5 Khasiat Keledang Untuk Kesehatan

Khasiat Keledang mungkin masih banyak yang tahu. Dari berbagai sumber dimana kami mencari informasi, masih sedikit yang menerangkan adanya manfaat secara pasti pada buah serta tanaman keledang ini. Namun dari sumber berbeda kami juga memperoleh khasiat yang tersimpan pada tanaman penghasil buah khas Kalimantan ini. Maka dari itu, untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenai khasiat, kali ini kami akan merangkum sedikit tentang apa itu keledang serta manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. Yuk simak rincian berikut!

Khasiat Keledang Untuk Kesehatan

Keledang (Nama latin : Artocarpus lanceifolius Roxb) adalah sejenis tanaman penghasil buah yang tergolong dalam suku nangka-nangkaan (Moraceae). Tanaman ini masih berkerabat dengan mentawa, sukun, cempedak, benda dan nangka. Beberapa nama lokal dari tanaman ini diantaranya simar, bangsal, kayu dadak, bunon, paribalek, peruput, tarap hutan, katebung, tidak banyu, kledang, kateh, sedah, tempunang dan lain sebagainya.


Ciri dan deskripsi tanaman terletak pada ukuran pohon yang sedang dengan ketinggian rata-rata hingga 36m. Pepagan halus abu-abu pucat, batang lurus dengan bebas cabang mencapai 25m. Daun berpenumpu kaku memanjat, bulat telur lanset, dan bertepi rata. Bunga bongkol terletak pada ketiak daun, buahnya semu dengan biji elips. Umumnya kayu digunakan sebagai bahan perlengkapan perabot rumah (furniture) dan juga perahu.

Apa saja kandungan senyawa pada keledang?
Tanaman ini mempunyai senyawa metabolit turunan dari fenol. Salah satunya flavonoid yang juga bersifat sitotoksik, jadi tidak heran jika keledang termasuk dalam tanaman yang berkhasiat herbal. Hal ini karena sifat farmakologi didalamnya.

5 Khasiat Keledang Untuk Kesehatan :
  1. Sebagai antioksidan yang ampuh untuk menangkal radikal bebas dan menguatkan sistem imun atau daya tahan tubuh terhadap penyakit.
  2. Menjaga dan melindungi sistem pencernaan dalam tubuh terkait sembelit, wasir, kanker usus, dll.
  3. Mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.
  4. Meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak.
  5. Pada buah bisa memperlancar sistem pencernaan khususnya dalam penyerapan sari makanan.
Nah demikianlah artikel singkat mengenai 5 Khasiat Keledang Untuk Kesehatan. Semoga bisa berguna dan bermanfaat bagi yang membutuhkan. Jangan lupa di share ya...! Atau baca juga : 7 Khasiat Tanaman Paliasa Atau Katimaha Untuk Kesehatan

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel