11 Khasiat Biji Semangka Untuk Kesehatan

Khasiat Biji Semangka memang boleh dibilang sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh kita. Salah satu contohnya ialah sebagai Anti-Kanker, Penyakit jantung, Hipertensi dan masih banyak lagi yang lainnya. Maka dari itu, untuk melengkapi postingan kami kali ini, disini kami akan mencoba untuk membahas mengenai Manfaat Biji Semangka Untuk Kesehatan.
11 Khasiat Biji Semangka Untuk Kesehatan

Semangka (Nama latin : Citrullus lanatus) adalah sejenis tanaman penghasil buah yang tergolong dalam suku timun-timunan. Daging buah dikonsumsi langsung dalam keadaan segar atau dibuat jus. Sedangkan biji bisa dikeringkan dan disangrai sebagai kuaci layaknya biji bunga matahari. Pohon semangka tumbunya menjalar atau merambat pada tanah. Dengan ukuran daun cukup lebar dan sedikit berbulu halus pada permukaan daun. Dan buahnya bulat, lonjong atau oval, tergantung dengan jenis dan varian dari buah yang dimaksud.

Memang pada umumnya semangka hanya dimakan daging buahnya saja. Tapi siapa sangka jika dibalik bijinya, semangka juga menyimpan sebuah manfaat besar untuk dunia kesehatan. Hal itu tentunya juga didukung dengan adanya kandungan nutrisi pada biji tersebut. Adapun kandungan gizi pada biji semangka diantaranya : Glukosa, karbohidrat, Protein, Magnesium, Lemak, Serat, Zat besi, Vitamin B, dan Kalium.

11 Khasiat Biji Semangka Untuk Kesehatan :
  1. Bersifat sebagai anti-inflamasi yang sangat berguna untuk mencegah peradangan terutama pada ginjal.
  2. Bersifat diuretik yang berfungsi sebagai peluruh kencing yang ampuh untuk melancarkan saluran kemih.
  3. Menjaga kinerja sistem syaraf dan otak.
  4. Melancarkan sistem pencernaan terutama terkait dengan pencegahan sembelit.
  5. Menjaga kesehatan organ usus terhadap kuman.
  6. Menjaga kesehatan jantung terutama dalam mengatasi jantung koroner.
  7. Bersifat sebagai anti-kanker yang berguna untuk mencegah sel kanker menjalar dalam tubuh.
  8. Melancarkan peredaran atau sirkulasi darah yang berguna untuk mencegah dan mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi.
  9. Mencegah anemia atau kekurangan darah.
  10. Penambah tenaga yang juga baik untuk selalu menjaga stamina tubuh.
  11. Meningkatkan daya ingat dan kecerdasan otak.
Cara mengolah dan mengkonsumsi biji semangka :
  • Dibuat kuaci : Jemur biji semangka hingga kering kemudian disangrai (digoreng tanpa minyak) hingga beraroma harum. Langkah sangrai tidak butuh waktu lama.
  • Dibuat kopi : Caranya sama, yaitu menyangrai biji semangka hingga beraroma harum (layaknya menyangrai kopi). Tiriskan dan tumbuk hingga halus. Untuk penggunaan, seduh 1sdm bubuk biji semangka dengan menambah 1 1/2 sdm gula pasir. Tunggu hingga hangat dan kopi biji semangka siap diminum.
Demikianlah artikel singkat mengenai 11 Khasiat Biji Semangka Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel