8 Khasiat Dan Manfaat Gula Merah Bagi Kesehatan

8 Khasiat Dan Manfaat Gula Merah Bagi Kesehatan | Siapa yang tidak tahu dengan gula yang berasal dari nira ini. Rasa yang begitu manis dan legit, menjadikan gula merah sebagai salah satu alternatif pemanis makanan yang juga bisa menambah aroma harus pada makanan tersebut. Gula merah banyak digunakan pada pembuatan kue, kolak serta juga dijadikan bumbu pada rujak manis.

Gula merah juga dikenal dengan sebutan gula jawa. Kenapa demikian? Sebab menurut sejarah, gula ini dibuat pertama kali oleh orang jawa dan begitulah sampai saat ini gula ini dikenal. Melalui pencetakan yang sebelumnya berupa cairan (Nira) kemudian direbus menggunakan wajan hingga mengental. Mungkin umumnya gula ini hanya dikenal sebagai pemanis dan pengharum saja. Namun jika ditelusuri lebih lanjut, ternyata gula merah juga berkhasiat sehat yang mampu mencegah dan menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Penasaran? Berikut ulasan singkatnya!
8 Khasiat Dan Manfaat Gula Merah Bagi Kesehatan
8 Khasiat Dan Manfaat Gula Merah Bagi Kesehatan :
  1. Melancarkan sistem pencernaan : Dengan menambahkan sedikit gula merah pada kopi, teh atau susu. Maka anda sudah mendetoksinasi pencernaan anda sehingga alat pencernaan akan lebih lancar.
  2. Sebagai pembersih darah dari racun : Mungkin anda termasuk orang yang sering menggunakan obat-obatan atau bahan kimia yang secara tidak langsung juga berbahaya bagi darah. Nah kunci penyelesaiannya ialah dengan mengkonsumsi gula merah sehingga racun sisa kimia tersebut bisa dikeluarkan.
  3. Mencegah jerawat pada wajah : Nah yang satu ini mungkin sangat diimpikan oleh semua orang khususnya kaum wanita umumnya. Sebab, meski mempunyai rasa yang cukup manis, namun manis tersebut tidak menyebabkan pembengkakan atau peradangan pada kulit wajah. Sehingga masalah komedo dan jerawat bisa teratasi.
  4. Mencegah dan Mengobati Sariawan : Fungsi umum ialah mendinginkan panas dalam dan secara tidak langsung, sariawan dipicu oleh panas dalam tersebut sehingga bibir pecah-pecah dan terjadi peradangan. Dan hal ini bisa anda manfaatkan dengan membuat jamu kunir asam dengan campuran gula merah didalamnya.
  5. Menghilangkan Kram dan Nyeri pada Saat Menstruasi : Hal ini sangat umum dialami oleh kalangan wanita. Dan khasiat ini bisa didapat karena kandungan selenium didalam gula merah.
  6. Penambah Energi : Sudah tidak heran jika gula merah bisa menjadikan seseorang tidak lemas. Sebab kalori didalamnya lumayan tinggi sehingga kebutuhan gizi pada tubuh terpenuhi.
  7. Mengobati Sakit perut : Manfaat ini hampir sama persis dengan mengatasi kram dan nyeri. Dengan cara melarutkan gula merah secukupnya dengan air hangat dan mengkonsumsinya.
  8. Mencegah dan mengatasi Anemia : Kurang darah tidak dipungkiri bisa terjadi pada siapa saja. Imbas yang dirasakan pun tidak main-main. Contohnya pusing, lemas dan tidak punya semangat. Hal ini umum terjadi pada wanita sehabis menstruasi. Cara minumpun sangat mudah. Cukup ikuti cara pada mengobati sakit perut diatas.
Demikian bahasan singkat tentang 8 Khasiat Dan Manfaat Gula Merah Bagi Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel