17 Khasiat Daun Miana Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Daun Miana mungkin belum begitu familiar untuk dijadikan obat herbal. Sebab pada umumnya bunga ini umumnya dijadikan tenaman hias dikarenakan mempunyai bentuk daun dan warna cerah serta menarik. Padahal Manfaat Daun Miana tersebut terbilang ampuh untuk mengatasi berbagai penyakit yang salah satunya ialah untuk wasir, flu, batuk, diabetes dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah oleh karena itu, sebagai salah satu referensi bagi anda yang ingin mengetahui lebih detail tentang kegunaan serta fungsi daun miana sebagai obat. Maka siapa tahu rincian singkat yang kami sediakan dibawah ini bisa menjawab semua pertanyaan yang ingin anda ketahui.

17 Khasiat Daun Miana Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Miana (nama latin atau ilmiah : Coleus Scutellarioides) adalah salah satu jenis herba alami yang bisa anda maksimalkan sebagai obat alternatif penyembuh penyakit. Jika dilihat dari klasifikasi, tanaman hiasa miana masih tergolong dalam keluarga labiatae dan kelompok plantae. Ciri dan perawakan sangat mudah dikenali. Pada berbagai daerah, miana mempunyai nama panggilan berbeda seperti mayana, daun iler, daun jawer kotok, dan mungkin akan berbeda pula pada daerah tempat anda tinggal.

==> Yuk Lihat Juga : 6 Khasiat Kayu Manis Untuk Wajah

Ciri dan deskripsi tanaman miana ialah warna daunnya cerah berbentuk lekuk-lekuk pada tepi daun. Biasanya bunga ini akan tumbuh dengan baik pada habitat sekitar 1500 mdpl. Perawakan batang mencapai tinggi 30 hingga 150cm. Namun ciri bisa lebih dipahami jika anda melihat langsung seperti apa lampiran gambar yang sudah kami sediakan diatas.

Nah, kembali pada topik seperti yang tertera ada judul. Pastinya adanya suatu manfaat tidak luput dari kandungan senyawa kimia alami didalamnya. Dan dari beberaoa sumber yang sudah kami lansir di internet. Daun miana mempunyai senyawa atau kandungan berupa lemak, kalsium, pectic substances, karvakrol, eugenol, tanin, fitosterol, oksalat, metil salisilat, minyak atsiri, dan masih banyak lagi zat kimia alami lainnya. Mungkin dari kandungan inilah daun miana ini mempunyai khasiat yang cukup baik untuk dunia kesehatan maupun kecantikan. Untuk rincian lebih detail, berikut selengkapnya!

17 Khasiat Daun Miana Untuk Kesehatan Dan Kecantikan :

1. Bersifat Analgetik
Dalam hal ini daun miana sangat membantu dalam meringankan nyeri yang terjadi pada tubuh. Salah satu contohnya ialah sakit kepala, sakit pinggang, nyeri sendi dan masih banyak lagi yang lainnya. Inti dari analgesik ini sangat membantu dalam dalam meredam dan mengurangi rasa nyeri (anti-nyeri).

2. Bersifat Anti-biotik
Manfaat ini didukung oleh adanya kandungan karvakrol yang berfungsi untuk membunih kuman atau bakteri merugikan pada tubuh. Tidak hanya sebagai konsumsi saja, melainkan juga bisa digunakan untuk pengobatan luar yang baik untuk mencegah iritasi, infeksi dan juga hal lain yang terkait dengan bakteri.

3. Bersifat Anti-Iritasi
Sebenarnya iritasi yang terjadi pada tubuh bisa juga dikaitkan dengan adanya bakteri atau kuman yang merusak sistem kekebalan tubuh. Umumnya iritasi terjadi pada kulit seperti muncul ruam (bintik merah), peradangan, dan hal lain yang biasanya terjadi pada luka atau gangguan kulit.

4. Mengontrol Kadar Gula Darah
Kadar gula darah tinggi atau yang juga dikenal dengan diabetes (kencing manis) biasanya terjadi pada kalangan orang yang sudah berusia lanjut. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa anda yang masih muda pun ikut andil merasakan yang namanya penyakit gula darah. Hal ini dikarenakan pola hidup serta asupan makanan yang kurang dijaga dan juga bisa jadi dikarenakan memang sudah terdapat gen (faktor keturunan). Nah, dengan daun miana maka anda bisa mempunyai alternatif untuk menormalkan kembali kadar gula darah. (baca juga : Kulit Jengkol Untuk Diabetes)

5. Bersifat Anti-piretik
Bagi anda yang mempunyai masalah dengan suhu tubuh yang tinggi (panas atau demam), maka daun miana mungkin bisa menjadi obat alami yang paling mudah anda dapat. Kemampuan daun miana cukup ampuh dalam menurunkan demam dikarenakan mempunyai sifat dingin dan sejuk.

6. Mengobati Wasir (Ambeien)
Wasir atau yang juga dikenal dengan ambeien biasanya terkait dengan sembelit (susah BAB). Oleh karena hal inilah feses menjadi keras dan keluarnya pun bercampur dengan darah. Penyebab lain mungkin karena kurang minum, terlalu banyak duduk, dan kurangnya berolah-raga. Jika tidak segera diatasi, kemungkinan radang atau pembengkakan akan semakin besar dan terparah akan membutuhkan langkah operasi. Maka dari itu, ada baiknya jika anda mencoba alternatif dari daun miana agar wasir yang anda alami akan cepat teratasi. (Cek : 17 Khasiat Daun Jambu Biji)

7. Melancarkan Sistem Pencernaan
Nah, ada kaitannya dengan wasir. Sistem pencernaan yang tidak lancarkan akan menyebabkan sembelit (konstipasi) yang pada akhirnya akan menumpuk racun dalam tubuh. Pada akhirnya akan menyebabkan komplikasi yang mendasar pada rasa tidak nyaman pada lambung, gangguan usus dan lain sebagainya. Nah, untuk melancarkan saluran cerna anda, mungkin rebusan daun miana bisa mengatasi masalah anda.

8. Meringankan Gejala Batuk
Air rebusan daun miana berfungsi cukup baik untuk mencegah dan meredakan batuk secara alami. Tidak hanya untuk batuk yang berjenis kering, namun yang berdahak pun akan lebih mudah diobati. Hal ini juga berhububungan dengan radang atau sakit tenggorokan.

9. Menyembuhkan Sakit Perut
Sakit perut biasa terjadi pada orang yang masuk angin, salah mengkonsumsi makanan, atau bisa juga karena terjadi masalah dan gangguan pada sistem pencernaan. Hal ini sudah kami bahas diatas bahwa daun miana berkhasiat untuk melancarkan sistem pencernaan dan juga meringankan sakit perut yang anda derita. Yang perlu dilakukan hanyalah merebus dan meminum airnya selagi hangat.

10. Sebagai antioksidan Alami
Antioksidan mempunyai peran penting untuk menjaga daya tahan tubuh dan sebagai penangkal radikal bebas agat tidak mudah terserang penyakit. Radikal bebas bisa berupa polusi, udara kotor, debu, dan dari lingkungan yang kurang bersih sehingga jika berkontak langsung dengan manusia bisa menurunkan sistem imunitas tubuh. Namun dengan adanya daun miana maka tubuh akan lebih kebal serta kuat terhadap serangan radikal bebas yang dimaksud.

11. Mengatasi Penyakit Influenza
Influenza disebabkan oleh serangan virus yang biasanya identik dengan cuaca dingin atau juga perubahan musim. Karena pada saat itu kondisi tubuh akan lemah sehingga lebih mudah terserang penyakit. Flu terkadang juga dibarengi dengan demam yang menjadikan tubuh lemah total. Nah, sebagai pencegahan agar imunitas tubuh lebih kuat, mungkin rebusan daun miana bisa jadi pilihan termudah yang bisa anda gunakan.

12. Mempercepat Penuaan Bisul
Bisul merupakan penyakit kulit yang dampaknya bisa menyita seluruh tenaga pada tubuh. Dengan sifat anti-inflamasi dan juga analgesik yang terdapat pada daun miana. Maka bisul akan lebih cepat menua serta lebih cepat sembuh. Yang perlu anda lakukan hanyalah menghangatkan daun miana dengan api kecil kemudian tapalkan pada kulit yang terdapat bisul. (baca : Daun Sirsak Untuk Bisul)

13. Mengatasi Mata Merah Karena Iritasi
Mata menjadi merah dikarenakan kemasukan debu, terlalu lama menyelam, atau juga dikarenakan hal lain yang menyebabkan perubahan warna pada mata. Disamping itu mata juga akan terasa perih, berat atau seperti ada benda asing yang mengganjal. Nah untuk mengatasinya, anda bisa meminum rebusan daun miana secara rutin hingga sembuh.

14. Meringankan Gejala Tyfus
Tifus atau penyakit tipes identik dengan demam atau suhu tubuh yang sangat tinggi. Hal ini dikarenakan oleh bakteri atau kuman yang membuat tubuh menjadi drop. Meski terbilang penyakit tidak berbahaya, namun dalam beberapa kasus penyakit ini juga bisa mematikan. Jadi agar masalah ini segera diatasi, maka rebusan daun miana bisa jadi penyelesaiannya.

15. Mempercepat Penyembuhan Luka
Dengan menggunakan daun miana sebagai obat tapal, maka luka atau borok pada kulit akan lebih cepat kering dan sembuh secara alami. Cara menggunakan cukup mudah, anda hanya butuh daun miana secukupnya kemudian dihaluskan. Bubuhkan pada luka dan biarkan hingga mengering dengan sendirinya.

16. Melancarkan Menstruasi
Menstruasi yang juga dikenal dengan datang bulan atau haid merupakan suatu masalah rutin yang terjadi pada kalangan wanita. Meski siklus sudah bisa ditentukan, namun terkadang terdapat gangguan yang menjadikan proses alami tersebut menjadi tidak lancar. Dan dampaknya terkadang akan memunculkan rasa nyeri, sakit perut, kejang dan lain sebagainya. Nah pada masa ini, air rebusan daun miana akan menjaga dan membuat haid lebih teratur.

17. Melangsingkan Tubuh
Daun miana yang diolah menjadi jamu akan membuat sistem pencernaan lebih lancar, mencegah penumpukan racun dalam tubuh serta membuat proses penyerapan makanan lebih maksimal. Nah, dengan minimnya penumpukan racun dalam tubuh, maka tubuh akan lebih sehat dan tercegah dari yang namanya obesitas (kegemukan). Jadi secara tidak langsung akan membuat tubuh tetap langsing dan awet muda secara alami.

Bagaimana Cara Menggunakan Serta Mengolah Daun Miana Sebagai Obat? Untuka menjawab pertanyaan ini, berikut kami juuga sudah menyediakan beberapa resep sederhana yang mungkin saja bisa membantu!
  • Wasir (Ambeien) : Siapkan sekitar 20 lembar daun miana dan 1 ruas rimpang kunyit. Cuci dan tumbuk kasar kedua bahan kemudian direbus dengan 5 gelas air hingga mendidih. Minum airnya secara rutin hingga wasir yang anda derita bisa sembuh secara perlahan.
  • Demam : Sediakan batang beserta daun miana secukupnya. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Minum secara rutin 3x sehari dengan porsi setengah gelas untuk satu kali konsumsi.
Untuk resep penyembuhan penyakit yang lainnya tidak beda jauh. Anda hanya memerlukan daun miana kemudian direbus dan minum airnya. Namun untuk beberapa jenis penyakit saja yang membutuhkan bahan pendukung seperti kunyit, temulawak, atau bahan lain yang bisa mengoptimalkan khasiat yang didapat.


Demikianlah artkel singkat tentang 17 Khasiat Daun Miana Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan! Jangan lupa dishare ya..!!!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *