Khasiat Jamu Gepyokan Untuk Kesehatan Dan Ibu Menyusui

Khasiat Jamu Gepyokan memang sudah umum dijadikan salah satu alternatif untuk melancarkan ASI bagi ibu yang sedang menyusui. Resep turun-temurun tersebut masih eksis hingga sekarang dan masih digunakan oleh sebagian orang dipedasaan. Manfaat Jamu Gepyokan atau uyup-uyup tidak berhenti disitu saja. Melainkan juga ampuh untuk menambah selera makan, menghilangkan bau badan yang tidak sedap, serta juga baik untuk mendinginkan perut khususnya lambung. Jika dilihat dari komposisi, tentunya masih banyak lagi fungsi lain yang bisa didapat dengan meminum jamu tradisional ini.

Khasiat Jamu Gepyokan Untuk Kesehatan Dan Ibu Menyusui

Gepyokan atau uyup-uyup merupakan racikan tradisional jawa yang memadukan beberapa jenis tanaman obat berupa rimpang dan rempah alami. Penggunaannya masih sederhana dengan pembuatan yang terbilang cukup mudah sehingga semua orang bisa membuatnya sendiri dirumah. Namun apa saja bahan-bahan yang perlu disiapkan? Tenang saja, pada postingan ini kami akan merangkum secara singkat mengenai bahan dan cara pembuatan jamu gepyokan.


Sebenarnya untuk mendapat jamu ini sudah bisa kita peroleh dari penjaja jamu dilingkungan sekitar. Namun kita tidak tahu seperti apa tempat serta komposisi secara persis sehingga mungkin akan ada sedikit rasa khawatir. Takutnya tempat tidak higienis, komposisi tidak lengkap dan lain sebagainya. Terus kenapa harus beli jika kita bisa membuatnya sendiri? Yuk kita cari tahu apa saja bahan pokok dari pembuatan jamu gepyokan ini.

Bahan utama racikan jamu uyup-uyup masih tidak beda jauh dengan jenis ramuan tradisional lainnya. Beberapa diantaranya ialah jenis rimpang seperti kencur, jahe, bangle, lengkuas, kunir (kunyit), temulawak, temugiring, dan juga cabe puyang. Atau jika anda tidak kuat dengan rasa pahit maka bisa juga memadukan dengan gula aren (gula merah).

Jika dibahasa satu persatu, manfaat temulawak dan temugiring cukup ampuh untuk menambah selera makan, cabe puyang, lengkuas, kencur, dan jahe bersifat hangat yang berfungsi untuk mengatasi masuk angin, kunyit bersifat dingin berguna untuk mengatasi demam dan mendinginkan perut serta gula untuk meredam rasa pahit yang disebabkan.

Bagaimana cara meracik dan membuat jamu gepyokan?
  1. Anda siapkan semua bahan berupa rimpang diatas secukupnya. (bisa dikira-kira sendiri).
  2. Cuci bersih sehingga tidak ada tanah atau kotoran yang menempel.
  3. Tumbuk semua bahan hingga halus (jangan telalu halus).
  4. Padukan dengan air matang yang masih hangat.
  5. Peras dan minum sekaligus.
Apa Manfaat Jamu Uyup-uyup?
Sebenarnya pertanyaan ini sudah terjawab jika membaca artikel ini dari awal. Karena kemampuan jamu uyup-uyup bisa melancarkan produksi bagi ibu menyusui, menambah selera makan, menghilangkan bau badan, melancarkan sistem pencernaan, dan masih banyak lagi yang lainnya.


Mungkin hanya itu saja bahasan kami mengenai Khasiat Jamu Gepyokan Untuk Kesehatan Dan Ibu Menyusui. Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa dishare agar artikel ini tidak putus hanya di anda...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *