15 Khasiat Daun Kaki Kuda Untuk Kesehatan

Khasiat Daun Kaki Kuda dipercaya ampuh untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Salah satunya ialah Flu, Tipes dan juga mempercepat penyembuhan luka. Namun sangat tidak afdol jika kita hanya mengetahui secara langsung tanpa harus mempelajari terlebih dahulu apa itu tanaman kaki kuda dan seperti apa bentuknya. Maka dari itu, disini kami akan membahas sedikit rangkuman yang mungkin saja bisa membantu sobat dalam mempelajari ciri dan sepintas tentang tumbuhan ini.

Kaki Kuda (Nama Latin : Centella asiatica) adalah sejenis tanaman liar yang mempunyai habitat hidup ditepat terbuka dan cukup paparan sinar matahari. Pohon terna tanpa batang dengan daun tunggal dengan helainya yang berbentuk ginjal. Berbunga warna putih kemerahan dan buah pipih. Sedangkan untuk nama lokal disebut dengan gagan, rendeng, tungke, antanan, kos tekosan dan Daun kaki kuda.
15 Khasiat Daun Kaki Kuda Untuk Kesehatan
Daun Kaki Kuda banyak sekali mengandung senyawa kimia alami yang baik untuk tubuh. Sehingga kesehatan tubuh menjadi lebih terjaga dan terhindar dari serangan radikal bebas yang mungkin menjadi penyebab tubuh terserang penyakit. Adapun zat tersebut berupa Alkaloid, steroid, glokosida, triterpenoid, tanin, minyak atsiri, kalium, kalsium, magnesium, natrium, dan zat besi.

Jika dilihat dari kandungan, mungkin kita sudah mengetahui apa saja manfaat daun kaki kuda untuk kesehatan. Dan beberapa manfaat kesehatan yang didapat diantaranya ampuh :

Khasiat Daun Kaki Kuda Untuk Kesehatan :
  1. Mengentikan pendarahan pada luka, caranya yaitu dengan menapalkan daun yang sudah dihaluskan pada luka.
  2. Mengobati influenza. Minum perasan air daun kaki kuda yang sudah ditumbuk halus dan dicampur dengan sedikit garam dapur untuk menghilangkan eneg.
  3. Menetralkan racun akibat mengkonsumsi jengkol. Siapkan sekitar 15 helai daun kaki kuda. Rebus dengan 200cc air hingga mendidih. Saring dan diminum.
  4. Meringankan sakit kepala. Sediakan sekitar 1 genggam daun kaki kuda. Rebus dengan 2 gelas air dan menambah 1sdt jinten hingga mendidih. Saring dan campurkan 1/2 sdm madu sebelum diminum.
  5. Mengobati ayan. Godok daun kaki kuda secukupnya dengan menambah gula merah (gula aren). Saring dan dikonsumsi 3x sehari secara rutin.
  6. Mengatasi gejala tipes. Siapkan 1 genggam daun kaki kuda, 1/2 genggam daun jinten dan 5 batang tapak liman. Kukus dan tambahkan sedikit air dan madu. Saring kemudian diminum selagi hangat.
  7. Menyembuhkan Busung. Sediakan 2 genggam daun, akar dan batang kaki kuda, 3 rimpang alang-alang, dan 1 potong kulit bunga kamboja (sebesar ibu jari). Rebus dengan 600cc air hingga tersisa 300cc. Minum 3x sehari dengan porsi 100cc (1/2 gelas perkonsumsi).
  8. Mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan luka dengan cara menapalkan daun kaki kuda yang sudah dihaluskan.
  9. Menurunkan demam. Seduh sekitar 1 genggam daun kaki kuda dengan 1 gelas air mendidih. Diamkan dan saring sebelum diminum.
  10. Meredakan sariawan dan sakit tenggorokan. Siapkan 1 genggam daun kaki kuda, 1sdm ketumbar, dan 2 ibu jari rimpang kunyit. Haluskan bahan kemudian rebus dengan 300cc air. Saring dan diminum 2x sehari.
  11. Obat herbal untuk disentri dan ambeien (wasir). Cukup siapkan bahan 2 genggam daun kaki kuda, 7 lembar daun wungu, 1 gelas air dan 1sdt madu. Haluskan dan rebus bahan kemudian diminum 2x sehari sampai sembuh.
  12. Menyembuhkan maag dan perut kembung. Seduh 1 genggam daun kaki kuda, 1 ibu jari kencur, 1/2 sdt jinten dan 1sdt ketumbar. Haluskan semua bahan terlebih dahulu kemudian saring dan minum.
  13. Bersifat juga sebagai penenang yang membantu dalam mengatasi stres, pikiran berat, memperbaiki daya ingat yang sangat baik untuk terapi pengobatan orang yang kurang waras (lupa ingatan).
  14. Melancarkan sirkulasi darah, sangat baik untuk mencegah Kurang darah (anemia) dan juga tekanan darah tinggi (hipertensi).
  15. Menguatkan kinerja jantung yang mencegah penyakit serangan jantung.
Demikianlah artikel mengenai 15 Khasiat Daun Kaki Kuda Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel