15 Khasiat Daun Sisik Naga Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Daun Sisik Naga atau daun picisan memang tergolong sangat banyak bagi kesehatan tubuh kita. Salah satunya ialah untuk mengatasi kanker, TBC dan Sembelit. Namun lepas dari itu, Tanaman obat yang mempunyai nama latin (Pyrrosia piloselloides) ini kurang sekali dimaksimalkan karena sangat jarang dan mungkin sebagian masyarakat tidak tahu akan manfaat yang tersimpan didalamnya.

Tanaman picisan tumbuhnya epifit atau dengan cara menempel pada tumbuhan lain, namun bukan sebagai parasit, sebab bisa memproduksi makanan sendiri. Habitat hidupnya terdapat pada daerah yang mempunyai suhu lembab seperti hutan, ladang, atau tempat-tempat yang rindang. Cirinya sangat sederhana, bentuk hampir sama dengan binahong, tapi lebih kecil dan jarak antar daun lebih dekat, oleh karena itu disebut sisik naga, karena letak daun yang berdempetan sebesar koin.
15 Khasiat Daun Sisik Naga Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
Kandungan senyawa pada daun sisik naga berupa Minyak atsiri, fenol, flavonoid, tanin dan triterpenoid. Rasanya Manis, sedikit getir dan memberi efek mendinginkan. Namun yang jadi pertanyaan disini adalah : Apa manfaat dan khasiat daun sisik naga untuk kesehatan? Mungkin rangkuman singkat dibawah ini bisa membantu!

15 Khasiat Daun Sisik Naga Bagi Kesehatan Dan Kecantikan :
  1. Mengatasi Penyakit kuning (hepatitis), penyakit ini merupakan masalah yang terjadi pada organ hati. Cara mengkonsumsinya cukup dengan merebus daun dan minum secara rutin 3x sehari dengan porsi 1/2 gelas perkonsumsi.
  2. Menyembuhkan radang pada gusi, umum terjadi pada saat sakit gigi. Caranya cukup mengunyah daun sisik naga yang sudah dicuci bersih, diamkan sejenak kemudian buang ampasnya.
  3. Mengobati sariawan, sebenarnya hal ini juga terkait dengan radang gusi, namun langkah yang digunakan berbeda. Caranya yaitu dengan merebus daun picisan kemudian gunakan sebagai obat kumur.
  4. Meringankan nyeri saat sakit perut. Sifat daun sisik naga juga berkhasiat untuk mendinginkan sehingga mampu menurunkan asam lambung. Cara yang dipakai yaitu merebus sekitar 7 lembar daun sisik naga dengan 2 gelas air. Minum 2x sehari secara rutin.
  5. Menghentikan pendarahan berlebih. Sering terjadi pada luka dan wanita yang mengalami haid berlebihan. Cara mengatasi yaitu dengan menghaluskan daun sisik naga (7 helai) dan siram dengan 1/2 gelas air hangat. remas dan peras airnya, selanjutnya diminum dengan menambah sedikit garam dapur.
  6. Menghilangkan penyakit kulit seperti gatal-gatal, kudis kurap, dan lain-lainnya. Caranya dengan merebus daun sisik naga secukupnya dan gunakan sebagai mandi.
  7. Mencegah dan mengobati kanker utamanya kanker payudara, untuk mengguakan cukup dengan merebus sekitar 30 lembar daun sisik naga 2 gelas air. Jika sudah mendidih tiriskan dan saring. Minum 2 kali sehari dengan porsi 1/2 gelas perkonsumsi.
  8. Menyembuhkan luka bernanah, caranya dengan menghaluskan daun picisan kemudian ditapalkan pada area luka.
  9. Menghentikan mimisan, caranya dengan meremas daun sisik naga kemudian sumbatkan pada lubang hidung.
  10. Terapi penyembuhan gondongan (gondok), caranya dengan merebus daun picisan kemudian diminum dkonsumsi secara teratur 3x sehari.
  11. Mengobati rematik dan gejala yang disebabkan, caranya dengan menapalkan daun sisik naga yang sudah dihaluskan pada lutut dan bisa juga dengan di konsumsi.
  12. Menyembuhkan disentri dan ambeien. Caranya dengan meminum secara rutin air rebusan daun picisan.
  13. Mengatasi pembesaran kelenjar getah bening.
  14. Mengobati batuk.
  15. Kencing bernanah.
Demikianlah artikel singkat mengenai 15 Khasiat Daun Sisik Naga Bagi Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bisa membantu!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel