Khasiat Daun Sirsak Bagi Kesehatan

Khasiat Daun Sirsak belakangan ini memang sangat popoler. Dibanding buahnya, Manfaat daun sirsak dipercaya lebih ampuh dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tidak hanya dalam dunia pengobatan saja, daun sirsak juga digandrungi karena berguna untuk obat herbal alami dalam perawatan kecantikan. Maka dari itu, tidak heran jika daun dari tanaman ini banyak digunakan sebagai ramuan tradisional yang juga dipercaya ampuh untuk menangkal dan mengobati segala jenis kanker. Jadi, untuk kesempatan kali ini, disini kami akan memberikan sedikit rangkuman terkait dengan Manfaat, fungsi dan kegunaan air rebusan daun sirsak bagi kesehatan dan kecantikan.

Banyak juga yang mempertanyakan mengenai kandungan senyawa pada daun sirsak ini. Sebab tidak akan ada jutaan manfaat jika didalamnya tidak terkandung senyawa yang mendukung dari khasiat tersebut. Dan jika kami rangkum dari beberapa sumber, senyawa yang terdapat pada daun sirsak diantaranya : acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid, dan muricapentocin. Nah dari kandungan inilah ada begitu banyak dan bahkan boleh dibilang kumpulan kegunaan serta kebaikan dari daun sirsak ini.

Khasiat Daun Sirsak Bagi Kesehatan

Sepintas, daun sirsak dipercaya dan banyak digunakan sebagai obat kanker, kolesterol, asam urat, dan penyakit lainnya yang akan kami bahasa secara lengkap, ringkas dan mudah dipahami. Adapun beberapa sifat farmakologis dari daun sirsak diantaranya :
  1. Antipiretik yang ampuh untuk menurunkan demam atau panas tinggi tubuh.
  2. Analgesik yang berkemampuan untuk meredam dan mengurangi nyeri dan sakit.
  3. Diuretik yang berfungsi untuk meluruhkan atau melancarkan saluran kemih.
  4. Anti-Inflamasi yang berguna untuk mengurangi radang atau pembengkakan.
  5. Anti-Kanker berkemampuan untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.
  6. Anti-Tumor yang baik untuk menghambat pertumbuhan sel tumor.
  7. Hipotensi terkait dengan pencegahan hipertensi atau tekanan darah tinggi.
  8. Bersifat anti-bakteri yang menghambat pertumbuhan bakteri jahat.
  9. Sebagai anti-virus alami yang berfungsi untuk membunuh dan menghambat perkembangan virus.
  10. Bersifat Kardiodepresan yang ampuh untuk menekan dan meningkatkan kinerja jantung.
  11. Anti Malaria yang mencegah penyakit malaria khususnya pada anak-anak.
  12. Antiparasit yang berkemampuan untuk menghambat pertmbuhan parasit tubuh.
  13. Hipoglikemik yang berkemampuan untuk menekan kadar gula darah.
  14. Stomakik yang ampuh untuk menjaga kesehatan lambung dan meningkatkan selera makan.
  15. Antispasmodic yang merelaksasi otot dan sistem syaraf.
Khasiat Rebusan Daun Sirsak :
Ada banyak sekali manfaat daun sirsak yang mungkin belum kita ketahui. Jika dilihat dari beberapa sifat farmakolgis diatas, ada sekitar 15 lebih efek kesehatan yang bisa didapat oleh tubuh. Namun disamping itu, masih ada daftar lain terkait dengan kumpulan khasiat dari rebusan daun sirsak ini. Untuk itu, dibawah ini kamu sudah sediakan urutan manfaat air rebusan daun sirsak beserta cara mengolahnya.
  1. Terapi penyembuhan dan menghambat pertumbuhan sel kanker serta tumor dalam tubuh. Manfaat ini bisa didapat dengan mengolah daun sirsak sebagai ramuan herbal serta menggunakan cara tradisional untuk mengolahnya. Resepnya cuku dengan menyediakan daun sirsak secukupnya (usahakan menggunakan daun setengah tua dan masih segar). Minum air rebusan tersebut secara rutin setiap hari.
  2. Mengatasi gejala asam urat. Bagi anda yang mempunyai keluhan mengenai nyeri otot dan sendi, mungkin itu salah satu gejala yang disebabkan oleh asam urat. Untuk resepnya, Sediakan sekitar 7 lembar daun sirsak yang kemudian direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih. Tunggu hingga hangat dan bisa diminum 2x sehari.
  3. Melancarkan sistem pernafasan khususnya untuk mengatasi sesak nafas (asma). Terkait juag dengan gejala sakit tenggorokan yang disebabkan oleh alergi debu serta makanan. Cara mengolah cukup menyediakan 5 lembar daun sirsak, cuci dan tumbuk kasar. Rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa setengah dan diminum selagi ruam (hangat).
  4. Meningkatkan dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Sehingga daya tahan dan imunitas tubuh lebih kuat. Mungkin ramuan ini boleh dibilang dengan sebutan antioksidan alami dan mempertahan tubuh tetap sehat bebas penyakit. Cara mengunakan cukup dengan merebus sekitar 5 lembar daun sirsak dengan 3 gelas air hingga tersisa setengah. Minum 2x sehari selagi hangat.
  5. Mempercepat penuaan bisul sehingga bisa mudah sembuh. Caranya sangatlah mudah, haluskan daun sirsak kemudian ditapalkan pada kulit yang terdapat bisul. Bisa diganti jika sudah kering.
  6. Menyembuhkan Ambeien. Sangat cocok bagi anda yang menderita gejala wasir atau berak yang disertai darah dan nanah. Untuk menggunakan tidaklah sulit, cukup menggunakan rebusan daun sirsak yang diminum secara rutin setiap hari hingga sembuh. Mengenai porsi bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
  7. Menjaga kesehatan kulit kepala, rambut dan menghilangkan ketombe. Cara ini sesuai dengan anda yang sering mengalami kepala gatal. Sebab ramuan ini berkemampuan untuk membunuh bakteri, kuman dan virus yang disebabkan oleh mikroba. Cara menggunakan cukup dengan merebus daun sirsak dan gunakan air rebusan tersebut untuk keramas. Pakailah hingga benar-benar dirasakan efeknya.
  8. Mengontrol kadar gula darah terkait dengan pengobata herbal untuk diabetes (kencing manis). Resep dan cara mengolah ialah dengan menyediakan 5 helai daun sirsak dan tumbuk kasar. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa  2 gelas. Minum x sehari @1 gelas untuk 1x konsumsi.
  9. Mengatasi gejala sakit pinggang, pegal linu dan menghilangkan rasa capek. Cara penyeduhan ialah dengan menumbuk terlebih dahulu 15 lembar daun sirsak yang kemudian direbus dengan 4 gelas air hingga tersisa setengahnya. Minum secara rutin dan berkala setiap harinya.
  10. Mengatasi tekanan darah tinggi (hipertensi). Cocok bagi anda yang mengalami tensi darah yang melebih batas normal. Cara penyajian ialah dengan menyiapkan sekitar 3 lembar daun sirsak, tumbuk atau dihansurkan kasar. Rebus dengan 1,5 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum secara rutin tiap hari hingga benar-benar dirasakan hasilnya.
Nah jika dibahas secara singkat, beberapa penyakit yang bisa diatasi dengan rebusan daun sirsak diantaranya : Diabetes, Asam Urat, Kanker, Asam, Mempercepat penuaan bisul, Menurunkan tekanan darah tinggi, Batuk, Sakit pinggang, Rematik, Ambeien, Sesak nafas, Dan juga berkemampuan untuk menghilangkan kutu rambut.

Dengan komposisi yang tepat, air daun sirsak yang direbus mempunyai kemampuan untuk mengobati beberapa penyakit yang sudah kami sebut diatas. Untuk penggunaan umum (universal) khususnya obat kunsumsi, anda hanya membutuhkan beberapa lembar daun sirsak kemudian direbus hingga mendidih. Dan demi mengurangi rasa pekat, alangkah baiknya jika ditambah dengan garam dapur sebelum dikonsumsi. Air rebusan bisa diminum sehari 2x sehabis makan di sore dan malam hari.

Sedangkan untuk penggunaan luar (seperti bisul dan kutu rambut), Haluskan dan balurkan pada bisul sebagai obat tapal. Gunakan daun sirsak yang sudah dihaluskan untuk sampo guna menyingkirkan kutu pada rambut.

Sebenarnya masih banyak tanaman obat yang bisa kita dapat dari lingkungan sekitar, salah satunya ialah postingan kami sebelumnya yang membahas mengenai Khasiat Daun Binahong, disitu kami mengupas secara detail apa saja manfaat serta khasiat didalamnya.

Mungkin demikianlah artikel Khasiat Daun Sirsak ini, semoga apa yang kami tulis disini bisa membantu! Mengenai kurang lebihnya, silahkan sobat tinggalkan komentar!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel