat.

Khasiat Merbau Yang Bisa Dijadikan Obat Herbal Dan Alternatif Pangan

Merbau (Nama Latin : Intsia bijuga) adalah sejenis kayu yang tergolong dalam suku Fabaceae. Penggunaannya sudah sangat umum khususnya pada daerah Maluku dan Papua. Pohon ini juga dikenal dengan sebutan ipil yang merupakan tanaman penghasil kayu berkualitas tinggi. Dari sinilah banyak yang tahu bahwa kayu ini tidak kalah dengan yang sudah kami sebutkan diatas.

==> Baca Juga : 25 Khasiat Bunga Melati Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan melihat batang berukuran sedang dengan ketinggian mencapai hingga kurang lebih 50m. Terdapat banyak cabang dengan daun majemuk dengan anak daun berpasangan. Mempunyai permukaan halus dan licin pada bagian atas, sedangkan pada bagian bawah daun terdapat sedikit bulu halus berwarna putih. Bunga terkumpul bermahota putih. Dan buahnya buni kecil berupa polong. Sedangkan habitat banyak ditemukan di pedalaman hutan serta pinggiran pantai. Intinya yang mempunyai cakupan sinar matahari yang cukup.

Bagian tanaman yang digunakan ialah kayu untuk mebel dan perabot rumah. Sedangkan pepagan dimanfaatkan sebagai ramuan herbal tradisional.

Bagaimana resep dan cara menggunakan Merbau sebagai obat?
Langkah yang dibutuhkan tidak begitu rumit. Pilih pepagan yang sudah mengelupas kemudian ditumbuk dengan menambah campuran pinang. Obat herbal ini sering diapakai untuk menghentikan diare atau murus. Sedangkan biji bisa dibembam dlaam arang atau abu panas sehingga kulitnya mengelupas. Selanjutnya bisa direndam dengan air garam selama 3 hingga 4 hari sebelum bisa dimakan.

==> Baca Juga : 5 Khasiat Akar Mensiang Untuk Kesehatan

Demikianlah artikel singkat mengenai Khasiat Merbau Yang Bisa Dijadikan Obat Herbal Dan Alternatif Pangan. Semoga bisa membantu!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel