8 Khasiat Kina Untuk Dunia Pengobatan Herbal

Khasiat Kina dipercaya sebagai obat antipiretik yang bisa menurunkan demam dan juga bisa mengobati malaria. Manfaat kina tidak hanya untuk kesehatan saja, melainkan juga ikut andil dalam dunia kecantikan yang sebagai salah satu bahan pembuatan kosmetik. Namun tidak lengkap rasanya jika kita hanya mengetahui sepintas saja. Maka dari itu, untuk sekedar menambah wawasan seputar tanaman obat, kali ini kami akan mencoba berbagi dan memberi informasi terkait dengan apa saja kegunaan dan fungsi tanaman kina bagi kesehatan tubuh kita. Untuk lebih singkatnya yuk simak rangkuman dibawah ini!

8 Khasiat Kina Untuk Dunia Pengobatan Herbal

Kina (Nama latin : Cinchona L.) adalah sejenis tanaman perdu abadi dari suku Rubiaceae. Tanaman atau pohon ini diduga berasal dari Amerika Selatan dan terbagi dalam 25 spesies berbeda. Salah satu anggotanya ialah Cinchona Antioquiae L. dan Cinchona Calisaya Wedd. Untuk sekarang pohon kina sudah dibudidayakan dan banyak ditanam guna memenuhi kebutuhan produsen kosmetik dan penggunaan sebagai obat herbal yang kaya akan manfaat.

Ciri dan deskripsi bisa dikenal dengan pohon yang mencapai ketinggian antara 5 hingga 15m, daun tersusun berhadapan dengan bentuk bulat telur hingga lonjong, serta mempunyai bulu halus pada bagian bawah daun. Bunga bergerombol berbentuk malay, dengan warna hijau pada bagian tangkai, pink atau merah muda pada kelopak bunga dan putih pada bagian putik. Bunga beraroma wangi dan buahnya bulat bulat seperti telur dengan biji berbentuk lanset.

Tanaman Obat Terkait :
* Khasiat Bengang Untuk Mengobati Kencing Nanah
* Khasiat Akar Bayeh Untuk Menurunkan Demam
* 6 Khasiat Bandotan Untuk Kesehatan Dan Dunia Pengobatan

Apa yang menjadikan pohon kina kaya akan khasiat?
Pertanyaan ini sudah umum dan sangat lazim dalam pemikiran kita. Dan manfaat tersebut karena didukung dengan adanya kandungan senyawa kimia alami didalamnya. Beberapa zat tersebut berupa alkaloid, asam kinatanat, sinkonidina, asam kinat, kuinina, dan kinidina.

8 Khasiat Kina Untuk Dunia Pengobatan Herbal :
  1. Bersifat antipiretik yang berguna untuk menurunkan demam atau panas tubuh.
  2. Menyehatkan jantung sehigga baik untuk mencegah serangan jantung dan stroke.
  3. Obat herbal untuk menyembuhkan malaria.
  4. Sebagai bahan pembuatan kosmetik dan alat kecantikan.
  5. Menyembuhkan dan mengatasi kejang pada otot.
  6. Sebagai pestisida alami atau yang lebih dikenal dengan sebutan biopestisida.
  7. Obat terapi untuk penyembuhan flu burung.
  8. Bahan herbal untuk pembuatan minuman penyegar.
Bagaimana resep dan cara menggunakan kina sebagai obat?
Bahan yang digunakan ialah bagian kulit batang yang mempunyai rasa pahit. Cara ini bisa digunakan sebagai penurun demam dengan cara merebus kulit batang kemudian diminum secukupnya. Jadi dengan pemakaian secara rutin, maka kemungkinan sembuh akan semakin besar.

Nah demikianlah artikel singkat mengenai 8 Khasiat Kina Untuk Dunia Pengobatan Herbal. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan! Jangan lupa di share ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel