15 Khasiat Lamtoro Atau Petai Cina Untuk Kesehatan

Khasiat Lamtoro sudah banyak yang tahu bahkan sudah umum dijadikan salah satu bahan konsumsi oleh kalangan masyarakat di pedesaan. Hal ini karena memang mudah didapat serta pembuatannya boleh dibilang tidaklah rumit. Beberapa manfaat petai cina tersebut dipercaya cukup baik untuk menyembuhkan radang, kanker, dan juga penyakit diabetes. Tidak hanya bagi kesehatan saja, melainkan juga bisa dijadikan salah satu alternatif untuk melancarkan haid yang tidak teratur bagi kalangan wanita yang mengalami gangguan pada datang bulan tersebut. Nah untuk mengetahui informasi lebih detail, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba untuk merangkum sedikit seputar petai cina atau lamtoro.
Khasiat Lamtoro Atau Petai Cina Untuk Kesehatan

Lamtoro / Petai Cina (Nama Latin : Leucaena leucocephala L.) adala sejenis tanaman perdu yang tergolong dalam suku polong-polongan. Tanaman ini sehari-harinya dimanfaatkan sebagai sayur, pengganti kopi, ramuan herbal (jamu tradisional) dan juga salah satu bahan mebel pada bagian kayunya yang sudah tua. Pohon petai cina bisa tumbuh dengan baik pada derah tropis, entah itu pinggiran pantai atau juga pagar hidup dilingkungan sekitar.

Lihat Juga : 6 Khasiat Buah Kulim Untuk Kesehatan

Jika dikutip dari berbagai sumber, lamtoro digunakan sebagai sayur pada bagian biji dan daun, pakan ternak, furniture, dan juga pengganti kopi pada biji kering yang disangrai dan dihaluskan. Manfaat ini sangat familiar dikarenakan memang terdapat banyak sekali kandungan gizi serta senyawa alami yang baik untuk kesehatan. Dilansir dari Kesehatandia.blogspot.com, ada sekitar 9 nutrisi dan 3 kimia alami yang diantaranya : karbohidrat, lemak, zat besi, vitamin C, Vitamin A, Vit.B1, fosfor, kalsium, dan protein. Serta senyawa seperti Saponin, Flavonoid dan Tanin. Dari kandungan inilah diperoleh jutaan khasiat yang cukup membantu dalam menjaga dan meningkatkan beberaa kinerja organ tubuh.

15 Khasiat Lamtoro Atau Petai Cina Untuk Kesehatan :
  1. Mengontrol kadar gula darah yang baik untuk mencegah dan mengatasi diabetes.
  2. Menjaga sistem imun atau daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit.
  3. Menangkal radikal bebas dan menghambat perkembangan bakteri dalam tubuh.
  4. Mampu meredakan rasa nyeri dikarenakan berkemampuan sebagai analgesik.
  5. Meningkatkan kecerdasan, konsentrasi dan pola pikir.
  6. Mengembalikan kejernihan pandangan dan kesehatan mata.
  7. Melancarkan haid bagi kalangan wanita yang siklusnya tidak teratur.
  8. Melembabkan dan menjaga kesehatan serta kehalusan kulit.
  9. Mencegah tumbuh kembang sel kanker dan tumor dalam tubuh (anti-kanker).
  10. Obat herbal untuk cacingan (mengeluarkan cacing dalam tubuh).
  11. Mencegah hipertensi karena mampu menjaga kelancaran sirkulasi darah.
  12. Bersifat anti-radang yang terkait khususnya untuk radang ginjal.
  13. Ramuan alami untuk meringankan gejala disentri.
  14. Mengurangi gejala insomnia (susah tidur).
  15. Menjaga kepadatan tulang dan gigi sehingga terhindar dari osteoporosis.
Resep sederhana atau ramuan dari petai cina (lamtoro) :
  • Insomnia : Cukup sediakan daun beserta biji lamtoro secukupnya, rebus hingga mendidih, saring dan minum 2x sehari.
  • Diabetes : Siapkan biji petai cina kering kemudian sangrai (15 menit) atau hingga mengeluarkan aroma. Tumbuk hingga halus dan seduh dengan air sebelum diminum. Untuk 1 porsi biasanya menggunakan 100cc air mendidih dan 2sdt bubuk lamtoro.
  • Disentri : Siapkan 15gr biji lamtoro dan 30gr rumput krokot. Rebus dengan 200cc air hingga mendidih dan tiriskan. Saring, selanjutnya bisa diminum 2x sehari pagi dan sore.
Jangan Lupa Baca : 20 Khasiat Gamat Atau Teripang Untuk Kesehatan

Sekian untuk postingan mengenai 15 Khasiat Lamtoro Atau Petai Cina Untuk Kesehatan. Semoga dilain kesempatan kita bisa bertemu lagi tentunya dengan artikel menarik dan bisa berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa dishare! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel