Khasiat Gelagah Untuk Kesehatan

Khasiat Gelagah dipercaya bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Salah satunya ialah untuk mengontrol kadar gula darah atau diabetes dan juga obat tetes mata. Tidak hanya itu saja, masih banyak lagi manfaat gelagah yang kali akan kami rangkum menjadi sebuah bacaan yang menarik dan tentunya singkat dan mudah dipahami. Bertujuan untuk menambah wawasan dan ilmu seputar tanaman obat, sehingga kita lebih paham dan mengerti bahwa masih banyak obat herbal yang bisa kita dapat dari lingkungan sekitar.

Khasiat Gelagah Untuk Kesehatan dan Kehidupan Sehari-hari

Gelagah (Nama latin : Saccharum spontaneum L.) adalah sejenis tanaman rumput besar yang bisa ditemukan secara mudah karena hidup secara liar pada tanah terbuka. Diberbagai daerah tanaman ini mempunyai berbagai nama lokal yang dikenal dengan sebutan galoga, tebu salah, tlengat, tatebu, ghalaghas, bongo-bongo, juju, glagah, kenu, tebiu, saraw, kaso dalina dan mungkin masih banyak lagi panggilan lain didaerah anda. Tumbuhan ini juga mempunyai akar seperti alang-alang (Baca juga manfaat rimpang alang-alang) untuk deskripsi singkat yuk cek rangkuman berikut!

Terkait Tanaman Berkhasiat obat :
* 15 Khasiat Tanaman Gandapura Untuk Kesehatan
* 15 Khasiat Gambir Untuk Kesehatan

Ciri tanaman gelagah bisa dikenali dengan batang yang seperti tebu, mempunyai ruas dengan ketinggian mencapai rata-rata 3m. Daun berbentuk pelepah dengan panjang 20cm lebih, agak sedikit tajam berwarna hijau agak kaku. Bunga malay bercabang tandan yang diselimuti rambut warna putih. Penyebarannya sangat luas khususnya bagi Negara yang mempunyai iklim tropis khususnya Indonesia. Mudah tumbuh dan sering juga dianggap gulma yang mengganggu tanaman lain.

Untuk pemanfaatan, gelagah bisa direbus bagian pucuk yang masih muda sebagai sayur, batang sebagai bahan pembuatan kertas, pakan ternak, pencegah erosi tanah dan juga bisa digunakan sebagai tanamamn hias dan pembuatan kerajinan tangan dan tanaman obat karena mengandung senyawa saponin yang baik juga untuk kesehatan maupun kecantikan.

Khasiat Gelagah Untuk Kesehatan :
  1. Obat tetes mata yang disebabkan oleh iritasi seperti mata merah dan perih.
  2. Mengontrol kadar gula darah yang ampuh untuk mengatasi diabetes.
  3. Sebagai pemutih gigi alami.
  4. Meringankan gejala asma atau sesak nafas.
  5. Menyembuhkan penyakit TBC.

Bagaimana resep dan cara mengunakan gelagah sebagai obat?
  • Obat tetes mata : Siapkan beberapa kuncup tunas gelagah kemudian tumbuh hingga halus. Campur dengan sedikit air, peras dan saring. Selanjutnya gunakan air tersebut untuk obat tetes.
  • Pelutih gigi : Kuncup tunas ditumbuk kasar kemudian gunakan untuk gosok gigi. Tapi cara ini tidak bisa digunakan terlalu sering karena juga mengikis gigi.
  • Diabetes, Asma, TBC : Siapkan 7 ruas batang gelagah (4 digeprek hingga pipih dan yang 3 biarkan tetap utuh). Rebus dengan 4 gelas air hingga tersisa 3 gelas dan bisa diminum 3x sehari dengan porsi 1 gelas untuk sekali minum.
Baca Juga : 15 Khasiat Gandarusa Untuk Dunia Pengobatan Herbal

Demikianlah artikel mengenai Khasiat Gelagah Untuk Kesehatan. Semoga bisa berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel