8 Khasiat Akar Pohon Beringin Untuk Kesehatan

Khasiat Akar Beringin mungkin masih banyak yang belum tahu. Namun jika dipelajari dengan seksama, tanaman beringin mempunyai manfaat yang cukup baik untuk kesehatan tubuh kita. Salah satunya ialah dalam menurunkan demam dan mengobati amandel. Tidak hanya itu, beringin ini juga sering digunakan daunnya sebagai obat. Maka dari itu, kali ini kami akan mencoba merangkum sebuah artikel singkat yang mungkin saja bisa membantu dalam menambah wawasan dalam mengetahui daftar tanaman obat yang bisa kita dapat dari lingkungan sekitar. Sehingga bisa dijadikan salah saru alternatif yang mungkin tidak butuh biaya sedikitpun.

Beringin (Nama Latin : Ficus benjamina) Adalah salah satu tanaman yang tergolong dalam suku pohon ara. Biasanya tumbuh subur meski ditanah kering dan mempunyai daun rindang yang dijadikan tanaman peneduh. Beringin juga bisa tumbuh hingga berukuran besar dengan permukaan kulit batang berwarna cokelat kasar dan daunnya hijau lumut tebal mengkilap pada bagian atasnya. Beringin juga sering ditanam dipinggir jalan guna meminimalisir polusi yang diakibatkan oleh kendaraan sehingga udara bisa menjadi bersih dan sehat.
8 Khasiat Akar Pohon  Beringin Untuk Kesehatan
Namun pertanyaannya disini adalah : Apa saja manfaat akar beringin untuk kesehatan? Yuk kita cari tahu dan baca beberapa keterangan dibawah ini. Namun sebelum itu, kita juga harus mengetahui apa saja kandungan dari akar beringin, sehingga pengetahuan kita menjadi lebih lengkap dan tidak setengah-setengah. Adapun senyawa alami yang terdapat pada akar pohon beringin diantaranya berupa Asam amino, Glukosa, Fenol, dan asam orange.

8 Khasiat Akar Pohon  Beringin Untuk Kesehatan :
  1. Bersifat sebagai anti-inflamasi yang berguna untuk mengatasi peradangan atau memar pada kulit. Bisa saja karena terbentur, terpukul atau hal lain yang tidak terduga. Cara pemakaian sangatlah sederhana saja. Cukup haluskan akar udara (akar yang menggelantung) secukupnya kemudian tapalkan pada kulit yang sakit atau bengkak.
  2. Bersifat sebagai antipiretik yang ampuh untuk menurunkan demam atau suhu panas tubuh. Sangat cocok untuk anak-anak yang sedang demam. Cara menggunakan cukup merebus akar beringin hingga mendidih secukupnya. Diamkan hingga hangat kemudian gunakan air tersebut untuk mandi.
  3. Mengatasi radang amandel. Cara pemakaiannya ialah dengan merebus akar beringin hingga mendidih (secukupnya). Diamkan sejenak dengan menambah sedikit cairan cuka. Selanjutnya pergunakan air tersebut untuk obat kumur.
  4. Meringankan gejala pilek atau influenza. Hal ini karena akar beringin memberi kesan hangat pada saluran pernafasan dan juga tenggorokan. Cara pemakaian cukup dengan merebus 150gr akar beringin dengan 2 gelas air hingga mendidih. Tambahkan sedikit garam dapur kemudian diminum 2x sehari dalam keadaan hangat.
  5. Mengatasi Nyeri pada saat rematik. Manfaat ini sebenarnya bisa didapat dengan mengkonsumsi air rebusan akar. Namun alternatif lainnya juga bisa dipakai dengan penggunaan luar. Haluskan akar yang sudah dicuci kemudian tapalkan pada area sendi yang akit.
  6. Melancarakan sistem pencernaan, cara menggunakan sama persis dengan manfaat no.4.
  7. Mencegah dan mengobati disentri.
  8. Menyembuhkan wasir atau ambeien.
Demikianlah artikel singkat mengenai 8 Khasiat Akar Pohon  Beringin Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel