Khasiat Kampis Cina Untuk Mengobati Keracunan

Khasiat Kampis Cina mungkin masih jarang yang menggunakan. Sebab kebanyakan dari kalangan masyarakat hanya memanfaatkan kayu dari kampis cina ini sebagai terompah, gagang kipas, pelampung jaring dan papan tulis karena selain ringan kayu ini juga awet sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang relatif lama. Selain itu, penggunaan akar tanaman kampis cina juga bisa dipakai sebagai obat herbal yang bisa mengatasi keracunan makanan seperti kepiting dan lain sebagainya.

Khasiat Kampis Cina Untuk Mengobati Keracunan

Kampis Cina (Nama latin : Hernandia nymphaeifolia) adalah sejenis tanaman yang terdapat pada hutan pantai dan sering juga disebut dengan lantern tree dikarenakan bentuk buahnya yang menyerupai lentera cina. Berbagai nama daerah (lokal) dari kampis cina dikenal dengan sebutan kampe, hapo-hapo, kampok, binong laut, kemiren, brendala, nyalau, nyalako, nawoko malako, dan tanaman bengkak.


Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan mudah karena memang banyak ditemukan dipinggiran pantai. Ketinggian pohon hingga 20cm, daun tunggal berpenumpu, bunga malay dan buah kering berbiji tunggal. Untuk ciri singkatnya bisa lihat lampiran gambar diatas.

Nah bagaimana cara menggunakan kampis cina sebagai obat?
Bagi yang keracunan kepiting dan sebangsanya, bisa menyiapkan akar dan buah pinang secukupnya. Kunyah secara bersamaan dan telan jika dirasa sudah halus. Manfaat lainnya juga bisa mengurangi gejala yang disebabkan oleh karacunan yang dimaksud seperti pusing, mual, dan meringankan perut mules serta lemas.

Nah mungkin itu saja artikel singkat mengenai Khasiat Kampis Cina Untuk Mengobati Keracunan. Semoga apa yang kami tulis disini bisa berguna dan tentunya membantu bagi orang yang membutuhkan. Untuk info yang lain jangan lupa baca juga 7 Khasiat Jukut Pendul Untuk Kesehatan. Jangan lupa di share ya..! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel