11 Khasiat Daun Dan Akar Tanaman Halban Untuk Kesehatan

Khasiat Daun Dan Akar Tanaman Halban memang sudah digunakan sejak turun - temurun sebagai ramuan herbal yang mempunyai banyak sekali kegunaan. Manfaat Daun dan Akar Alban dipercaya bisa menyembuhkan batuk, penambah tenaga dan juga melancarkan sirkulasi darah. Tidak hanya itu saja, masih banyak lagi fungsi lain yang tentunya akan kami bahas secara ringkas pada postingan yang sudah kami rangkum dibawah ini.

11 Khasiat Daun Dan Akar Tanaman Halban Untuk Kesehatan

Alban / Laban Tileng (nama latin atau ilmiah : Vitex Pubescens Vahl.) adalah sejenis tanaman obat yang masih tergolong dalam suku Verbenaceae. Untuk penyebaran, tanaman ini bisa ditemukan dengan mudah pada daerah Sulawesi, Papua, Maluku, Bismarck dan pulau Solomon. Di Indonesia, Alban dikenal dengan sebutan Laban Tileng, kalapapa, serta nama lain yang disebut juga dengan halban. Tanaman ini masih berkerabat dengan joholawe, legundi, gupasa, dan alaban tanah.

==> Yuk Lihat Juga : 16 Khasiat Akar Gobo Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan melihat pohon yang berukuran sedang dengan daun warna hijau di permukaan atas dan putih keabu-abuan pada bagian bawah. Umumnya halban hidup di daratan atau permukaan dengan ketinggian 2000m diatas permukaan laut. Sedangkan pemanfaatan sering digunakan dalam campuran jamu herbal yang mempunyai fungsi untuk menyehatkan tubuh.

11 Khasiat Daun Dan Akar Tanaman Halban Untuk Kesehatan :
  1. Mencegah penggumpalan darah dalam tubuh.
  2. Mencegah hipertensi dimana fungsinya cukup baik untuk melancarkan sirkulasi darah.
  3. Membersihkan radikal bebas dalam tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.
  4. Memulihkan stamina yang cocok dikonsumsi oleh pekerja berat.
  5. Menunda penuaan dini yang cukup baik untuk membuat tubuh lebih awet muda.
  6. Melegakan sistem pernafasan seperti asma, sakit tenggorokan dan juga meringankan gejala batuk.
  7. Mengurangi pegal linu dan capek pada tubuh.
  8. Sebagai ramuan bagi kalangan ibu pasca melahirkan (sehabis bersalin).
  9. Mengobati berbagai jenis penyakit kulit seperti kudis, luka dan gangguan jamur lainnya.
  10. Mencegah perut kembung, masuk angin dan gejala lain seperti meriang.
  11. Menurunkan demam atau panas tubuh yang tinggi.

Bagaimana cara membuat dan menggunakan tanaman halban sebagai jamu?
Pokok dari halban bisa digunakan pada bagian akar dan juga daun. Keduanya mempunyai fungsi berbeda sehingga pengolahannya pun mungkin tidak sama. Bagaimana cara membuat ramuan dari alban? Berikut resep singkatnya!
  • Siapkan akar halban secukupnya kemudan direbus dengan air hingga mendidih. Saring dan diminum secara rutin dengan porsi sedang. Jangan berlebihan karena takutnya akan menimbulkan efek yang tidak di inginkan.
  • Siapkan sekitar 1 genggam daun halban kemudian dihaluskan dengan menambah sedikit air agar berbentuk pasta. Gunakan sebagai kompres pada kening untuk menurunkan demam.
Untuk resep lain bisa juga dipadukan dengan berbagai tanaman obat yang ada di lingkungan sekitar. Seperti temulawak, daun kentutan, dan lain sebagainya.

==> Yuk Baca Juga : 5 Khasiat Daun Dan Akar Pokok Gajah Beranak

Demikianlah artikel singkat mengenai 11 Khasiat Daun Dan Akar Tanaman Halban Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *