8 Khasiat Tanaman Ciplukan Bagi Kesehatan

Khasiat Tanaman Ciplukan ini memang boleh dibilang sangat banyak bagi kesehatan tubuh kita. Salah satunya ialah sebagai pelancar dari sistem pencernaan. Nah diberbagai daerah, ciplukan ini dikenal dengan sebutan yang berbeda-beda. Contohnya didaerah jawa dikenal dengan (ceplukan), Nyur-nyuran (Madura), dan mempunyai nama latin P. angulata, P. minima dan P. peruviana.

Ciplukan tumbuh dengan baik pada habitat yang mempunyai banyak kandungan air, umumnya tumbuhan ini bisa ditemukan ditengah sawah atau pinggir-pinggir pematang sawah. Rasa dari buah agak sedikit asam dan manis sehingga banyak anak kecil yang mengkonsumsi buahnya secara langsung pada saat haus dan sedang bermain di sawah.
8 Khasiat Tanaman Ciplukan Bagi Kesehatan
Tidak heran jika ciplukan mempunyai khasiat serta manfaat baik bagi tubuh. Hal tersebut tentunya juga didukung oleh kandungan gizi serta kimia alami didalamnya. Beberapa dari kandungan tersebut yang bisa sobat ketahui diantaranya berupa Alkaloid, Asam Sitrun, Asam Malat, Gula, Vutamin C, Tanin, Fisalin, dan chlorogenik acid.

Nah kembali pada pokok bahasan yaitu mengenai Khasiat Tanaman buah Ciplukan bagi kesehatan, disini kami sudah merangkum beberapa ringkasan sederhana yang mungkin bisa membantu!
# Menetralkan racun dalam tubuh.
# Bersifat diuretik untuk meluruhkan kencing.
# Meredakan batuk dan sakit tenggorokan.
# Menurunkan kadar gula darah.
# Meningkatkan tenaga / energi.
# Mengatasi tekanan darah tinggi / hipertensi.
# Mengobati penyakit kulit.
# Meringankan nyeri otot dan juga sendi.

Untuk mendapat manfaat dari ciplukan ini, anda tentunya bisa langsung mengkonsumsi buah yang sudah matang ataujatuh sendiri dari pohonnya. Namun alternatif lainnya juga bisa dijadikan obat herbal jamu tradisional. Dan resep sederhana tersebut sudah kami siapkan sebagai berikut :

Bahan yang dibutuhkan :
# 1 Pohon ciplukan lengkap dengan daun dan akar.
# 3 rimpang temulawak.
# Air putih 500cc.

Cara pembuatan :
# Tumbuk semua bahan yang sudah dicuci bersih hingga halus.
# Taruh dalam wadah atau panci kemudian direbus hingga mendidih.
# Saring dan tambahkan sedikit garam.
# Jamu siap dikonsumsi (1x sehari dengan porsi 1 gelas).

Demikian artikel singkat mengenai 8 Khasiat Tanaman Ciplukan Bagi Kesehatan ini. Artikel menarik lain masih menunggu untuk dibaca! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel