16 Khasiat Bunga Nusa Indah Putih Untuk Kesehatan

Khasiat Nusa Indah Putih memang sudah umum dan banyak digunakan sebagai obat herbal yang kaya akan manfaat dan kebaikan. Beberapa fungsi obat nusa indah putih ini dipercaya bisa menyembukan penyakit diare, cacingan, keracunan, dsb. Oleh karena itu, untuk sekedar menambah wawasan dan pengetahuan mengenai tanaman obat, maka pada kesempatan kali ini kami akan mencoba untuk memberikan sebuah referensi seputar Manfaat Kembang Nusa Indah Putih yang siapa tahu bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan.

Khasiat Bunga Nusa Indah Putih Untuk Kesehatan

Nusa Indah Putih (Nama Latin : Mussaenda pubescens) adalah sejenis tanaman bunga berbentuk perdu kecil yang tergolong dalam klasifikasi suku Rubiaceae. Meski termasuk pada suku kopi-kopian, namun tumbuhan yang juga dikenal dengan daun putri atau nusa indah ini bermanfaat cukup baik sebagai apotik hidup yang berkemampuan dan mempunyai sifat farmakologi sehingga bisa dipakai sebagai obat herbal tradisional. Umumnya bunga nusa indah dipelihara sebagai tanaman hias, namun penggunaan pada bagian ranting, daun dan akarnya cukup ampuh menyembuhkan berbagai jenis penyakit ringan maupun berat.

==> Lihat Juga : Khasiat Bunga Mrambos Untuk Kesehatan

Ciri-ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali pada bentuk batang yang perdu dengan ketinggian rata-rata setengah meter. Ranting dan cabang ditumbuhi rambut halus, berdaun tunggal bulat meruncing pada bagian ujung, Berbunga majemuk dan juga terdapay buah bulat buni memanjang. Daun berwarna hijau hampir serupa daun cabai dan bunga berwana putih susu. Untuk ciri sepintas bisa juga cek lampiran gambar yang sudah kami sediakan diatas.

Apa saja kandungan senyawa kimia pada bunga nusa indah?
Jika dilansir dari beberapa sumber, ditemukan zat berupa B-sitosterol pada daun dan B-stigmasterol, arjunolic acid pada bagian batang. Nah, dari bagian tanaman yang digunakan seperti daun, akar dan ranting, kesemuanya mempunyai sifat berbeda. Seperti Batang, sifat-sifatnya mempunyai rasa sedikit manis, pahit, sejuk dan berkemampuan sebagai antipiretik (demam), radang, pembersih darah, menetralkan racun, dan hipertensi. Sedangkan pada akar bersifat manis dan netral.

Apa saja Khasiat Bunga Nusa Indah Putih Untuk Kesehatan?
  1. Bersifat anti-kanker khususnya pada kanker payudara.
  2. Bersifat anti-piretik yang ampuh untuk menurunkan demam.
  3. Bersifat menyejukkan yang berkemampuan sebagai pereda sariawan.
  4. Membersihkan darah kotor yang terkait untuk menyembuhkan penyakit kulit, gatal-gatal dan membersihkan jerawat.
  5. Melancarkan sistem peredaran darah yang baik bagi penderita hipertensi.
  6. Menyembuhkan influenza, pilek dan gejala terkait.
  7. Meringankan batuk serta membantu dalam mengeluarkan dahak.
  8. Mengurangi bengkak dan mempercepat penuaan bisul.
  9. Menjaga sistem pencernaan khususnya dalam mengobati diare dan disentri.
  10. Membantu dalam menetralkan dan mengeluarkan racun dalam tubuh.
  11. Membunuh dan mengeluarkan cacing pada anak cacingan.
  12. Mengatasi meriang dan gejala masuk angin seperti kembung dan mual.
  13. Mengurangi nyeri pada tubuh dan sakit pada pinggang.
  14. Mengobati mata merah karena sakit atau infeksi.
  15. Bersifat diuretik yang berkemampuan untuk melancarkan saluran kemih.
  16. Bersifat anti-inflamasi yang baik untuk radang saluran nafas, radang amandel, radang usus, radang tenggorokan, radang ginjal, dll.
Jika dilihat dari menumpuknya manfaat diatas, pastinya kita juga bertanya tentang bagaimana cara menggunakan nusa indah sebagai obat. Adakah resep yang bisa digunakan? Nah oleh karena itu, dibawah ini kami juga menyediakan beberapa ramuan sedrhana yang mungkin saja dibutuhkan.
  • Pemakaian Luar (Obat Tapal) : Siapkan bagian tanaman berupa daun dan batang nusa indah secukupnya. Cuci dan tumbuk hingga halus. Untuk penggunaan tinggal dibubuhkan pada area kulit yang terdapat bisul.
  • Konsumsi : Sediakan keseluruhan bagian tanaman seperti batang, daun dan akar kira-kira 30 hingga 60gr. tau lebh mudahnya antara 2 hingga 3 genggam. Cara menggunakan bisa dengan menumbuk dan merebus dengan 4 gelas air hingga tersisa setengah kemudian diminum 2x sehari masing-masing 1 gelas. Atau bisa juga dengen mengeringkan dengan cara dijemur kemudian ditumbuk hingga menjadi bubuk, selanjutnya bisa pakai 2sdm yang diseduh dengan 150cc air mendidih dan diminum.
==> Baca Juga : Khasiat Myrtus Untuk Kesehatan

Demikianlah artikel singkat tentang 16 Khasiat Bunga Nusa Indah Putih Untuk Kesehatan. Semoga apa yang kami tulis ini bisa berguna bagi orang banyak dan tentunya bisa menambah pengetahuan mengenai apotik hidup yang bisa kita tanam pada lingkungan sekitar. Sekian dan jangan lupa dishare ya! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel