Khasiat Kayu Puspa Untuk Kesehatan Dan Kehidupan Sehari-hari

Khasiat Kayu Puspa memang sudah umum dan mungkin sebagian orang tidak asing lagi dengan apa kegunaan dari tanaman ini. Kayunya yang mempunyai kualitas lumayan bagus, menjadikan batang puspa menjadi salah satu perdagangan kayu yang banyak sekali dicari. Dengan begitu, puspa merupakan salah satu alternatif bhan mebel pengganti kayu jati. Karena daya tahan akan rayap dan kayu yang kuat serta serat kayunya begitu cantik.

Khasiat Kayu Puspa Untuk Kesehatan

Puspa, seru, medang gatal (nama latin : Schima wallichii) adalah sejenis kayu yang mempunyai banyak sekali kegunaan. Dari akar, daun, batang hingga kulitnya bisa dimanfaatkan. Daun bisa dijadikan pakan ternak, akar sebagai kerajinan mebel, bunga dan daunnya sebagai obat dan pepagan dan ranting sebagai kayu bakar dan kayu yang sudah tua dijadikan bahan furniture yang berkualitas sedang.


Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan melihat pohonnya yang selalu hijau dengan ketinggian hingga 47m. Umum ditanamn di pinggiran hutan guna mencegah reboisasi dan meminimalisir terjadinya longsor. Habitat hidupnya juga banyak ditemukan didaerah pinggiran sungai, ladang, sawah, rawa. Dan banyak didapat diberbagai Negara Asia seperti Indonesia, Malaysia, Vietnam, Nepal, Burma, China, Laos, Thailand serta Negara Asia Tenggara lainnya.

Jika dirangkum dari beberapa sumber, kulit kayu puspa mengandung senyawa saponin dan alkaloid yang merupakan bahan pewarna alami untuk menyamak kulit serta digunakan juga untuk menuba ikan disungai. Untuk pemanfaatan, biasanya masyarakat mengeringkan daun dan kelopak bunga yang kemudian diolah menjadi jamu.

Nah ramuan dari jamu kayu puspa inilah yang kemudian mempunyai manfaat yang cukup baik untuk tubuh. Beberapa diantaranya ialah untuk mengatasi gejala penyakit yang terkait dengan rahim serta penenang alami yang meredakan histeria. Efek ini disebut astringen yang mempunyai kemampuan seperti yang sudah kami sebutkan.


Demikianlah artikel singkat mengenai Khasiat Kayu Puspa Untuk Kesehatan Dan Kehidupan Sehari-hari. Sampai jumpa pada postingan kami selanjutnya. Jangan lupa dishare ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel