6 Khasiat Kesambi Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Kesambi memang sudah umum dan sering dijadikan obat herbal yang kaya akan manfaat.  Beberapa kegunaan tersebut terkait dengan pengobatan penyakit kulit yang mencakup kudis, korengan, serta eksim. Dan bagian tanaman yang paling banyak digunakan ialah pada bagian daun namun ada juga yang memakai pegagan serta buahnya. Nah untuk mengetahui lebih detail mengenai apa itu kesambi dan kegunaan bagi kesehatan, berikut ini sudah kami rangkum keterangan singkat yang tentunya kami ambil dari beberapa sumber di internet. Yuk lanjut saja membacanya!

6 Khasiat Kesambi Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Kesambi (Nama Latin : Schleichera oleosa) Adalah sejenis tanaman yang tergolong dalam keluarga sapindaceae dengan habitat hidup sangat baik pada daerah tropis. Kesambi sering juga dikenal dengan kosambi serta beberapa nama lokal berbeda pada setiap wilayahnya. Nama daerah tersebut diantaranya : Kehabe, Kule, Bado, Kahembi, Kasembi, Ading, kusambi, usapi, kabahi, dan kalabai. Kesambi banyak ditanam dipinggiran jalan, pekarangan, dan tanah kosong yang berguna sebagai peneduh dan mengurangi polusi udara yang ditimbulkan oleh pencemaran kendaraan atau pabrik.

Lihat Juga : 22 Khasiat Bunga Sepatu Untuk Kesehatan


Ciri serta deskripsi tanaman bisa dikenali dengan melihat bentuk daun yang hampir menyerupai daun rambutan, ketinggian pohon mencapai hingga 40m. Daun majemuk dengan bunga malay. Buah buni berbentuk bulan memanjang dan rasa dari buah ini sangat asam dan sering juga dikonsumsi sebagai sambal. Jika ditelusuri, tanaman kosambi berasal dari pegunungan Himalaya dan penyebarannya cukup luas sehingga mudah juga ditemukan di Indonesia.

Umumnya kayu kesambi dimanfaatkan sebagai pembuatan jangkar perahu karena tekstur batang yang sangat kuat dan keras. Sedangkan daun muda dikonsumsi sebagai lalapan dan buahnya bisa diolah menjadi manisan atau asinan. Sedangkan minyak yang didapat dari ekstrak biji dijadikan minyak lampu, sabun, dan juga sebagai obat herbal yang bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit.

6 Khasiat Kesambi Untuk Kesehatan Dan Kecantikan :
  1. Menyembuhkan eksim pada kulit.
  2. Meredakan peradangan pada telinga.
  3. Mempercepat penembuhan luka.
  4. Sebagai bahan rempah pelengkap masakan.
  5. Sebagai bahan pembuatan parfum dan kosmetik.
  6. Menjaga kulit tetap halus dan sehat.

Bagaimana Resep dan Cara menggunakan kesambi sebagai obat?
  • Eksim : Siapkan beberapa lembar daun kesambi muda, cuci dan rebus hingga mendidih dengan air secukupnya. Dan minum air rebusan tersebut selagi hangat.
  • Kudis Dan Korengan : Ambil biji dan sangrai, geprek hingga pipih kemudian ambil minyaknya. Selanjutnya tinggal oleskan pada area kulit yang ingin diobati. Alternatif lain bisa juga dengan menghaluskan pepagan kemudian dicampur dengan minyak kelapa atau minyak kayu putih. Selanjutnya bubuhkan pada kulit yang terdapat kudis atau koreng.
Kandungan senyawa pada kesambi ini diantaranya alkaloid, saponin, dan tanin. Dari kandungan inilah diperoleh manfaat seperti yang sudah kami sebutkan diatas.

Baca Juga : 5 Khasiat Kepuh Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Demikianlah artikel singkat mengenai 6 Khasiat Kesambi Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa sharenya ya..! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel