10 Khasiat Angsana Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat angsana mungkin belum banyak yang tahu. Tanaman yang juga dikenal dengan sebutan sonokembang ini mempunyai manfaat obat yang berguna untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit yang diantaranya untuk diare, sariawan, kanker, bisul dan masih banyak lagi kegunaan lainnya. Karena khasiat obat inilah, maka tidak sedikit juga yang menjadikan tumbuhan ini sebagai apotik hidup yang kaya akan fungsi dan ditanam sebagai penghias sekaligus peneduh pada lingkungan sekitar.

10 Khasiat Angsana Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Angsana Atau Sonokembang (Nama latin : Pterocarpus indicus) adalah sejenis pohon penghasil kayu yang berkualitas tinggi. Jika pada dunia perabotan, kayu angsana juga tidak kalah kualitasnya dengan pohon jati. Jadi sebagai alternatif, maka mungkin penggunaan kayu sonokembang bisa menjadi pilihan. Berbagai nama daerah untuk tanaman ini adalah : sena, asan, sana kembang, linggua, ligua, lalan, nara, babaksana dan masih banyak lagi yang lainnya. Jadi mungkin saja bisa berbeda juga pada daerah tempat anda tinggal.

Mengenai ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenal dengan pohonnya yang berukuran besar mencapai ketinggian hingga 40m, daun menyirip gasal, bunga berkumpul malai, dan buahnya polong bundar pipih. Habitat hidup biasa ditemukan dihutan rindang, dan banyak dutemukan didaratan Asia Tenggara khususnya Indonesia.

10 Khasiat Angsana Untuk Kesehatan Dan Kecantikan :
  1. Meringankan gejala sariawan seperti bibir pecah-pecah dll.
  2. Obat kumur yang bisa menghilangkan bau mulut dan membunuh kuman.
  3. Menghentikan diare atau mencret.
  4. Bersifat antipiretik yang ampuh untuk menurunkan demam atau panas tubuh.
  5. Mencegah pertumbuhan sel kanker dan tumor dalam tubuh.
  6. Meningkatkan kinerja organ hati yang berguna untuk menetralkan dan mengeluarkan racun.
  7. Mengatasi sakit kepala sebelah (migrain).
  8. Mempercepat penuaan bisul.
  9. Membantu melebatkan rambut. Sesuai dan cocok juga untuk mengatasi rambut rontok.
  10. Melancarkan sistem pencernaan.
Bagaimana resep dan cara menggunakan angsana sebagai obat?
  • Bisul : Siapkan beberapa lembar daun angsana, hangatkan dan layukan dengan menggunakan lilin kemudian tapalkan pada bisul.
  • Demam : Sediakan sekitar 7 lembar daun angsana dan 10gr gula merah. Haluskan daun angsana dan campur dengan 1 gelas air. Peras dan masukkan gula merah hingga larut dan minum 2x sehari hingga sembuh.
  • Melebatkan rambut : Sediakan daun angsana yang sudah tua. Siapkan baskom dan air, rendam daun sambil dihancurkan dengan tangan. Selanjutnya tinggal gunakan air tersebut untuk keramas yang berfungsi sebagai pengganti sampo.
  • Obat Kumur dan Diare : Siapkan sekitar 2 ibu jari kulit atau pepagan kayu angsana. Rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa setengah. Minum 2x sehari secara rutin hingga sembuh.
Demikianlah artikel singkat seputar 10 Khasiat Angsana Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga dilain kesempatan kami bisa memberi informasi yang juga tidak kalah menarik dan wajib dipelajari. Jangan lupa di share atau lihat juga : 10 Khasiat Bunga Widuri Untuk Kesehatan

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel