13 Khasiat Ketumbar Untuk Kesehatan

Khasiat Ketumbar memang cukup baik bagi kesehatan kita. Salah satunya ialah untuk melancarkan sistem pencernaan, menambah selera makan, hipertensi dan masih banyak lagi jenis penyakit yang bisa disembuhkan dengan manfaat ketumbar. Memang sangat sederhana, sebab ketumbar hanyalah bagian dari bumbu dapur dari sekian banyaknya jenis lain seperti merica dan bawang putih. Namun jika dipelajari lebih lanjut, ketumbar memang menyimpan sejuta kegunaan bagi kesehatan tubuh kita. Maka dari itu, dibawah ini kami sudah merangkum ringkasan mengenai apa itu ketumbar, kandungan dan juga fungsinya untuk tubuh.
13 Khasiat Ketumbar Untuk Kesehatan
Ketumbar (Nama latin : Coriandrum sativum) adalah sejenis tanaman yang buahnya dijadikan rempah. Ketumbar banyak diperdagangkan karena memang dibutuhkan dan menjadi salah satu komoditi perdagangan rempah di seluruh Asia. Ciri daun hampir sama persis dengan seledri yang mempunyai gerigi pada bagian tepi daun. Selain digunakan sebagai rempah atau bumbu, ternyata ketumbar juga memiliki efek farmakologis yang bisa digunakan sebagai obat herbal yang kaya akan khasiat. Bumbu ini diduga berasal dari Eropa yang kemudian menyebar luar hingga seluruh penjuru dunia khususnya juga Asia Tenggara. Aroma dari ketumbar sangatlah khas dan memang bisa membuat masakan menjadi lebih menggoda dan termasuk salah satu kegunaan dari ketumbar ini dalam meningkatkan selera makan.

Manfaat ketumbar didapat karena adanya kandungan senyawa kimia didalamnya. Zat tersbut berupa Myrcene, a-terpinene, Ocimene, Dekanal, Desilaldehida, Trantridecen, Asam Petroselinat, p-simena, Kamfena, Felandren, Asam Oktadasenat, , Linalool, Geraniol, d-mannite, Sabinene, dan Skopoletin. Karena senyawa inilah ketumbar sangat membantu dalam meningkatkan beberapa kinerja organ tubuh sehingga berjalan sebagaimana mestinya.

13 Khasiat Ketumbar Untuk Kesehatan :
  1. Melancarkan sistem pencernaan yang juga terkait dengan pencegahan sembelit (susah BAB).
  2. Peluruh kentut (Carminative) yang berfungsi untuk mencegah perut kembung dan masuk angin.
  3. Penambah selera makan, sangat cocok dikonsumsi bagi orang yang masih dalam tahap penyembuhan (sehabis sakit).
  4. Peluruh ASI (Lactago) bermanfaat cukup baik bagi kaum ibu yang sedang menyusui karena dapat menunjang produksi dan melancarkan keluarnya ASI.
  5. Meredakan sakit kepala dan penyakit sejenis seperti migrain atau pusing.
  6. Mengurangi rasa mual dan keinginan untuk muntah. Hal ini karena ketumbar berguna juga untuk mengatasi eneg.
  7. Menyembuhkan wasir atau ambeien, terkait dengan pelancaran sistem pencernaan. Sehingga feses menjadi lebih lunak dan meminimalisir teradinya luka serta berdarah.
  8. Bersifat anti-inflamasi yang baik untuk mencegah radang pada payudara dan lambung.
  9. Meringankan gejala influenza atau pilek serta mempercepat penuaan ingus sehingga hidung tidak meler.
  10. Melancarkan sistem peredaran darah dalam tubuh. Sehingga sirkulasi menjadi lebih normal. Sangat baik dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi (hipertensi).
  11. Mengembalikan stamina pria yang cukup baik dalam menyembuhkan lemah syahwat.
  12. Terapi pengobatan herbal untuk campak.
  13. Obat herbal untuk pegal linu serta meriang yang disebabkan oleh cuaca dingin atau masuk angin.
Demikianlah artikel singkat mengenai 13 Khasiat Ketumbar Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel