16 Khasiat Buah Leunca Untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Leunca dipercaya bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti demam, kanker, ISK, Hipertensi dan menjaga kesehatan pria serta wanita. Hal ini karena didukung dengan banyaknya kandungan gizi beserta senyawa kimia yang tersimpan dibalik buah sayur tersebut. Dan untuk menambah pengetahuan mengenai tanaman obat herbal yang bisa didapat dari lingkungan sekitar, maka untuk kali ini kami akan mencoba merangkum sebuah artikel sederhana yang berkaitan dengan manfaat buah leunca bagi kesehatan.

16 Khasiat Buah Leunca Untuk Kesehatan Tubuh

Leunca (Nama latin : Solanum nigrum) adalah sejenis tumbuhan sayur yang tergolong dalam klasifikasi keluarga dari terong-terongan. Meskipun mempunyai senyawa racun, namun tidak mengurangi khasiat yang tersimpan didalamnya. Tapi penggunaan sayur ini harus didampingi oleh ahli dan dengan penggunaan serta porsi yang tepat. Maka dari itu, hanya jenis tertentulah yang bisa dikonsumsi secara umum. Diberbagai daerah buah sayur ini juga mempunyai beberapa nama lokal yang salah satunya dikenal dengan sebutan ranti.

Terkait dengan Khasiat Sayur :
* 14 Khasiat Buah Bligo Untuk Kesehatan
* 14 Khasiat Sayur Zukini Untuk Kesehatan
* 18 Khasiat Selada Air Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Tanaman tropis ini mempunyai ciri dan deskripsi yang bisa dikenali pada bentuk pohonnya yang terna tahunan. Ketinggian batang mencapai 1m cenderung tidak berkayu dan diselimuti dengan rambut halus. Daun bercabang dengan pencapaian lebar hingga 5cm. Bunga tersusun rangkaian dan bermahkota warna putih. Buah buni berwarna hijau dikala muda dan berubah menjadi ungu kehitaman jika sudah tua atau mengkal. Buah yang sudah matang ada yang mengandung racun dan bisa dilihat dari galurnya. Sayur ini diduga berasal dari Asia Barat namun penyebarannya bisa ditemukan diseluruh wilayah Indonesia.

Apa saja kandungan gizi dan senyawa pada buah leunca?
Dari beberapa penelitian, ditemukan zat berupa Kalsium, solasonin, Fosfor, Vitamin A, Vitamin C, Zat Besi, Solanin, Glikoalkaloid, Solasodin, Solanidin, Saponin, Atropin, Diosgenin, tigogenin, Minyak Semak, Zat Samak, Kalori, Protein, dan lemak. Dari nutrisi inilah diperoleh jutaan manfaat yang berpengaruh bagi kinerja organ tubuh kita. Penasaran? Simak rangkuman dibawah!

16 Khasiat Buah Leunca Untuk Kesehatan Tubuh :
  1. Bersifat anti-kanker yang menghambat pertumbuhan dan membunuh sel kanker dan tumor dalam tubuh. Khususnya bagi kanker payudara, kanker leher rahim, kanker lambung dan kanker saluran pernafasan.
  2. Bersifat anti-inflamasi yang berguna untuk mengatasi dan mencegah peradangan atau pembengakakan pada tubuh kita.
  3. Bersifat anti-piretik yang berfungsi untuk meredam panas atau demam. Sehingga penurunan panas bisa lebih cepat.
  4. Bersifat analgesik yang berkemampuan untuk meredakan nyeri dan rasa sakit.
  5. Bersifat anti-racun yang kemampuannya bisa mengeluarkan dan menetralkan racun dalam tubuh.
  6. Bersifat diuretik yang berguna untuk melancarkan kinerja saluran kemih. Terkait juga untuk pencegahan ISK (infeksi Saluran Kemih).
  7. Bersifat anti-pruritus yang fungsinya ialah untuk mengatasi gatal-gatal pada kulit.
  8. Mengontrol sirkulasi darah sehingga menjadi lebih lancar. Manfaat ini terkait sebagai pencegah hipertensi atau yang lebih dikenal dengan tekanan darah tinggi.
  9. Melegakan saluran pernafasan khususnya untuk mengatasi seak nafas (asma).
  10. Meringankan gejala batuk dan mengeluarkan dahak.
  11. Menghilangkan kutil atau mata ikan hal ini bisa diperoleh dengan menggunakan getahnya.
  12. Menyembuhkan rematik dan nyeri pada persendian.
  13. Sebagai bantuan alat kontrasepsi alami bagi pria.
  14. Bersifat anti-biotik dan anti-mikroba yang ampuh untuk membunuh kuman.
  15. Obat herbal untuk meringankan sakit pinggang, pegal linu, pinggang kaku, encok, dll.
  16. Memiliki sifat anti-ulserogenik yang terkait dengan organ lambung, sistem saraf pusat, dan berfungsi sebagai agen anti-neoplastik. Manfaat ini juga berperan sebagai sitoprotektif yang melawan kerusakan pada ginjal.
Bagaimana resep dan cara menggunakan leunca sebagai obat?
Umumnya leunca dikonsumsi sebagai lalapan. Namun tidak kesemuanya karena beberapa jenis tertentu mempunyai kandungan racun sangat tinggi. Maka dari itu, kita harus hati-hati dan tidak sembarangan mengkonsumsi sayur yang satu ini. Resep sederhanya bisa dengan menyediakan sekitar 20gr leunca kering yang kemudian direbus dengan 4 gelas air hingga mendidih dan tersisa setengahnya. Minum 2x sehari pagi dan sore dengan porsi 1 gelas untuk satu kali konsumsi. Serta juga bisa menggunakan alternatif lain seperti mencampur 10 butir buah leunca pada jus sayuran.

Baca Juga : 17 Khasiat Tanaman Inggu Untuk Kesehatan

Demikianlah artikel singkat seputar 16 Khasiat Buah Leunca Untuk Kesehatan Tubuh. Semoga bisa membantu dan berguna bagi khalayak ramai. Jangan lupa dishare juga pada teman-teman yang lain agar pengetahuan ini tidak putus di anda. Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel