12 Khasiat Akar Cerita Untuk Kesehatan

Khasiat Akar Cerita atau Hempedu Bumi sudah sangat familiar dan banyak digunakan sebagai ramuan herbal di daratan Malaysia. Manfaat Akar Cerita ini dipercaya mampu menurunkan panas (demam), menurunkan hipertensi (tekanan darah tinggi), menjaga daya tahan tubuh serta masih banyak lagi yang lainnya. Nah bagi anda yang penasaran seperti apa bentuk tanaman dan fungsinya, mungkin rangkuman yang sudah kami sediakan dibawah ini akan sangat membantu bagi anda.


Dilansir dari Wikipedia, Hempedu Bumi ( yang juga dikenal dengan pokok akar cerita) merupakan sejenis tumbuhan yang banyak ditemukan di India, Thailand, serta pada daerah yang mempunyai tekstur tanah gambut. Tergolong dalam jenis herba semusim dan bisa tumbuh menegak layaknya tumbuhan semak lain. Ketinggian batang mampu mencapai 60 hingga 70cm, sedangkan daunnya berwarna hijau pekat, permukaan licin serta tersusun secara bersilang. Bentuk daun membujur, runcing pada bagian ujung dan tipis pada bagian pangkal.

12 Khasiat Akar Cerita Untuk Kesehatan

Diberbagai negara tanaman ini sering digunakan untuk pengobatan khususnya dalam dunia herbal. Beberapa penyakit yang sering ditangani dengan jamu atau ramuan ini ialah darah tinggi, dan diabetes. Dikarenakan terdapat kandungan kimia yang sangat baik, maka bisa memecahkan molekul-molekul lemak yang terdapat pada saluran darah dalam tubuh.

12 Khasiat Akar Cerita Untuk Kesehatan

#1. Mempunyai Sifat Anti-piretik
Sifat ini mampu menjaga tubuh dari masalah demam atau suhu tubuh yang tinggi. Sedangkan untuk cara penggunaan cukup dengan menyeduh daun akar cerita dengan air mendidih kemudian didiamkan hingga air menjadi hangat (suam). Angkat dan dan minum airnya secara rutin hingga demam anda turun.

#2. Mengontrol Kadar Gula Darah
Bagi anda yang mempunyai keluhan dengan gula darah, maka sangat cocok jika anda mencoba ramuan dari hempedu bumi ini. Sebab herba ini juga sangat berguna dalam menurunkan kadar gula darah serta mampu mengatasi diabetes (kencing manis) yang anda derita. Cara penerapan ialah dengan merebus akar cerita yang sudah dicuci dengan air hingga mendidih dan dminum airnya.

#3. Mengobati Hipertensi
Tidak sedikit orang yang mempunyai keluhan terkait dengan sistem peredaran darah. Jika anda penderita darah tinggi, daun hempedu bumi merupakan salah satu solusi yang bisa anda terapkan. Dikarenakan mampu mencegah pembekuan dan penggumpalan darah, maka sangat cocok untuk menjaga dan merawat aliran darah dalam tubuh tetap stabil. Cara penggunaan ialah dengan merebus akar dan meminum airnya.

#4. Mempercepat Penyemubuhan Luka
Meski terbilang sudah sangat kuno, namun siapa sangka jika daun ini memberikan hasil yang cukup maksimal dalam menyembuhkan luka pada kulit. Caranya ialah dengan menghaluskan daun (bisa dilumat atau tumbuk) kemudian daun hempedu bumi yang sudah halus ditapalkan (bubuhkan) pada luka.


#5. Menjaga Daya Tahan Tubuh
Banyak dari pakar kesehatan yang sudah melakukan uji coba dan penelitian mengenai tanaman ini. Senyawa-senyawa kimia alami pada tanaman ini mampu menjadikan tubuh kita lebih kebal terhadap serangan penyakit. Adapun penyakit yang bisa dicegah diantaranya ialah HIV dan penyakit keras lainnya. Intinya senyawa tersebut mampu menghentikan pertumbuhan kuman, virus dan bakteri.

#6. Melindungi Organ Dalam Tubuh
Bahan aktif yang terdapat pada tanaman akar cerita mampu melindungi organ-organ penting dalam tubuh. Dalam hal ini mencakup beberapa organ yang diantaranya ialah hati. pankeras dan sistem pencernaan. Tidak terkecuali termasuk juga kesehatan lambung dan usus sehingga penyerapan sari makanan lebih maksimal.

#7. Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh
Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, herba hempedu bumi mampu menjaga kesehatan organ hati dimana kerusakannya bisa disebabkan oleh toksik (toksin) yang anda konsumsi melalui makanan atau faktor lain. Dengan maksimalnya kinerja hati, maka akan mencegah pula terjadinya kerusakan serta gangguan seperti hepatitis (penyakit kuning) dan lain sebagainya.

#8. Menurunkan Kolesterol
Salah satu pemicu hipertensi ialah adanya kadar lemak tinggi pada darah sehingga menggangu saluran darah dalam tubuh. Hempedu terbukti sangat cocok untuk menghancurkan molekul lemak pada darah dan juga mencegah resiko kolesterol jahat dan tinggi pada tubuh.

#9. Mencegah Radang Hidung (Nasofaring)
Kemampuan lain dari ramuan dari akar cerita ialah mencegah terjadinya selesema pada tubuh. Kemampuan ini juga tergolong dalam sifat anti-inflamasi yang mampu meringankan dan mencegah terjadinya radang (pembengkakan) pada tubuh.

#10. Menjaga Kesehatan Sistem Pernafasan
Manfaat ini terkait dengan selesema yang terhubung dengan sistem tenggorokan. Hempedu bumi berfungsi cukup baik dalam mengatasi tekak dan masalah lain yang bisa terjadi pada tenggrokan.

#11. Mencegah Penyakit Gastrik Dan Ulser Duodenum
Penyakit ini terjadi pada perut serta bisa mneyerang siapa saja. Bila anda sering merasakan sakit pada saat selesai makan dan langsung diare, mungkin hal tersebut merupakan gejala dari penyakit yang kami maksud. Maka segerakan konsultasi dengan dokter atau bisa menggunakan ramuan dari tanaman hempedu bumi sebagai alternatif.

#12. Menjaga Kesehatan Sistem Sel Dalam Tubuh
Khasiat ini didukung dengan adanya senyawa Andrografolid. Mampu melindungi sel yang mengeluarkan insulin pada pankreas dan memperbaiki beberapa metabolisme tubuh seperti glukos dan retinopati diabetis.

Bagaimana cara penggunaan universal yang baik dan benar untuk ramuan hempedu bumi? Jika menurut yang kami lansir dari wikipedia, ada beberapa cara yang bisa anda terapkan. Semua tergantung dengan kebutuhan. Apa itu dikonsumsi atau digunakan sebagai obat luar. Untuk dikonsumsi cukup anda rebus daun dan akar serta untuk penggunaan luar cukup menghaluskan daun kemudian ditapalkan pada area yang ingin diobati.


Demikianlah sepintas mengenai 12 Khasiat Akar Cerita Untuk Kesehatan. Semoga apa yang kami tulis ini bisa menjadi salah satu referensi yang anda butuhkan. Jangan lupa untuk dishare kepada teman-teman yang lain supaya informasi ini bisa dibaca lebih banyak orang. Sekian dan terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel