6 Khasiat Daun Hantap Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Daun Hantap mungkin belum begitu familiar dikarenakan sangat jarang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun jika anda mempelajari lebih jauh, Manfaat Daun Hantap sangat berpengaruh dalam dunia kesehatan khususnya dalam mengatasi panas dalam serta gejala lain yang diakibatkan oleh penyakit yang dimaksud. Nah, bagi anda yang ingin mengetahu apa saja kegunaan serta fungsi dari daun hantap, pada kesempatan ini kami akan memberikan sedikit rangkuman mengenai apa saja yang bisa didapat dengan mengkonsumsi daun hantap sebagai obat.

6 Khasiat Daun Hantap Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Masyarakat Indonesia tidak kekurangan pengobatan alternatif dikarenakan kaya oleh herba alami yang bisa didapat dengan mudah pada lingkungan sekitar. Salah satu bahan yang bisa anda maksimalkan ialah daun hantap yang merupakan suatu tanaman dengan fungsi yang cukup membantu dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Bagi anda yang belum paham, Daun Hantap adalah salah satu tumbuhan dari suku Sterculiaceae dengan habitat hidup beriklim tropis dan memang banyak didapat pada darata Indonesia, Malaysia, dan negera-negara tetangga lainnya.


Perlu anda ketahui, kemampuan farmakologi dari daun hantap ini tidak kalah dengan jenis daun obat lainnya. Seperti daun sirsak, daun jambu biji, daun asam jawa ataupun daun kelor yang merupakan beberapa bahan yang sudah sangat familiar ditelinga anda. Nah, dengan pengolahan yang tepat dan porsi yang benar, maka daun hantap ini bisa diolah menjadi mienuman tradisional (jamu herbal) yang sangat berkhasiat untuk mencegah dan mengobobati berbagai jenis penyakit.

Untuk ciri maupun deskripsi dari tanaman hantap ialah bisa anda kenali dengan bentuk daun warna hijau berukuran lebar. Mempunyai akar tunggang serta ukuran batang yang lumayan besar, tumbuh tegak, dan usianya bisa mencapai tahunan. Daun hantap juga terbilang dalam jenis tunggal, sebab dalam satu tangkai akan ditemukan satu daun. Warna hijau tua, ujung meruncing, licin pada permukaan atas dan sedikit kasar pada lapisan bawah daun. Untuk ciri yang lebih detail, mungkin anda bisa melihat cuplikan gambar yang sudah kami sediakan diatas.

Nah, yang menjadi pertanyaan disini adalah : Apa saja kandungan senyawa alami pada daun hantap? Sebenarnya jawaban yang kami sediakan juga kami ambil dari beberapa sumber yang didapat dari internet. Dari daun hantap ditemukan beberapa senyawa berupa alkaloid, steroid, tanin, dan serat. Karena kandungan inilah daun hantap dipercaya mempunyai kemampuan yang cukup baik dalam menjaga kesehatan tubuh secara optimal. Selengkapnya mari kita baca sama-sama pada rangkuman berikut!

6 Khasiat Daun Hantap Untuk Kesehatan Dan Kecantikan :
  1. Meredakan Panas Dalam : Anda pastinya sudah paham apa itu panas dalam. Jika hal ini terjadi, maka sudah seharusnya anda mengambil langkah untuk mengatasinya. Beberapa gejala yang biasanya disebabkan oleh panas dalam ialah sakit tenggorokan, luka dalam mulut, dan masih banyak lagi yang lainnya.
  2. Mengatasi Sariawan : Masalah kesehatan ini sebenarnya tidak beda jauh dengan panas dalam. Sebab keduanya bisa saja terkait dan gejala yang akan ditimbulkan tidaklah beda jauh.
  3. Melancarkan Sistem Pencernaan : Dalam hal ini daun hantap sangat membantu untuk menjaga sistem pencernaan manusia. Salah satunya ialah menjaga kinerja usus dan juga mencegah terjadinya sembelit. Masalah ini sering saja mengganggu karena seseorang akan mengalami kesulitan ketika hendak buang air besar.
  4. Mengatasi Perut Kembung : Kelebihan gas pada lambung biasanya sudah umum dikenal dengan masuk angin atau juga begah. Namun masalah tersebut bisa diatasi dengan hanya menggunakan ramuan alami dari daun hantap.
  5. Melancarkan Proses Persalinan : Manfaat yang satu ini mungkin cocok bagi kaum ibu yang sedang hamil tua. Jika bunda merasa takut dengan proses melahirkan, maka tidak ada salahnya jika rutin untuk mengkonsumsi minuman dari daun hantap agar proses yang anda takuti tersebut berjalan lebih normal.
  6. Bersifat Diuretik : Khasiat ini sangat cocok bagi anda yang mempunyai masalah dengan kesulitn buang air kecil.
Bagaimana Cara Membuat Atau Mengolah Daun Hantap Sebagai obat? Nah, dengan adanya pertanyaan ini, mungkin anda akan sangat terbantu karena untuk mendapat manfaat yang baik, tentunya membutuhkan langkah yang bagi pula dalam menerapkannya. Jadi untuk pengolahan yang benar, berikut resep sederhana yang bisa anda ikuti :
  • Pertama anda harus menyiapkan terlebih dahulu beberapa lembar daun hantap dengan ukuran yang sedang dan masih muda. Paling tidak sekitar 4 hingga 5 lembar dan 2 hingga 3 gelas air matang dingin.
  • Cuci daun tersebut hingga bersih dengan air sehingga debu atau kotoran yang menempel bisa disingkirkan.
  • Tumbuk daun hantab hingga halus dan campurkan dengan air yang sudah anda sediakan.
  • Aduk hingga larut serta diamkan sekitar 2 hingga 3 menit.
  • Saring air hingga terpisah dengan ampas yang masih tersisa kemudian diminum 2x sehari dengan porsi 1 gelas.
  • Lakukan secara rutin paling tidak setiap pagi dan malam hari sebelum tidur.
Anda yang gemar dengan jamu tradisional pastinya sudah paham betul dengan efek samping yang akan disebabkan. Sebab daun hantap juga bersifat sebagai peluruh kencing dimana biasanya akan mengakibatkan orang merasa ingin terus-menerus buang air kecil. Tapi itu wajar dan anda tidak perlu khawatir tentang hal tersebut.


Sekian ulasan mengenai 6 Khasiat Daun Hantap Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya...!!!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel