7 Khasiat Biji Bunga Teratai Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Biji Bunga Teratai mempunyai kemampuan yang cukup ampuh dalam menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Adapun Manfaat Biji Bunga Teratai tersebut diantaranya : Obat herbal untuk disentri, hipertensi, sudah tidur dan lain sebagainya. Nah, jika hanya sekedar menambah wawasan terkait dengan tanaman obat, berikut ini kami sudah merangkum secara singkat tentang fungsi dan kegunaan biji bunga teratai bagi kesehatan tubuh.

7 Khasiat Biji Bunga Teratai Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Anda tentunya sudah tahu seperti apa itu bentuk dari bunga teratai. Pada umumnya bunga ini mempunyai habitat hidup yang terletak pada wilayah atau tempat yang berair. Seperti danau, rawa, pinggiran sungai dan tempat-tempat lain yang biasanya selalu digenangi air. Nah, dari tanaman teratai inilah diperoleh suatu biji yang bisa anda gunakan sebagai obat yang kemampuan farmakologinya tidak kalah jauh dari jenis obat herbal lainnya.



Biji bunga teratai diyakini bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Beberapa diantaranya yang paling sering disembuhkan dengan biji bunga teratai ialah jenis penyakit yang berhubungan dengan diare, limpa, menguatkan jantung dan juga menjaga kinerja dari organ ginjal. Biji ini bisa didapat pada saat bunga telah mekar dan terbentuk suatu kelopak biji yang biasanya berisi 20 hingga 30 lubang kecil yang didalamnya terdapat biji yang dimaksud. Biji tersembunyi pada bagian dalam lubang, mempunyai kulit yang keras berwarna hitam. Namun pada daging bijinya berwarna merah pada bagian luar serta kuning pucat dan seperti serbuk dibagian dalam.

Biji teratai mempunyai aroma yang sangat khas dan mempunyai rasa sedikit manis. Sedangkan sifat yang ditimbulkan ialah sedang yang boleh dibilang tidak panas dan juga tidak dingin. Nah jika dilansir dari berbagai sumber, pada biji ini terkandung karbohidrat, protein, minyak nabati, kanji, kalsium, fosfor, zat  besi Serta senyawa berupa alkaloid dan glukosida.

7 Khasiat Biji Bunga Teratai Untuk Kesehatan :
  1. Menjaga kesehatan organ limpa dengan cara menyiapkan biji teratai dan beras putih masing-masing 120gr. Sangrai keduanya secara terpisah hingga berubah warna dan mengeluarkan aroma. Haluskan kedua bahan dan campur hingga merata yang kemudian dipadukan dengan 2sdt gula pasir. Seduh dengan sedikit air hangat dan gunakan sebagai kompres pada area yang sakit.
  2. Mengembalikan stamina Tubuh Yang Hilang. Kadang kala bagi anda yang terlalu capek akibat kerja berat, akan merasakan yang namanya kelelahan dan tenaga serasa terkuras. Tidak terkecuali juga bagi kalangan ibu yang selesai bersalin, pastinya tenaga akan habis dan tubuh akan lemes. Cara mengatasi tersebut anda bisa menyiapkan sekitar 30gr daging biji bunga teratai yang kemudian dipadukan dengan 30gr gula aren dan 30gr anggur beras. Aduk hingga rata dan masukkan juga 2 butir telur ayam kampung dalam adonan. Jika adonan sudah jadi, maka selanjutnya dikukus hingga matang dan langsung dikonsumsi.
  3. Meringankan gejala Hipertensi. Hipertensi adalah gangguan yang terjadi pada peredaran darah dalam tubuh yang tidak lancar. Untuk mengatasi ialah dengan menyiapkan 1,5gr biji teratai dan dibersihkan hingga terlihat bagian inti dalamnya. Selanjutnya kunyah hingga tercampur dengan air ludah dan diminum.
  4. Mengatasi gejala Disentri. Penyakit ini terbilang sangat umum dan banyak juga dialami oleh semua orang. Cara mengobati ialah dengan menyiapkan sekitar 30gr daging biji bunga teratai dan dikukus hingga matang. Jemur hingga kering kemudian ditumbuk hingga halus dan menjadi bubuk. Untuk mengkonsumsi bisa dengan mencampurkan dengan makanan sehari-hari.
  5. Mengatasi pikiran Berat, Stres, Gelisah, dan Sudah tidur. Penyakit ini bisa disembuhkan dengan menyiapkan 12gr biji bunga teratai, rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1gelas. Minum jika sudah dingin.
  6. Mengurangi Timbulnya Tanda-tanda penuaan. Hal ini sangat cocok bagi kalangan ladies yang ingin selalu tampil cantik. Siapkan 30gr biji teratai beserta bunga dan 50gr akarnya. Potong semua bahan dan padukan dengan 25gr beras meras kemudian direbus hingga menjadi bubur. Untuk porsi air bisa dikira-kira secukupnya. Selanjutnya bisa dimakan selagi hangat.
  7. Mengobati iritasi pada mata seperti merah, bengkak, tegang, selalu keluar air. Untuk penyembuhan bisa dengan mengukus 3gr biji teratai dengan 9gr bunga seruni sampai matang. Bungkus dengan kain halus kemudian digunakan sebagai kompres mata.

Untuk saat ini biji bunga teratai sudah bisa didapat dengan mudah pada toko obat dan bahkan digerai apotik terdekat. Namun sebelum menggunakan, ada baiknya jika anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter guna mencegah adanya indikasi atau efek samping yang mungkin nantinya akan ditimbulkan.

==> Yuk Baca Juga : 19 Khasiat Getah Jadam Arab Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Demikianlah ulasan singkat mengenai 7 Khasiat Biji Bunga Teratai Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi orang banyak.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel