5 Khasiat Akar Mensiang Untuk Kesehatan

Khasiat Akar Mensiang mungkin masih belum banyak yang tahu. Karena umumnya tanaman ini digunakan sebagai bahan anyaman untuk pembuatan aksesoris seperti tas dan juga tikar. Namun jika dipelajari lebih lanjut, mensiang mempunyai begitu banyak kebaikan yang berguna bagi kesehatan tubuh kita. Beberapa fungsi tersebut bisa didapat dengan mengolah akar dari rumput mensiang sebagai ramuan tradisional (jamu) yang juga tidak kalah dengan jenis resep herbal lainnya. Manfaat Mensiang terebut dipercaya bisa menyembuhkan diare, mengurangi mual, dan juga sebagai penenang alami. Nah untuk mendapat info lebih lengkap, dibawah ini kami akan mencoba untuk merangkum lebih detail mengenai apa itu tanaman mensiang serta efek baik yang bisa didapat oleh tubuh.

5 Khasiat Akar Mensiang Untuk Kesehatan

Mensiang atau Wlingi (Nama Latin : Actinoscirpus grossus) adalah sejenis rumput yang tergolong dalam suku teki-tekian. Beberapa nama lokal dari tanaman ini sering juga dikenal dengan sebutan Balinge, lingi, lingen, bundung, walingi, kaingas, mansiang, masiang, wlingian, tinorong, dan kawasar. Serta mungkin masih banyak lagi pangilan lain berbeda. Rumput mensiang mempunyai habitat hidup didaerah rawa, sungai dan tersebar cukup luas dari India, Asia Tenggara, Malesia, Cina Dan Australia.

==> Lihat Juga : Khasiat Tanaman Mara Untuk Kesehatan

Ciri dan deskripsi bisa dikenali dengan bentuk rumput yang tegak berumpun serta beranak banyak. Batang berbentuk segitiga tajam dengan tiap sisi mencekung, bergeragih panjang pada umbi, mempunyai rambut halus dan daun-daun berbentuk roset. Bunga serupa payung tak beraturan dan buah bulir ujung meruncing berpermukaan halus dengan warna kecokelatan. Untuk ciri sepintas bisa cek lampiran gambar diatas.

5 Khasiat Akar Mensiang Untuk Kesehatan :
  1. Bersifat laksative yang berfungsi sebagai obat pencahar atau pencuci perut alami.
  2. Bersifat anti muntah yang bisa mengurangi mual dan keinginan muntah.
  3. Bersifat anti diare yang berkemampuan untuk menyembuhkan dan menghentikan diare (mencret).
  4. Bersifat astringen yang berguna untuk mengerutkan. Seperti contohnya bagi dunia kecantikan berfungsi untuk mengecilkan pori dll.
  5. Bersifat sebagai tonikum yang memperkuat sistem pada organ khususnya hati.
Resep Penggunaan :
Pada umumnya masyarakat menggunakan akar yang kemudian direbus dengan air hingga mendidih. Untuk porsi diusahakan secukupnya dan jangan berlebih. Tidak lupa pula untuk menambahkan sedikit garam agar rasa pahit bisa lebih sedap dan mengrangi sedikit pekat.

==> Baca Juga : 25 Khasiat Bunga Melati Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Demikianlah Artikel singkat tentang 5 Khasiat Akar Mensiang Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu khususnya bagi yang membutuhkan. Jangan lupa untuk dibagikan dengan teman yang lain..! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel