10 Khasiat Kacang Kratok Untuk Kesehatan

Khasiat Kacang Kratok memang sudah umum dan dijadikan bahan konsumsi dalam kehidupan sehari-hari. Jika dilihat dari kandungannya, manfaat kacang kratok ini sangatlah banyak yang salah satunya ialah meregenerasi sel tubuh yang rusak, antioksidan, anemia dan menjaga kepadatan tulang agar tidak mudah keropos. Oleh karena itu, untuk menambah wawasan mengenai sayur berkhasiat, pada postingan kali ini kami akan mencoba untuk merangkum tentang kandungan gizi dan manfaat kacang kratok bagi kesehatan.

Khasiat Kacang Kratok Untuk Kesehatan

Kacang Kratok (Nama latin : Phaseolus lunatus L.) adalah sejenis sayur yang tergolong dalam keluarga polong-polongan. Tumbuhan terna bersemak dengan menggunakan media lain untuk menjalar atau merambat. Klasifikasi tetep pada kerajaan plantae dengan genus phaseolus. Biji dari sayur ini banyak dimanfaatkan juga sebagai bahan alternatif pembuatan tempe atau juga bisa dikukus (sayur muda) untuk lalapan. Berasal dari Benua Amerika namun penyebarannya sangatlah luas sehingga mudah ditemukan juga di Indonesia.


Ciri dan Deskripsi tanaman bisa dikenal dengan batang menjalar (merambat), Daun majemuk beranak atau cabang tiga (lebar dibagian pangkal dan meruncing pada bagian ujung) warna hijau lumut. Bunga tandan terletak diketiak daun dengan kelopak berbentuk lonceng warna keunguan. Berbuah dan biji polong dengan bentuk bulat pipih kecil dengan warna berbintik (cokelat, putih, hitam, dll). Tau untuk ciri sepintas bisa melihat lampiran gambar diatas.

Nah yang jadi pertanyaan disini adalah : Apa saja sih kandungan gizi pada kacang kratok?
Jika dilansir dari berbagai sumber, sayur ini mempunyai nilai gizi berupa Serat, protein, lemak, zat besi, Vitamin A, B, C, D, kalsium, magnesium, kalori, fosfor, sodium, potassium, seng, kalori, karbohidrat dan Vitamin K. Dari nutrisi inilah diperoleh jutaan manfaat yang bisa didapat oleh tubuh. Rincian lengkapnya bisa cek keterangan dibawah ini!

10 Khasiat Kacang Kratok Untuk Kesehatan :
  1. Sebagai sumber energi yang menjaga tenaga dan stamina tubuh tetap sehat dan kuat.
  2. Menjaga kepadata tulang dan juga gigi yang berguna dalam mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang.
  3. Melancarkan sirkulasi darah yang terkait sebagai pencegah hipertensi (tekanan darah tinggi).
  4. Menjaga tubuh tidak kekurangan sel darah merah (hemoglobin) atau yang lebih dikenal dengan anemia.
  5. Menjaga sistem kekebalan tubuh yang menjaga ketahanan tubuh terhadap serangan penyakit  (radikal bebas).
  6. Memperbarui atau meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak.
  7. Menjaga kesehatan mata serta menajamkan atau menjernihkan pandangan.
  8. Mengontrol kadar gula darah yang terkait juga dengan pencegahan diabetes.
  9. Melancarkan sistem pencernaan seperti mengatasi susah BAB atau sembelit.
  10. Mengembalikan kecerdasan dan menambah pola pikir serta daya ingat otak.
Untuk pengolahan biasanya dijadikan sayur lalapan jika dimasak dalam keadaan segar. Atau juga menjadi alternatif pembuatan tempe dengan cara difermentasi jamur.


Mungkin hanya itu saja yang bisa kami terangkan disini seputar 10 Khasiat Kacang Kratok Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa dishare juga dengan teman-teman yang lain ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel