19 Khasiat Buah Semangka Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Buah Semangka mungkin tidak banyak orang yang tahu. Sebab kebanyakan orang hanya suka mengkonsumsi tanpa harus mengatahui kegunaan yang tersimpan didalamnya. Padahal Manfaat Buah Semangka tersebut sangat membantu dalam menjaga kesehatan tubuh dan juga memelihara metabolisme menjadi lebih normal. Nah, jika hanya sekedar untuk menambah wawasan terkait dengan fungsi dan kegunaan buah semangka. Maka pada kesempatan ini kami akan mencoba untuk memberikan sedikit rangkuman terkait dengan apa yang sudah kami tulis pada judul.
19 Khasiat Buah Semangka Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Semangka ( Nama latin atau ilmiah : Citrulus Lanatus) adalah sejenis buah yang tergolong dalam suku timun - timunan (Cucurbitaceae). Jika dilihat dari bentuk batang dan daun, semangka masih satu keluarga dengan melon, timun, dan juga labu. Meski terbilang buah dengan ukuran besar, namun buah ini bisa dimanfaatkan pada bagian kulit, biji dan juga daging buahnya.

==> Yuk Lihat Juga : 7 Khasiat Biji Buah Durian Untuk Kesehatan

Mengenai ciri dan pengenalan seputar tanaman semangka, hampir serupa dengan jenis keluarganya. Batang merambat dengan bantuan tiang penyangga ataupun menjalar pada tanah yang permukaannya lembab dan lebih identik dengan kering. Berbunga warna kuning dan masih jenis bunga sempurna namun ukurannya kecil. Berdaun kasar dan kulit buah halus berwarna hijau. Untuk bentuk dan ukuran buah sangat bervariasi, sebab buah semangka kuning bentuknya lonjong dan semangka merah lebih identik dengan bentuk bulat. Sedangkan biji buah berwarna cokelat kehitaman bertekstur keras dan ukurannya kecil.

Apa saja kandungan gizi pada buah semangka? Nah, pertanyaan ini pasti juga ada dalam pikiran anda. Jika kami lansir dari berbagai sumber, semangka mempunyai nutrisi seperti mineral, Vitamin C, Vitamin A, Kalori, Kalsium, Karbohidrat, Serat, Likopen, Natrium, mangan, potassium, fruktosa, Vitamin B1, dan Vitamin B6. Dari nilai gizi inilah diperoleh jutaan khasiat yang tentunya baik untuk kesehatan serta kecantikan. Untuk lebih detail terkait dengan kegunaan buah semangka bagi tubuh, Berikut beberapa daftar yang mungkin bisa sedikit membantu!

Khasiat Buah Semangka Untuk Kesehatan Dan Kecantikan :
  1. Menjadikan jantung lebih sehat. Sebab kandungan likopen pada semangka sangat berperan penting dalam menjaga dan merawat kesehatan jantung secara maksimal.
  2. Memperkuat sistem Imun Tubuh. Karena kaya akan vitamin C yang fungsinya cukup baik sebagai antioksidan alami dan penangkal radikal bebas sehingga tubuh tidak mudah sakit ataupun terserang penyakit.
  3. Menjaga kesehatan mata yang terkait dengan penjernihan pandangan dan mencegah terkena rabun. Hal ini kandungan Vitamin A yang turut serta dalam memelihara pandangan.
  4. Menjaga tubuh tetap langsing. Semangka kaya akan citruline yang baik untuk mengurangi lemak pada tubuh. Baik untuk mencegah obesitas (mencegah berat badan berlebih) dan juga membuat penampilan tetap cantik sempurna.
  5. Menjaga kepadatan tulang dan juga gigi. Dalam hal ini semangka sangat cocok untuk mencegah pengeroposan pada tulang. Menjaga gigi tetap kuat serta tidak mudah patah. Jadi boleh dibilang bahwa semangka juga baik untuk pencegahan osteoporosis.
  6. Bersifat diuretik dimana kegunaannya sesuai bagi anda yang mempunyai kesulitan untuk buang air kecil. Karena semangka bisa melancarkan saluran kemih serta menjaga kesehatan organ ginjal sehingga terhindar juga dari yang namanya kencing batu (batu ginjal).
  7. Melancarkan sirkulasi atau peredaran darah. Mungkin hal ini tidak anda sadari bahwa buah semangka juga bagus untuk penderita hipertensi. Dengan mengkonsumsi semangka secara rutin, maka aliran darah akan lebih normal dan kinerja jantung tidak begitu berat.
  8. Bersifat Anti-kanker yang bisa mencegah pertumbuhan sel tumor serta kanker dalam tubuh.
  9. Bersifat Anti-inflamasi yang kegunaannya baik untuk mengatasi radang atau pembengkakan.
  10. Meringankan gejala sariawan yang erat hubungannya dengan gejala sakit tenggorokan, dehidrasi, dan lain sebaganya.
  11. Melancarkan sistem pencernaan khususnya untuk menjaga kesehatan usus dan mencegah sembelit (susah BAB).
  12. Mencegah penuaan dini dimana manfaat ini sangat cocok untuk mencegah munculnya garis halus atau pengeriputan pada kulit khususnya wajah.
  13. Menjaga kelembapan kulit secara merata sehingga tidak kering ataupun sampai mengelupas.
  14. Meremajakan kembali kulit serta mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah. Dalam hal ini bisa dikategorikan juga untuk mencegah timbulnya jerawat.
  15. Bersifat menenangkan yang cocok untuk menghilangkan stres atau pikiran yang terlalu berat.
  16. Obat alternatif untuk mengatasi insomnia atau penyakit susah tidur.
  17. Mengurangi nyeri atau sakit pada sendi dan juga otot.
  18. Menguatkan rambut sehingga tidak mudah rapuh, rontok, ataupun bercabang.
  19. Penambah tenaga alami sehingga tubuh tidak mudah lemas, capek dan lebih mudah berkeringat.

Semua manfaat yang sudah kami sebutkan diatas hanyalah dari daging buahnya saja. Beda lagi dengan khasiat kulit dan juga biji semangka. Sebenarnya pada postingan sebelumnya kami juga sudah membahas ini. Nmaun untuk info lebih lengkap, maka tidak ada salahnya jika kami kutip sedikit tentang isi dan manfaat dari bagian buah semangka tersebut. Berikut rinciannya :
  • Khasiat Kulit Semangka : Hipertensi, menjaga kesehatan jantung, melancarkan sistem pencernaan, diuretik, obat cacingan, anemia, diabetes, membersihkan ginjal, meningkatkan kejantanan, mencegah penuaan, antioksidan dan lain sebagainya. Info lebih lengkap simak : 11 khasiat kulit semangka
  • Khasiat Biji Semangka : Anti-inflamasi (peradangan), diuretik, menenangkan saraf, mencegah sembelit, menjaga kesehatan usus, kesehatan jantung, anti-kanker, melancarkan peredaran darah, penambah tenaga, anemia, dan mencegah pikun. Selengkapnya bisa anda baca : 11 Khasiat Biji Semangka
Buah ini memang menyimpan jutaan manfaat. Hampir keseluruhan mempunyai fungsi yang baik bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Jika anda baca semua rangkuman diatas, pastinya anda tidak akan ragu lagi untuk memfavoritkan buah yang mempunyai rasa manis menyegarkan ini.

==> Yuk Baca Juga : 17 Khasiat Buah Bit Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Demikianlah artikel singkat tentang 19 Khasiat Buah Semangka Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa dishare agar bisa dibaca juga oleh teman - teman yang lain. Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel