10 Khasiat Bunga Mondokaki Untuk Kesehatan

Khasiat Mondokaki mungkin belum umum dan tidak banyak yang tahu. Padahal tanaman bunga yang satu ini menyimpan jutaan manfaat yang berguna sangat baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa penyakit yang bisa disembuhkan diantaranya hipertensi, cacing, batuk, dan lain sebagainya. Dan demi lengkapnya pengetahuan kita mengenai tanaman obat, maka untuk kesempatan kali ini kami akan mencoba membagikan informasi yang terkait dengan bunga mondokaki atau yang juga dikenal dengan kembang susu ini.

Khasiat Bunga Mondokaki Untuk Kesehatan

Mondokaki (Nama Latin : Tabernaemontana divaricata) adalah sejenis tanaman bunga yang berasal dari India. Namun untuk sekarang penyebarannya sangatlah luas, dari daratan Asia hingga Negara tropis lainnya. Beberapa nama lokal dari bunga ini disebut juga dengan Bunga Wari, Bunga Nyingin, Kembang susu, kembang mentega, bunga susong, dan bunga manila.

==> Lihat Juga : Khasiat Merbau Yang Bisa Dijadikan Obat Herbal Dan Alternatif Pangan

Ciri umum atau deskripsi dari tanaman ini bisa dikenali dengan bentuk daun berwarna hijau. Helaian hampir bulat namun agak sedikit meruncing pada bagian ujung. Bunga mempunyai dua varian warna yaitu putih dan kuning. Tepatnya bunga putih pada bagian kelopak (pinggiran) namun ada sedikit kuning pada bagian tengah. Sedangkan buah mempunyai bentuk kotak hingga bulat memanjang. Dan biasanya bunga ini dikembangkan dengan metode stek batang.

Apa saja kandungan senyawa kimia alami pada bunga mondokaki?
Nah pertanyaan ini pastinya akan muncul seiring dengan banyaknya kebaikan yang terdapat pada bunga ini. Adapun zat kimia tersebut berupa tabernaemontanin, koronandin, dregamin, koronarin, korin, kortin, vobasin, lupeol dan tanin. Senyawa ini didapat dari pepagan dan akar.

10 Khasiat Bunga Mondokaki Untuk Kesehatan :
  1. Bersifat analgetik yang mempu meredam rasa nyeri dan sakit.
  2. Bersifat antipiretik yang ampuh untuk meredam panas atau demam.
  3. Menetralkan dan membersihkan racun dalam tubuh.
  4. Mencegah hipertensi, hal ini karena kemampuannya dalam menjaga sirkulasi darah.
  5. Bersifat Anthelmentik yang berguna untuk mengeluarkan cacing dalam tubuh. Baik digunakan sebagai obat cacingan.
  6. Sebagai obat batuk dan membantuk dalam meluruhkan dahak.
  7. Menghentikan diare atau murus.
  8. Menjaga kesehatan mata seperti mata merah dan infeksi.
  9. Mengurangi nyeri pada saat sakit gigi.
  10. Bersifat anti-inflamasi yang baik untuk mengatasi radang kulit dan luka.
Resep Sederhana Penggunaan Bunga Mondokaki sebagai Obat :
  • Sakit Gigi : Siapkan akar mondokaki secukupnya, cuci lalu kunyah menggunakan gigi yang sakit.
  • Diare : Siapkan akar secukupnya, iris atau potong kecil kemudian rebus dengan air. Tunggu mendiidh kemudian saring dam minum.
  • Batuk : Siapkan sekitar 15 lembar daun mondokaki, Tumbuk kasar kemudian direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Saring dan tambahkan sedikit gula aren. Minum 3x sehari masing-masing 1/2 gelas.
==> Baca Juga : 15 Khasiat Mesona Atau Cincau Hitam Untuk Kesehatan

Demikianlah artikel singkat mengenai 10 Khasiat Bunga Mondokaki Untuk Kesehatan. Semoga apa yang kami tulis ini bisa membantu! Jangan lupa di share ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel