Khasiat Kulit Bawang Merah Untuk Kesehatan

Khasiat Kulit Bawang Merah mungkin tidak begitu familiar dikalangan masyarakat tertentu. Padahal jika anda ketahui, ada begitu banyak Manfaat Kulit Bawang Merah yang bisa anda peroleh bagi dunia kesehatan. Beberapa dari kegunaan tersebut diantaranya sebagai obat herbal untuk hipertensi, stroke, menjaga kinerja jantung, dan juga baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Namun tidak hanya itu saja, masih banyak lagi fungsi lain yang tentunya akan kami bahas pada artikel singkat berikut ini. Jadi, bagi anda yang ingin menambah wawasan terkait dengan obat alami dari lingkungan sekitar. Mungkin postingan ini akan sangat membantu.

Khasiat Kulit Bawang Merah Untuk Kesehatan

Siapa yang tidak tahu dengan bumbu atau rempah yang satu ini. Bawang merah merupakan salah satu bahan yang paling sering digunakan pada setiap masakan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti yang kami bahas pada artikel sebelumnya yaitu mengenai Khasiat Bawang Merah. Kulit dari umbi rempah ini juga tidak kalah dalam memberikan manfaat yang begitu ampuh untuk kesehatan tubuh.

==> Yuk Lihat Juga : Khasiat Sayur Asem Untuk Ibu Hamil

Sama halnya dengan jenis yang lain seperti bawang daun, bawang putih, bawang dayak dan bawang hitam. Bawang merah juga mempunyai kandungan yang cukup lengkap sebagai salah satu bumbu dengan manfaat yang sangat besar. Kandungan tersebut berupa vitamin C, Zat besi, asam folat, kalium, magnesium, fosfor, saponin serta serat dan senyawa alami lainnya. Namun berbeda dengan kulit yang hanya memiliki kandungan quercetin dan serat yang baik bagi sistem pencernaan. Untuk selengkapnya, mari kita simak sama-sama rincian dibawah ini!

Khasiat Kulit Bawang Merah Untuk Kesehatan :

1. Kaya Akan Antioksidan
Anda pastinya sudah tahu mengenai apa fungsi dari antioksidan bagi tubuh. Zat ini sangat membantu dalam menguatkan sistem imun sehingga tidak mudah terserang penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.

2. Melancarkan Sirkulasi Darah
Zat quercetin yang tedapat pada kulit bawang merah cukup membantu dalam mencegah penyumbatan pembuluh darah. Sehingga secara tidak langsung akan membuat aliran darah dalam tubuh menjadi lebih lancar. Terkait juga untuk mencegah hipertensi (tekanan darah tinggi) dan terjadinya stroke.

3. Mengatasi Peradangan
Kulit bawang merah mempunyai sifat anti-inflamasi dimana fungsi ini cukup baik untuk menyembuhkan bengkak atau berbagai jenis peradangan pada tubuh.

4. Melancarkan sistem Pencernaan
Kandungan serat yang lumayan tinggi pada kulit bawang ini juga sanga membantu dalam mengatasi berbagai permasalahan terkait dengan sistem pencernaan. Seperti menjaga kesehatan usus, mencegah sembelit, wasir dan masih banyak lagi yang lainnya.

5. Menyembuhkan Kram pada kaki
Jika anda mempunyai masalah dengan kaki khususnya yang sering kram. Maka mungkin alternatif yang bisa anda gunakan ialah merendam kaki anda dengan rebusan kulit bawang yang masih hangat.

Jika melihat banyaknya manfaat yang sudah kami sebutkan diatas. Tentunya anda mungkin masih akan bertanya tentang bagaimana cara mengolah kulit bawang merah? Jawaban yang kami sediakan sangatlah sederhana dan bisa langsung diterapkan langsung. Meski rasa kulit bawang ini sangat tidak enak, namun dengan pengolahan yang benar, maka anda akan mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Untuk digunakan merendam kaki : Siapkan kulit bawang merah secukupnya kemudian direbus dengan air hingga mendidih. Tunggu hingga hangat kemudian masukkan kaki pada wadah yang sudah dituang air tadi. Rendam kaki sekitar 15 hingga 20 menit. Atau bisa juga dengan meminum air rebusan sebagai pengganti teh.

Untuk konsumsi : Masukkan kulit bawang merah pada jenis masakan berkuah dan buang atau angkat jika sudah mendidih. Sebab kulit bawang ini tidak enak dimakan, jadi anda hanya butuh mengkonsumsi masakan kuahnya saja.


Sekian untuk bahasan mengenai Khasiat Kulit Bawang Merah Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel