10 Khasiat Kapasan Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Kapasan Memang sudah dikenal sejak zaman dahulu kala sebagai obat herbal yang kaya akan kegunaan. Manfaat kapasan tersebut diantaranya bisa dijadikan obat demam, gatal-gatal, bisul, diuretik, dan radang. Dari kesemua fungsi tersebut tidak heran jika tanaman ini dipakai sebagai salah satu alternatif untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Maka dari itu, untuk sekedar menambah wawasan dan pengetahuan seputar obat herbal. Pada kesempatan kali ini kami akan menulis rangkuman yang membahas mengenai manfaat tanaman kapasan bagi kesehatan dan juga kecantikan.

Khasiat Kapasan Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Kapasan (Nama latin : Abelmoschus moschatus) adalah sejenis tanaman liar yang tergolong dalam klasifikasi kerajaan plantae dan termasuk keluarga dari malvaceae. Pohon kapasan bisa ditemukan dengan mudah di pekarangan, ladang serta tanah tak terpakai di pinggiran sawah. Beberapa nama lokal yang bisa dikenali diantaranya : gandapuran, kakapasan, regula, kaworo, bukal, dan kastore.

Lihat Juga : 10 Khasiat Kacang Kratok Untuk Kesehatan

Ciri dan deskripsi tanaman terletak pada pohonnya yang berbentuk semak, tumbuh tegak dengan sedikit cabang mencaai ketinggian hingga 2m lebih. Batang bulat dengan permukaan berambut halus, berdaun tunggal sedikit kasar dan panjang helaian sekitar 22cm. Berambut, bertualng menjari, dan tepian daun bergerigi.

Apa saja kandungan senyawa pada tanaman kapasan?
Dikutip dari berbagai sumber, ditemukan beberapa zat pendukung yang terdapat pada tanaman ini. Senyawa tersebut diantaranya berupa : Flavonoid, saponin, dan tanin. Kandungan lain diantaranya minyak atsiri, asam palmitat, lemak, terpenoid, glikosida, dll.

10 Khasiat Kapasan Untuk Kesehatan Dan Kecantikan :
  1. Bersifat diuretik yang berkemampuan untuk melancarkan saluran kemih.
  2. Bersifat anti-piretik yang berfungsi untuk menurunkan demam (panas tubuh).
  3. Bersifat anti-inflamasi yang berguna untuk mengatasi peradangan (pembengkakan).
  4. Sebagai antitusif yang ampuh untuk meredakan batuk.
  5. Mencegah konstipasi atau melancarkan sistem pencernaan khususnya susah BAB.
  6. Mencegah pembentukan batu ginjal (kencing batu).
  7. Meringankan gejala sakit kepala (pusing).
  8. Obat gosok herbal yang bisa menghangatkan tubuh. Sangat cocok untuk mencegah meriang dan masuk angin.
  9. Campuran kosmetik dan bedak gatal kulit.
  10. Melancarka keluarnya nanah pada borok dan bisul.
Bagaimana resep dan cara menggunakan tanaman kapasan untuk obat?
  • Konsumsi : Siapkan 15gr akar kapasan segar. Tumbuk kasar kemudian direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa setengah. Saring dan minum 1x sehari.
  • Obat Luar : Sediakan daun kapasan segar kemudian ditumbuk halus. Balurkan pada area yang ingin diobati (patah tulang, bisul, koreng,dll) selanjutnya balut dengan kain halus. Atau juga bisa menggunakan bunga kapasan yang direndam pada minyak kelapa dan dioleskan pada luka.
Baca Juga : Khasiat Kampis Cina Untuk Mengobati Keracunan


Demikianlah artikel mengenai 10 Khasiat Kapasan Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bisa membantu bagi orang yang membutuhkan. Jangan lupa dibagikan dengan teman-teman yang lain ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel