21 Khasiat Daun Salam Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Daun Salam diakui memang sangat membantu dalam menjaga kesehatan dan kecantikan. Umum sekali digunakan untuk diet, Menurunkan kolesterol, Hipertensi, Maag, Asam urat, dan berbagai jenis penyakit lain yang tentunya bisa saja menyerang tubuh kita. Namun rasanya tidak akan lengkap jika kita hanya mengetahui sepintas saja. Oleh karena itu, dibawah ini kami sudah merangkum beberapa keterangan mengenai manfaat daun salam serta cara mengolah dan menggunakannya.

Salam (nama latin : Syzygium polyanthum) adalah sejenis tanaman penghasil rempah yang banyak digunakan diberbagai resep masakan. Hal ini karena aroma khas sehingga bisa menjadikan masakan lebih harum dan mampu menggugah selera makan. Daun salam sering digunakan sebagai bumbu daging, ikan dan sayur. Namun dibalik itu juga tersimpan sebuah khasiat yang ikut andil dalam dunia pengobatan tradisional.
21 Khasiat Daun Salam Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Mengenai ciri dan deskripsi, daun salam bisa dikenali pada bagian daun yang tunggal berhadapan, ukuran pohon sedang dengan mencapai ketinggian hingga kurang lebih 30m. Kulit kayu bersisik dan berwarna cokelat keabu-abuan. Bunga malai dan buah berbentuk bulat buni. Daun salam juga mempunyai beberapa nama panggilan lokal yang diantaranya : Ubar serai, daun manting, meselengan, dan kastolami.

21 Khasiat Daun Salam Untuk Kesehatan Dan Kecantikan :
  1. Ampuh untuk menurunkan kadar gula darah yang juga berpengaruh dalam pencegahan diabetes. Hal ini bisa didapat dengan hanya mengkonsumsi olahan makanan yang memakai daun salam sebagai bumbu. Atau alternatif lainnya juga bisa merebus daun salam kemudian dikonsumsi secara rutin setiap hari.
  2. Kaya akan antioksidan yang ampuh untuk menguatkan sistem imun sehingga daya tahan tubuh menjadi lebih kuat dan terhindar dari serangan penyakit.
  3. Mengatasi segala penyakit yang terkait dengan sistem pencernaan. Terutama pada diare dan sembelit. Cara menggunakan pun sama dengan yang diatas.
  4. Menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.
  5. Mengembalikan kesehatan mata dengan cepat. Cocok untuk membersihkan mata ketika sedang sakit. Caranya yaitu dengan menggunakan air rebusan daun salam untuk membersihkan area luar mata ketika masih hangat.
  6. Mengatasi asam urat serta gejala yang disebabkan seperti nyeri pada persendian.
  7. Melancarkan sistem peredaran darah sehingga mencegah terjadinya tekanan darah tinggi atau hipertensi.
  8. Sebagai penghancur batu ginjal. Sangat baik dalam meluruhkan saluran kemih serta selalu menjaga kesehatan organ ginjal dari infeksi dan lain-lainnya.
  9. Meringankan rasa nyeri atau sakit pada seluruh tubuh. Seperti akibat terkilir dan keseleo.
  10. Bersifat sebagai anti-inflamasi yang juga berguna untuk mengatasi peradangan.
  11. Beersifat sebagai anti-kanker yang berguna untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dan tumor pada tubuh.
  12. Melegakan sistem pernafasan seperti pada saat flu, asma dan juga karena penyakit batuk.
  13. Menjaga kesehatan jantung dan juga stroke.
  14. Menyembuhkan peradangan pada lambung.
  15. Obat sakit perut herbal yang cukup ampuh.
  16. Bersifat sebagai anti-bakteri dan anti-jamur sehingga cukup baik untuk menghalau pertumbuhan jamur pada kulit.
  17. Mengembalikan kekuatan rambut yang cocok untuk mencegah rambut rontok.
  18. Mengusir kutu pada rambut.
  19. Mengurangi rasa gatal pada kulit kepala.
  20. Menjaga kesehatan tulang dan juga gigi.
  21. Bersifat anti-cacing yang mampu mengeluarkan cacing dalam tubuh.
Semua manfaat yang sudah kami lampirkan diatas, tidak luput dari adanya kandungan gizi serta senyawa kimia yang tedapat pada daun salam. Nutrisi pada daun salam diantaranya Vitamin A, C, Asam Folat, kalium, kalsium, magnesium, mangan, tembaga, seng, Dan zat besi. Serta zat kimia berupa : Minyak atsiri, Tanin, Flavonoid, Eugenol, etanaol dan juga metanol.

Demikianlah artikel mengenai 21 Khasiat Daun Salam Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bisa membantu!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel