9 Khasiat Getah Pohon Pinus Atau Cemara Untuk Kesehatan

Khasiat Getah Cemara mungkin sudah umum dan lazim dikenal oleh sebagian kalangan masyarakat. Hal itu karena didalam getah tersebut terdapat kandungan senyawa dimana bisa membantu menyembuhkan berbagah jenis penyakit. Jika dibahas secara singkat mengenai Manfaat Getah Cemara (Pinus) ialah bisa digunakan sebagai obat penghilang stres, depresi, bronkitis dan masih banyak lagi yang lainnya. Oleh karena itu, untuk sekedar menambah wawasan seputar tanaman obat, berikut ini kami sudah merangkum beberapa keterangan terkait dengan fungsi dan kegunaan getah cemara bagi kesehatan maupun kecantikan.

9 Khasiat Getah Pohon Pinus Atau Cemara Untuk Kesehatan

Pinus (Cemara) adalah sejenis tanaman yang identik dan dikenal dengan simbol agama khususnya dalam acara penyambutan natal bagi kaum Kristiani. Namun dibalik itu, ada rahasia yang tersimpan didalamnya yang memungkinkan tanaman ini juga ampuh dijadikan salah satu obat herbal yang berkemampuan sebagai penyembuh penyakit secara alami. Nah, yang dipertanyakan disini adalah : Apa saja sih Kandungan senyawa pada getah pinus? Yuk kita cari tahu bersama pada rincian berikut :


Jika dirangkum dan dilansir dari berbagai sumber, pada pohon pinus khususnya pada bagian pepagan (kulit) terdapat senyawa berupa Vitamin C, Flavonoid, Minyak essensial, dan masih banyak lagi senyawa lainnya. Dari kandungan inilah diperoleh kemampuan yang cukup ampuh untuk mengobati bervbagai jenis penyakit dan juga baik untuk dunia kecantikan. Apa saja manfaat tersebut? Simak rangkuman dibawah ini!

9 Khasiat Getah Pohon Pinus Atau Cemara Untuk Kesehatan :
  1. Bersifat aroma terapi dimana fungsi ini sangat baik dalam mengurangi pikiran berat, stres, dan juga depresi.
  2. Kaya akan antioksidan yang berkemampuan untuk menjaga daya tahan tubuh dan juga menangkal radikal bebas sehingga tubuh tetap sehat (tidak mudah sakit).
  3. Ampuh untuk menurunkan berat badan dan mengecilkan perut buncit. Baik digunakan untuk menu diet (terapi penurunan berat badan). Cocok juga untuk pencegahan obesitas.
  4. Meredakan gejala flu, pilek dan mengeluarkan kotoran dari hidung.
  5. Menyembuhkan bronkitis dan sistem pernafasan lainnya. Baik untuk mencegah asma (sesak nafas).
  6. Mengurangi rasa nyeri pada otot dan persendian.
  7. Mencegah hipertensi karena berguna untuk melancarkan sirkulasi atau peredaran darah.
  8. Mengurangi nyeri dan kram pada saat menstruasi (datang bulan).
  9. Mencegah pikun dini karena bisa memperkuat sistem daya ingat pada otak.

Bagaimana Cara Menggunakan Getah atau Minyak Pinus Sebagai Obat?
Sebenarnya cara yang bisa digunakan ialah sangat sederhana saja. Salah satu contoh ialah untuk terapi penyembuhan bronkitis cukup dengan menyiapkan 1 mangkuk air hangat kemudian dicampur dengan 3 tetes minyak cemara. Tutup wajah dengan handuk dan hirup aroma yang keluar dari ramuan tadi. Sedangkan untuk nyeri otot, padukan 5 tetes minyak pinus dengan 1 sendok minyak sayur. Selanjutnya oleskan secara merata pada bagian otot yang sakit sembari melakukan pemijatan halus.


Demikianlah artikel singkat mengenai 9 Khasiat Getah Pohon Pinus Atau Cemara Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya...! Trims..!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel