13 Khasiat Ketan Hitam Untuk Kecantikan

Khasiat Ketan Hitam Untuk Kecantikan ini mungkin sudah sangat familiar dan banyak dibaca pada berbagai media di internet khususnya pada postingan yang akan kami buat kali ini. Jika dibahas secara ringkas, manfaat masker beras ketan hitam mempunyai peranan penting dalam memutihkan kulit, menunda penuaan dini sehingga kulit tampak lebih awet muda, serta menjaga kulit tetap halus, lembut dan cantik secara alami. Namun yang menjadi topik pertanyaan disini adalah : Apa saja kegunaan ketan hitam untuk kesehatan dan kecantikan? Apa saja kandungan senyawa alami pada beras ketan hitam? Bagaimana mengolah ketan hitam untuk masker? Nah untuk menjawab semua pertanyaan tersebut dibawah ini kami sudah merangkum beberapa keterangan singkat yang mungkin saja akan sangat membantu bagi anda yang membutuhkan. Yuk simak sampai selesai!

13 Khasiat Ketan Hitam Untuk Kecantikan

Ketan hitam merupakan salah satu jenis beras yang mungkin sangat sulit untuk didapat. Sebab kebanyakan dari petani hanya menanam jenis padi yang menjadi kebutuhan sehari-hari. Sedangkan untuk ketan hitam hanya menjadi suatu kebutuhan khusus sehingga menjadikan beras jenis ini sangat mahal dibanding dengan jenis ketan biasanya. Sedangkan untuk pengolahan, biasanya ketan hitam dijadikan bubur, tape, serta beberapa jenis kue yang mempunyai cita rasa spesial dan memiliki kandungan nutrisi lebih berguna bagi tubuh.


Apa saja kandungan senyawa alami pada beras ketan hitam? Jika yang kami baca dari beberapa sumber di internet, ketan hitam mengandung nutrisi berupa zinc, protein, kalsium, zat besi, asam amino, serat dan masih banyak lagi yang lainnya. Dari kandungan tersebutlah diperoleh jutaan manfaat yang kesemuanya terkait dengan dunia kesehatan maupun kecantikan tubuh. Maka dari itu sangat tidak heran jika penggunaan ketan hitam masih eksis dan dikenal oleh banyak orang hingga sekarang.

# 7 Khasiat Ketan Hitam Untuk Kesehatan
  1. Kaya Akan Antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas dalam tubuh. Dengan begitu tubuh akan lebih sehat, kuat, dan tidak mudah terserang penyakit.
  2. Mencegah terjadinya anemia yang sangat baik untuk menjaga kondisi darah dalam tubuh. Hal ini berfungsi baik untuk mencegah dampah kekurangan darah seperti tubuh lemah, letih, lesu, pucat dan lain sebagainya.
  3. Menunjang Fungsi Hati karena kandungan didalamnya bisa mendetoksinasi tubuh. Manfaat ini sangat sesuai untuk mencegah terjadinya gangguan pada hati yang pada intinya organ ini akan bekerja secara optimal dan terhindar dari penyakit kuning.
  4. Membersihkan Kolesterol Jahat Dalam Darah. Pasti anda tidak sadar bahwa semua jenis makanan yang anda konsumsi kemungkinan mengandung minyak yang nantinya bisa meningkatkan adanya kolesterol dalam darah. Untuk menetralkan dan menormalkan kembali, beras ketan hitam akan sangat membantu jika digunakan secara tepat dan berkelanjutan.
  5. Melancarkan Sistem Pencernaan yang ada banyak efek baik bisa anda peroleh. Karena ketan hitam mudah dicerna oleh tubuh, maka saluran pencernaan akan lebih sehat. Hal ini juga menjaga kesehatan usus, mencegah wasir, serta penyakit lain yang terkait.
  6. Mencegah Penyakit Diabetes karena mengandung rendah kalori sehingga kadar gula dalam darah tetap terkontrol.
  7. Mencegah Terjadinya Kanker karena kaya antioksidan yang mampu menjadikan tubuh lebih kebal akan radikal bebas. Tidak terkecuali untuk mencegah pertumbuhan sel tumor dan kanker dalam tubuh.

# 6 Manfaat Ketan Hitam Untuk Kecantikan
  1. Memutihkan Kulit khususnya wajah yang sering digunakan untuk masker.
  2. Menghilangkan Jerawat yang membandel dan menyamarkan bekas (flek hitam) yang ditinggalkan.
  3. Menghaluskan dan Mengencangkan kulit wajah secara alami.
  4. Mengangkat komedo dan sel kulit mati yang masih menempel pada wajah.
  5. Mengecilkan Pori dan meminimalisir adanya penumpukan kotoran (debu dan polusi) [ada wajah.
  6. Mengontrol kadar minyak berlebih dan membuat wajah lebih merona.

Bagaimana cara menerapkan masker beras ketan hitam pada wajah? Untuk menjawab pertanyaan ini sebenarnya ada beberapa langkah yang bisa anda terapkan. Tergantung anda mau pilih yang mana atau yang menurut anda paling sederhana. Cara pertama ialah dengan menggunakan ekstrak (Cream) ketan hitam (bisa anda peroleh pada penyedia atau super market) dan juga dengan cara membuat sendiri masker dari ketan hitam. Namun agar artikel yang kami buat lebih lengkap, maka kami akan melampirkan keduanya.


# Cara Pemakaian Ekstrak Beras Ketan Hitam (Dianjurkan Untuk Wajah Berjerawat)
  • Pertama anda harus membersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan air dan sabun.
  • Keringkan wajah dengan handuk halus atau bisa juga dengan tisu.
  • Aplikasikan Ekstrak (Cream) beras ketan hitam pada seluruh area permukaan wajah secara merata.
  • Dibiarkan atau didiamkan beberapa saat (kira-kira selama 5 menit) hingga pori wajah bisa menyerap kandungan cream secara sempurna.
  • Proses akhir ialah dengan membilas wajah dan mengeringkan kembali menggunakan handuk lembut.
  • Sangat baik digunakan malam hari sebelum tidur atau sehabis menjalani aktifitas sehari-hari ketika sudah dirumah.

# Cara Membuat Masker Beras Ketan Hitam Sendiri Dirumah
Langkah yang perlu anda lakukan boleh dibilang sangatlah sederhana. Bahan yang dibutuhkan ialah 1 gelas beras ketan hitam dan air hangat secukupnya. Selanjutnya bisa anda rendam beras tersebut pada air hangat selama kurang lebih 1 jam. Langkah lebih lengkap sebagai berikut :
  • Pertama anda rendam 1 gelas ketan hitam dengan air hangat secukupnya.
  • Diamkan selama kurang lebih 1 jam agar tekstur beras menjadi lebih lembut.
  • Saring dan tiriskan beras hingga tidak lagi ada airnya. (Air rendaman bisa digunakan sebagai toner untuk mencuci wajah sehingga lebih baik jangan dibuang).
  • Haluskan beras dengan cara diulek (lebih alami), namun bisa juga dengan cara digiling.
  • Jika sudah menjadi bubuk halus, sangrai agar tepung ketan hitam ini lebih kering dan tahan lama (sisa bisa digunakan kembali jika dibutuhkan), intinya proses sangrai agar tepung sisa bisa disimpan. Namun bisa juga dikeringkan dengan cara dijemur.
Setelah langkah-langkah diatas, sebenarnya tepung basah (sebelum disangrai) sudah bisa digunakan langsung untuk masker wajah. Namun guna mendapat racikan yang lebih sempurna, pembuatan tepung diatas hanya langkah awal dari langkah-langkah berikutnya. So mari lanjut baca!
  • Siapkan sekitar 1sdm (secukupnya) tepung beras ketan hitam.
  • Larutkan dengan air hangat hingga membentuk pasta (gunakan air secukupnya) diperkirakan sesuai untuk diterapkan pada wajah.
  • Untuk hasil yang lebih optimal, bisa juga dipadukan dengan 1sdt bubuk teh, 1sdt bubuk jintan hitam (habbatussauda), 1sdt jahe bubuk, dan 2sdt bubuk kayu manis.
  • Aduk rata semua bahan hingga tercampur sempurna.
  • Oleskan pada wajah (yang sebelumnya sudah dibersihkan) secara menyeluruh.
  • Biarkan selama kurang lebih 30 menit (hingga masker meresap sempurna)
  • Bilas dan keringkan kembali wajah dengan handuk.

Bagaimana? Apa yang kami jelaskan diatas masih kurang lengkap? Kami rasa untuk saat ini kami cukupkan dulu. Mungkin dilain kesempatan kami akan melakukan update dan memperbarui artikel ini agar lebih fresh dan menyajikan informasi yang memang benar-benar anda butuhkan.


Sekian untuk 13 Khasiat Ketan Hitam Untuk Kecantikan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Share artikel ini supaya lebih banyak yang tahu dan lebih banyak yang menggunakan. Sekalian mencari pahala. :D

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel