15 Khasiat Daun Cocor Bebek Untuk Kesehatan

Khasiat Cocor Bebek memang sangat ampuh untuk kesehatan tubuh kita. Umumnya digunakan sebagai obat herbal untuk menghilangkan nyeri, ambeien, radang, luka dan jenis penyakit lainnya. Selain itu, sosor bebek juga banyak digunakan sebagai tanaman hias dengan bentuk dan perawakan daun sangat menarik untuk dilihat. Jadi untuk itu, multifungsi ini sangat patut kita pelajari.

Cocor Bebek, Sosor Bebek, Suru Bebek (Nama latin : Kalanchoe pinnata) adalah sejenis tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas daun (adventif), umum digunakan sebagai tanaman hias dan tumbuh secara liar di daerah yang cukup air seperti selokan dan pinggir rawa. Cocor bebek mempunyai batang yang lunak beruas dan daunnya tebal banyak mengandung air. Warna daun hijau muda, berbunga mejemuk dan buahnya kotak. Jika dikonsumsi, sosor bebek mempunyai rasa agak asam dan memberik kesan dingin.
15 Khasiat Daun Cocor Bebek Untuk Kesehatan
Bagian tanaman yang paling banyak digunakan sebagai obat ialah pada daun. Sebab mengandung senyawa berupa Glikosida, zat lendir, damar, biofilin, magnesium malat, kalsium oksalat, asam formiat, dan tanin.

Khasiat Daun Cocor Bebek Untuk Kesehatan :
  1. Mengatasi nyeri lambung, caranya yaitu dengan memeras 5 lembar daun cocor bebek dan dicampur dengan sedikit garam. Minum air perasan tersebut secara rutin 2x sehari.
  2. Mengatasi sakit kepala. Caranya dengan meremas daun cocor bebak kemudian oleskan airnya pada daerah pelipis. Atau juga dengan menghangatkan daun dan konsumsi sebagai lalapan.
  3. Menyembuhkan wasir (ambeien). Caranya yaitu dengan mengeringkan daun cocor bebek. Haluskan kemudian seduh 1sdm bubuk daun dengan 1sdm madu dengan 100cc air mendidih. Minum 3x sehari secara rutin hingga sembuh.
  4. Mengobati bisul. Haluskan daun sosor bebek secukupnya kemudian tapalkan pada bisul. Hal ini berguna untuk mempercepat penuaan bisul.
  5. Meringankan gejala rematik. Sediakan sekitar 3 helai daun sosor bebek, 1 rimpang jahe dan 1 genggam daun pulosari. Haluskan semua bahan kemudian direbus dengan 200cc air hingga mendidih. Tambahkan sedikit garam dapur kemudian diminum selagi hangat.
  6. Menyembuhkan peradangan amandel. Gunakan air rebusan cocor bebek sebagai obat kumur.
  7. Mengobati muntah darah. Siapkan sekitar 7 lembar daun dan dihaluskan. Campurkan sedikit gula merah kemudian diseduh dengan 200cc air mendidih. Saring dan diminum selagi hangat.
  8. Menyembuhkan radang telinga luar. Caranya yaitu menggunakan air perasan daun cocor bebek sebagai obat tetes telinga.
  9. Menurunkan demam. Penggunaannya cukup dengan merebus daun secukupnya. Minum 3x sehari secara rutin.
  10. Menyembuhkan disentri. Konsumsi daun cocor bebek yang sudah direbus dengan campuran rimpang temulawak.
  11. Mengatasi perut kembung dan diare. Caranya yaitu dengan menapalkan daun cocor bebek yang sudah dihaluskan pada perut dan sekitar pusar.
  12. Meringankan asma dan nyeri dada. Siapkan daun cocor bebek secukupnya kemudian dihaluskan. Rebus hingga mendidih dan dikonsumsi secara rutin 3x sehari.
  13. Melancarkan haid yang tidak teratur.
  14. Mempercepat penyembuhan luka dengan cara ditapalkan.
  15. Mengurangi pembengkakan yang disebabkan oleh gigitan nyamuk.
Demikianlah artikel singkat mengenai 15 Khasiat Daun Cocor Bebek Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel