12 Khasiat Kulit Durian Untuk Kesehatan Dan Kehidupan Sehari-hari

Khasiat Kulit Durian sudah sangat umum untuk menghilangkan bau mulut sehabis mengkonsumsi dagingnya. Selain itu Manfaat Kulit Durian juga sering digunakan untuk menyembuhkan sakit perut, mengatasi sembelit, menyembuhkan bisul dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah untuk mengetahui secara lengkap dan detail, maka pada artikel dibawah ini kami akan mencoba memberikan sedikit rangkuman terkait dengan fungsi dan kegunaan kulit buah durian untuk kesehatan dan juga bagi kehidupan sehari-hari.

12 Khasiat Kulit Durian Untuk Kesehatan Dan Kehidupan Sehari-hari

Buah durian merupakan salah satu bahan pangan yang menjadi favorit bagi sebagian orang. Namun ada kalanya yang merasa eneg karena aroma pada buah ini sangat harum serta berdampak bau tidak sedap pada mulut. Tapi semua itu terselesaikan pada saat itu juga karena kulit buah dari durian bisa digunakan untuk meredam bau tidak sedap tersebut.

==> Yuk Lihat Juga : 6 Khasiat Kulit Penyu

Pada dasarnya orang akan membuang kulit buah durian karena belum paham bahwa kulit tersebut masih bisa dimanfaatkan. Informasi tersebut sudah banyak kita dapat dari berbagai sumber, entah itu dari internet, sosial media atau media massa seperti televisi dan koran. Nah yang dipertanyakan adalah : Apa saja sih Manfaat Kulit Durian untuk kehidupan sehari-hari kita? Mungkin rangkuman singkat berikut bisa menjawab semua pertanyaan yang sedang sobat ingin ketahui.

12 Khasiat Kulit Durian Untuk Kesehatan Dan Kehidupan Sehari-hari :
  1. Menghilangkan Bau tidak sedap sehabis mengkonsumsi buah durian. Cara penerapan biasanya dengan berkumur air yang sebelunya sudah diberi wadah kulit durian.
  2. Meringankan gejala sakit perut dengan cara mengambil bagian dalam kulit buah durian kemudian dihaslukan. Selanjutnya tapalkan atau bubuhkan pada perut (obat luar).
  3. Sebagai alternatif bahan pangan yaitu diolah sebagai manisan.
  4. Mempercepat penyembuhan bisul dengan cara membakar kulit durian hingga menjadi abu kemudian dioleskan pada area kulit yang terdapat bisul. Lakukan secara rutin hingga sembuh.
  5. Menyembuhkan konstipasi (susah BAB) atau yang juga dikenal dengan sembelit. Cara menggunakan sangatlah mudah, cukup mengkonsumsi kulit bagian dalam durian.
  6. Pengusir serangga seperti nyamuk, semut, dan kecoak. Penggunaan bisa dengan membakar kulit durian yang sudah kering.
  7. Membersihkan tumpahan minyak pada air ataupun lantai. Karena kulit durian mempunyai daya serap yang lumayan tinggi khususnya minyak.
  8. Sebagai bahan pengental makanan yang bisa diterapkan pada cendol, atau bahan lainnya.
  9. Sebagai pengharum ruangan alami. Namun cara ini mungkin akan menyebabkan sebagian orang tidak suka.
  10. Alternatif sebagai bahan papan olahan yang berfungsi sebagai perekat alami.
  11. Alternatif pupuk organik yang bisa menyuburkan tanah. Cara penerapan yaitu dengan menghaluskan kulit durian kemudian difermentasi beberapa hari. Atau bisa juga dengan menggiling kulit durian yang sudah kering dan dicampur dengan tanah.
  12. Bahan bakar alami (sumber energi) pengganti kayu bakar dengan cara dijadikan briket. Asap yang ditimbulkan juga bisa mengusir nyamuk serta serangga lainnya.
Jika dilansir dari berbagai sumber, kulit durian mempunyai kandungan selulose, lignin, kalori dan juga pati. Dari kandungan inilah diperoleh manfaat-manfaat seperti yang kami sebutkan diatas.

==> Yuk Baca Juga : 8 Khasiat Kulit Kerang

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami lampirkan mengenai 12 Khasiat Kulit Durian Untuk Kesehatan Dan Kehidupan Sehari-hari. Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *