23 Khasiat Getah Ashitaba Untuk Kesehatan

Khasiat Getah Ashitaba memang sudah familiar dan banyak dikenal pada lingkungan masyarakat jepang. Sebab untuk jaman yang sudah serba canggih kesemuanya tanaman dibudidayakan guna memenuhi kebutuahn harian ataupun sebagai obat herbal yang kaya akan kegunaan. Beberapa Manfaat Getah Ashitaba umumnya digunakan sebagai pemurni darah (pembersih darah), menguatkan sistem kekebalan tubuh, mengontrol kadar kolesterol darah, mengatasi hipertensi (tekanan darah tinggi), dan juga masih banyak lagi yang lainnya. Oleh karena itu, untuk sekedar menambah wawasan atau terkait dengan tanaman obat yang isa kita dapat dari lingkungan sekitar, pada kesempatan ini kami akan merangkum dan memberikan sedikit referensi yaitu mengenai fungsi getah ashitaba bagi kesehatan tubuh.


Ashitaba adalah salah satu jenis tanaman yang tergolong dalam keluarga seledri. Dari batangnya diperoleh sari berwarna kuning kental yang dikenal dengan sebutan Chalcone. Nah Chalcone inilah yang mempunyai kemampuan cukup dahsyat sebagai ramuan herbal yang berfungsi untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit ringan ataupun berat.


Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan melihat pelepah daun yang terdiri dari 3 hingga 5 pelepah. Pada setiap pelepah bisa diambil getah dengan cara dipotong dan didiamkan untuk beberapa saat sebelum terkumpul pada bagian atas bekas irisan dan selanjutnya bisa dikumpulkan. Uniknya, 1 pelepah hanya bisa diambil getahnya sebanyak 1x saja. Jadi boleh dibilang 1 kali pakai dan 1x panen.

Apa saja kandungan senyawa pada getah ashitaba?
Seperti yang kami rangkum atau kutip dari berbagai sumber, Chalcone mempunyai senyawa antioksidan dan flavonoid berupa xanthoangelol, xanthoangeol-E dan 4-Hydrooxydericin. Nah dari senyawa inilah getah ashitaba bisa digunakan sebagai obat herbal.

23 Khasiat Getah Ashitaba Untuk Kesehatan :
  1. Kaya akan antioksidan yang bisa meningkatkan daya tahan atau sistem imun tubuh sehingga tidak mudah sakit. Fungsi antioksidan juga baik untuk mengatasi radikal bebas yang berdampak buruk bagi kesehatan.
  2. Bersifat diuretik yang berfungsi untuk melancarkan saluran kemih (peluruh kencing).
  3. Memperbaiki sistem metabolisme tubuh yang tidak normal.
  4. Mendetoksinasi tubuh sehingga ampuh untuk mengeluarkan racun melalu sistem ekskresi dan saluran pencernaan.
  5. Bersifat anti-kanker yang mengahalau pertumbuhan sel kanker ataupun tumor.
  6. Bersifat anti-bakteri yang berkemampuan untuk membunuh bakteri merugikan dalam tubuh.
  7. Bersifat sebagai laksatif alami (pencahar alami) yang baik untuk melancarkan sistem pencernaan terkait dengan pencegahan sembelit (susah BAB).
  8. Membersihkan darah (pembersih darah) secara alami yang juga baik untuk pencegahan gatal, jerawat dan jenis penyakit kulit lainnya.
  9. Mengatasi insomnia atau penyakit susah tidur.
  10. Meningkatkan daya ingat dan pola pikir otak dalam kecerdasan dan juga mencegah kepikunan dini.
  11. Bersifat analgesik yang ampuh untuk meredam dan mengurangi rasa nyeri.
  12. Mengontrol berat badan yang baik untuk mengurangi perut buncit, kegemukan (obesitas), dan juga menjaga tubuh tetap langsing secara alami.
  13. Mempertajam dan menjernihkan pandangan karena juga baik untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah iritasi.
  14. Meningkatkan fungsi serta kinerja dari hati dan juga ginjal.
  15. Mengurangi nyeri pada otot dan juga persendian.
  16. Mencegah hipertensi karena getah ashitaba berkhasiat untuk melancarkan sistem peredaran darah.
  17. Menjaga kesehatan kulit dan menguatkan rambut sehingga tidak mudah patah, bercabang ataupun rontok.
  18. Mencegah alergi serta mengurangi gejala yang disebabkan.
  19. Mengontrol kadar kolesterol jahat dalam darah.
  20. Menjaga kesehatan tulang dan juga gigi sehingga tidak mudah osteoporosis (tulang keropos).
  21. Mencegah penuaan dini seperti timbulnya keriput atau garis halus pada kulit dan wajah.
  22. Memulihkan tenaga secara alami.
  23. Menekan sekresi asam labung.

Getah ashitaba hasil panen tidak bisa langsung dikemas karena masih mengandung bakteri dan juga kuman. Sehingga butuh proses pemasakan terlebih dahulu dengan cara dimasak atau direbus hingga benar-benar mendidih. Biasanya proses ini akan membuat getah mengalami penuyusutan karena imbas dari penguapan dan lain-lain. Selanjutnya jika sudah dingin (didiamkan terlebih dahulu selama kurang lebih 2 jam), getah ashitaba sudah bisa dikemas.

Sedangkan untuk proses budidaya atau pengembangan. Tanaman ini membutuhkan suhu yang rendah atau cocok pada dataran tinggi. Serta dengan penyiraman secara rutin agar kebutuhan air terpenuhi.


Demikianlah artikel singkat mengenai 23 Khasiat Getah Ashitaba Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa dibagikan dengan teman yang lain ya... Agar ilmu sederhana ini tidak terputus pada anda saja. Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *