5 Khasiat Kulit Jengkol Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Kulit Jengkol mungkin hanya sedikit orang yang tahu. Padahal jika kita pelajari ada begitu banyak kegunaan yang bisa kita dapat jika digunakan secara tepat dan berkelanjutan. Adapun Manfaat Kulit Jengkol diantaranya bisa mengontrol gula darah yang cocok untuk penderita diabetes, menguatkan rambut serta mengatasi berbagai masalah kecantikan lainnya. Oleh karena itu, untuk menambah wawasan terkait dengan fungsi kulit jengkol bagi tubuh, pada kesempatan ini kami akan menyajikan sedikit rangkuman terkait sehingga pada belakang hari anda tidak membuangnya secara percuma.

5 Khasiat Kulit Jengkol Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Jengkol menjadi salah satu favorit bahan pangan yang mempunyai cita rasa gurih dan unik. Namun sayangnya aroma yang ditimbulkan tidak enak, entah itu pada bau mulut dan juga bau badan. Hal ini tentunya membuat sebagian orang enggan untuk mengonsumsinya. Tapi bagi yang menyukai, jengkol merupakan menu kuliner yang sangat menarik dan mungkin menjadi menu khusus dalam kehidupan sehari-hari. Namun mengkonsumsi biji jengkol ini tidak harus berlebih karena akan menimbulkan efek buruk bagi kesehatan tubuh seperti sering mual, muntah-muntah, anyang-anyangan, dan terasa nyeri pada bagian perut.


Nah terlepas dari bijinya, kulit jengkol juga tidak kalah dalam memberi manfat bagi kesehatan tubuh. Seperti dilansir dari berbagai sumber di internet, kandungan gizi dan senyawa pada kulit jengkol juga lumayang tinggi sehingga bisa digunakan sebagai obat herbal yang berkemampuan untuk mengatasi berbagai jenis penyakit ringan ataupun berat. Apa saja sih kandungan tersebut? Berikut rincianya :

Kulit jengkol mempunyai kandungan berupa : kalsium, fosfor, protein, Vitamin A, Vitamin B1, minyak atsiri, glikosida, saponin, tanin, terpenoid, alkaloid, asam fenolat, steroid, dan glikosida. Nah, dari kandungan inilah diperoleh puluhan bahkan ratusan khasiat yang bisa diterapkan pada penyembuhan penyakit.

5 Khasiat Kulit Jengkol Untuk Kesehatan Dan Kecantikan :
  1. Mengontrol kadar gula darah sehingga sangat cocok untuk terapi penyembuhan kencing manis (diabetes mellitus).
  2. Mempercepat penyembuhan luka atau borok yang berkepanjangan.
  3. Mengurangi gatal-gatal pada kulit kepala.
  4. Membersihkan ketombe dan kotoran pada rambut.
  5. Sebagai pestisida alami yang ampuh untuk mengusir ulat, semut, belalang, dan serangga.
  6. Dll.
Bagaimana cara menggunakan kulit jengkol sebagai obat?
Ada banyak cara yang bisa anda gunakan dalam menerapkan kulit jengkol sebagai jamu herbal. Cara tersebut sudah kamu rangkum menjadi kalimat singkat sehingga lebih mudah dipahami serta bahkan anda mungkin akan lebih paham step by step dalam pembuatannya. Untuk lebih singkatnya, yuk simak saja resep sederhana berikut :
  • Kencing Manis (diabetes mellitus) : Rebus kulit jengkol dengan air secukupnya hingga mendidih kemudian diminum 3x sehari secara rutin hingga mendapatkan hasil.
  • Obat Luka (Borok) : Haluskan kulit jengkol hingga berbentuk pasta kemudian ditapalkan pada luka. Biasanya istilah ini dikenal dengan salap (salep).
  • Kulit kepala gatal dan Berketombe : Siapkan kulit jengkol secukupnya, haluskan hingga mengental (beri sedikit campuran air) kemudian oleskan pada rambut dan kulit kepala sebelum mandi (keramas). Lakukan secara rutin hingga kulit kepala dan rambut benar-benar bersih.
Bagaimana? Masih ragu dengan manfaat kulit jengkol untuk tubuh? Jika melihat rangkuman diatas, tentunya kita tidak akan membuang kulit jengkol dengan percuma, sebab masih kita gunakan untuk berbegai kebutuhan sehari-hari yang salah satunya sudah kami sebutkan diatas.


Mungkin hanya itu saja mengenai 5 Khasiat Kulit Jengkol Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya...!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *