17 Khasiat Tanaman Inggu Untuk Kesehatan

Khasiat Inggu memang sudah dikenal secara luas bagi beberapa kalangan masyarakat. Salah satu manfaat inggu tersebut dipercaya bisa mengobati luka, ayan, demam, kejang anak dan juga bersifat anti-radang. Jadi diambil kesimpulan bahwa tanaman obat yang satu ini wajib ditanam sebagai apotik hidup yang kaya akan fungsi dan kegunaan. Dan untuk sekedar menambah pengetahuan mengenai obat herbal, maka kali ini kami akan membahas secara ringkas apa itu tanaman inggu serta kandungan kimia alami didalamnya.

17 Khasiat Tanaman Inggu Untuk Kesehatan

Inggu (Nama latin : Ruta angusttifolia) adalah sejenis tanaman yang diduga berasal dari Eropa dan Afrika. Dengan banyaknya kegunaan herbal, tidak sedikit yang membudidayakan inggu sekaligus digunakan sebagai tanaman hias yang bisa ditanam pada media pot. Umumnya inggu mempunyai habitat hidup secara liar dan bisa ditemukan diladang, atau tanah lapang yang mempunyai paparan sinar matahari yang cukup.

Terkait dengan tanaman obat :
* 21 Khasiat Brotowali Untuk Kesehatan Dan Pengobatan
* Khasiat Daun Teh-Tehan Untuk Kesehatan
* 8 Khasiat Kina Untuk Dunia Pengobatan Herbal

Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenal dengan melihat pohonnya yang perdu mencapai ketinggian sekitar kurang lebih 1m. Batang sedikit berbulu halus dan mempunyai daun oval bulat telur dengan panjang dan diameter berkisar 3cm. Daun sendiri bercabang pendek, derseling dan terdapat 3 hingga helai daun dalam setiap tangkainya. Sedangkan bunga berwarna kuning cerah dengan tangkai memanjang dan kelopak bunga terbagi rata-rata dalam 4 helai. Ciri sepintas hampir menyerupai kacang tanah namun daun lebih kecil dan tebal.

Apa saja kandungan senyawa kimia alami pada tanaman inggu?
Dari berbagai penelitian, dutemukan zat berupa Katone, metil-noniketone, asam modic, rutin, xanthotoxin, kokusaginin, 1-limonena, cineol, quersetin, flaveol, bergapten, edulinine, skimmianine, graveolinine, tannin, dan pinena. Serta juga terdapat racun namun skalanya sangat kecil dan sangat jarang mengakibatkan orang keracunan.

17 Khasiat Tanaman Inggu Untuk Kesehatan :
  1. Bersifat analgesik yang sangat ampuh meredam rasa nyeri atau sakit.
  2. Bersifat diuretik yang berkemampuan untuk menrunkan demam atau panas.
  3. Meringankan gejala sakit kepala atau pusing.
  4. Menetralkan racun akibat makanan dan obat-obatan.
  5. Mengeluarkan cacing dalam tubuh sehingga sangat cocok untuk anak cacingan.
  6. Mengatasi kejang pada anak.
  7. Mempercepat penyembuhan luka khususnya akibat gigitan hewan (ular dan kalajengking).
  8. Menyembuhkan hepatitis atau penyakit kuning yang terkait dengan organ hati.
  9. Mengobati gejala sakit gigi seperti nyeri dan ngilu.
  10. Bersifat anti-inflamasi yang berguna untuk mencegah peradangan khususnya radang paru, hati, dan memar.
  11. Melancarkan sirkulasi haid yang teratur.
  12. Mempercepat penuaan bisul.
  13. Mengencerkan dahak pada penyakit batuk.
  14. Meringankan sakit tenggorokan.
  15. Menyembuhkan radang bernanah pada permukaan kulit.
  16. Obat herbal untuk ayan.
  17. Mengatasi kolik dan peradangan vena.

Bagaimana resep dan cara menggunakan tanaman inggu untuk obat?
  • Sakit gigi : Siapkan daun inggu secukupnya kemudian lumatkan hingga halus, Selanjutnya cukup masukkan pada gigi yang berlubang atau sakit dan ditutup dengan kapas.
  • Pusing / sakit kepala : Ambil daun inggu secukupnya, tumbuk hingga halus dan tapalkan pada daerah wajah diatas pelipis.
  • Hepatitis : Larutkan ekstrak daun atau getah inggu dengan segelas air panas, tunggu hingga hangat kemudian minum.
  • Demam : Rebus selurh bagian tanaman yang sudah dicuci dengan air secukupnya hingga mendidih dan berubah warna. Kemudian saring dan ambil 1 gelas yang dicampur dengan 1sdm madu. minum 2x sehari hingga sembuh.
  • Ketombe  dan kurap pada kulit kepala : Ambil daun inggu secukupnya, tumbuk dan tambah sedikit air. Untuk hasil yang maksimal bisa ditambah kunyit kemudian diperas hingga menghasilkan air. Selanjutnya tinggal oleskan pada area kulit kepala secara merata.
  • Kolera anak : Ambil 1 jari ranting tanaman inggu kemudian, 1 sdt air hangat dan garam secukupnya. Haluskan semua bahan, peras dan air perasan terebut bisa diminumkan pada anak.
  • Kejang pada anak : Sediakan daun inggu secukupnya kemudian rendam pada air cuka sekitar 30 menit. Selanjutnya gunakan air tersebut untuk obat kompres.
  • Eksim dan luka : Siapkan 20 lembar daun inggu, 1 jari kunyit dan 1sdt beras putih. Haluskan semua bahan kemudian tapalkan pada area kulit yang luka atau eksim.
Baca Juga : 12 Khasiat Bunga Kenop Untuk Kesehatan

Demikianlah artikel singkat mengenai 17 Khasiat Tanaman Inggu Untuk Kesehatan. Jangan lupa dishare agar juga bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan. Terima kasih dan salam sehat selalu!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel