13 Khasiat Bawang Daun Untuk Kesehatan

Khasiat Bawang Daun atau Daun Bawang mungkin tidak banyak yang tahu. Sebab kalangan hanya masyarakat mengerti bahwa daun bawang ini enak dijadikan masakan dan bisa membantu dalam meningkatkan selera makan. Hal ini karena aromanya yang harum dan banyak digunakan dalam masakan seperti telur dadar, salad dan bahkan salah satu bumbu wajib bagi nasi goreng. Nah maka dari itu, untuk sekedar menambah pengetahuan mengenai khasiat obat pada bawang daun, kali ini kami akan mencoba merangkum sedikit keterangan terkait dengan Manfaat Bawang Daun Bagi Kesehatan.

Terkait dengan bawang, Baca Juga :
>> Rahasia Khasiat Bawang Putih
>> Manfaat Bawang Merah Yang Tersembunyi

Bawang Daun (Nama latin : Allium fistulosum L.) adalah sejenis tanaman yang tergolong dalam suku bawang-bawangan dengan penampilan daun lebih mononjol dibanding dengan umbinya. Beda jauh dengan bawang putih, Daun dari bawang ini sangat cocok digunakan dalam setiap bumbu masakan. Untuk rasa dan bau, jenis ini sama persis dengan bawang bombai dan mempunyai beberapa nama panggilan lokal dan asing. Contohnya ialah green onion dan spring onion.
13 Khasiat Bawang Daun Untuk Kesehatan
Dari bawang daun mentah, terdapat sejumlah kandungan gizi yang mencakup cukup banyak serat dan karbihdrat. Beberapa nutrisi tersebut diantaranya : Karbohidrat, serat, gula lemak, protein, Thiamin, riboflavin, niasin, Vitamin A, asam pantothenat, asam folat, Vitamin B6, kalium, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, mangan, natrium, zinc, Vit.C, E dan K. Dari zat inilah diperoleh manfaat yang begitu melimpah bagi kinerja organ tubuh kita. Penasaran? Berikut rincian singkatnya!

13 Khasiat Bawang Daun Untuk Kesehatan :
  1. Ampuh untuk meningkatkan selera makan, sangat dikonsumsi oleh orang yang masih dalam masa penyembuhan sehabis sakit.
  2. Menjaga stamina tubuh tetap terjaga. Khasiat ini karena adanya karbohidrat selaku penopang dalam memenuhi kebutuhan tenaga harian.
  3. Kaya akan antioksidan yang ampuh dalam meningkatkan sistem ketahanan tubuh terhadap serangan radikal bebas.
  4. Menjaga kesehatan mata yang juga berguna dalam mengembalikan kejernihan pandangan.
  5. Menguatkan tulang dan gigi yang terkait dalam pencegahan osteoporosis sehingga gigi dan tulang lebih kuat tidak mudah keropos.
  6. Melancarkan sistem peredaran darah yang fungsinya terkait dengan hipertensi. Dengan lancarnya sirkulasi darah, maka kita akan terhindar dari tekanan darah tinggi.
  7. Menghaluskan kulit dan menjaga tetap lembab sehingga tidak mudah kering ataupun mengelupas.
  8. Meningkatkan kinerja otot dan meregenerasi sistem syaraf yang rusak.
  9. Menjaga kinerja otak dan mengembalikan pola pikir sehingga tidak mudah lupa.
  10. Menghindarkan tubuh dari anemia (kekurangan sel darah merah). Secara tidak langsung tubuh tidak lemes dan mudah pusing.
  11. Melancarkan sistem pencernaan yang utamanya dalam mengatasi sembelit (susah BAB).
  12. Mencegah tubuh terkena wasir atau ambeien.
  13. Mengurangi resiko janin cacat jika dikonsumsi oleh ibu hamil.
Semua manfaat diatas hanya kami rangkum dari beberapa jenis kandungan yang terdapat pada bawang daun tersebut. Tapi selain itu, ada juga khasiat lain yang mungkin masih luput dari keterangan kami diatas. Jadi sobat tidak perlu ragu untuk mengkonsumsi bahan pangan sederhana ini. Dan mengenai efek samping, mungkin hanya akan menjadikan bau keringat tidak sedap. Tapi sobat jangan khawatir, sebab itu hanya dampak kinerja dari tubuh dalam mengeluarkan racun sehingga bakteri pada keringat akan berubah sedikit berbau.

Demikianlah artikel singkat mengenai 13 Khasiat Bawang Daun Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu!

Baca Juga Sejenis Bumbu :
# Khasiat Ketumbar
# Ada Berapa Khasiat Cengkeh?

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel