20 Khasiat Tanaman Patah Tulang Untuk Kesehatan

Khasiat Pohon Patah Tulang memang sudah digunakan oleh kalangan masyarakat sebagai obat herbal yang kaua akan kegunaan. Seperti dikenal dengan namanya, tanaman patah tulang bermanfaat cukup ampuh untuk meringankan dan mempercepat penyembuhan patah tulang akibat terjatuh dan laimn sebagainya. Tidak hanya sebatas itu saja, kegunaan lain dari getah patah tulang juga baik digunakan untuk menyembuhkan kutil, meringankan sakit gigi, mengangkat tahi lalat, dan juga mengobati kulit yang tertusuk duri ataupun pecahan kaca. Nah, untuk mengetahui secara detail apa itu tanaman patah tulang serta manfaat yang tersimpan didalamnya. Maka pada kesempatan ini kami akan mencoba memberikan sedikit rangkuman terkait dengan kegunaan serta fungsi pohon patah tulang untuk kesehatan tubuh.

20 Khasiat Tanaman Patah Tulang Untuk Kesehatan

Patah Tulang (Nama Latin atau ilmiah : Eupharbia tirucalli L.) adalah sejenis tanaman liar yang belakangan ini juga dikembangkan sebagai bonsai tanaman hias. Pohonnya berbentuk perdu dan berperawakan sangat unik dengan daun dan cabang yang bergerombol. Pada getah terdapat kandungan toksin sehingga tidak dianjurkan untuk konsumsi melainkan hanya digunakan dalam pengobatan luar tubuh saja. Sedangkan untuk ciri lebih jelas, alangkah baiknya jika anda memperhatikan lampiran gambar yang sudah kami sediakan diatas.


Yang dipertanyakan disini adalah : Apa saja kandungan senyawa pada tanaman patah tulang?
Jika dirangkum dan dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa senyawa yang ditemukan pada pohon dan getah patah tulang ini. Adapun kandungan tersebut berupa : euphorbone, taraksasterol, alaktucerol, euphol, zat karet, zat pahit, dan juga toksik atau racun.

20 Khasiat Tanaman Patah Tulang Untuk Kesehatan :
  1. Mempercepat penyembuhan luka khususnya karena tertusuk benda tajam seperti duri dan pecahan kaca.
  2. Meringankan gejala penyakit lambung serta gejala lain yang terkait seperti maag, sakit perut, dll.
  3. Membersihkan kapalan atau penebalan kulit yang terdapat pada kaki dan juga tangan.
  4. Mempercepat penyembuhan patah tulang akibat terjatuh, dll.
  5. Membersihkan tahi lalat yang gatal dan membesar.
  6. Menyembuhkan sakit gigi serta mengurangi nyeri yang ditimbulkan.
  7. Meringankan gejala nyeri sendi dan juga rematik.
  8. Membersihkan kutilan pada kulit.
  9. Mengurangi rasa nyeri pada sistem syaraf dan otot.
  10. obat herbal untuk menyembuhkan sipilis (sifilis).
  11. Menyembuhkan beberapa jenis penyakit kulit seperti gatal, dan jamur.
  12. Mengobati wasir (ambeien) atau berak yang disertai darah dan juga nanah.
  13. Obat alami untuk kusta.
  14. Meringankan tukak pada rongga hidung.
  15. Meringankan mati rasa pada beberapa bagian kulit.
  16. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang terkait dengan pencegahan tumor dan kanker.
  17. Bersifat anti-mikroba yang mencegah pertumbuhan bakteri atau kuman yang merugikan tubuh.
  18. Mengontrol pertumbuhan parasit pada sistem pencernaan khususnya pada usus.
  19. Meringankan gejala sesak nafas atau asma.
  20. Obat alami yang ampuh untuk menyembuhkan batuk.

Bagaimana cara menggunakan tanaman patah tulang sebagai obat?
Hampir keseluruhan bagian tanaman bisa dimanfaatkan sebagai ramuan herbal dan bisa digunakan sebagai obat. Namun penggunaan harus dengan cara yang tepat agar terhindar dari beberapa kejadian yang tidak dinginkan. Nah, dibawah ini kami menyediakan resep sederhana serta cara yang benar dalam menggunakan getah pada tanaman patah tulang. Yuk langsung saja simak rangkuman berikut :

# Sakit Gigi
Siapkan beberapa tetes getah patah tulang yang didapat dengan mematahkan beberapa rantingnya. Sediakan juga cottonbath atau kapas kecil untuk digunakan dalam menempelkan getah tersebut pada gigi yang sakit dan berlubang. Diharapkan anda melakukannya secara hati-hati agar getah tidak mengenai gigi yang sehat.

# Patah Tulang
Siapkan beberapa tangkai tanaman patah tulang kemudian cuci dan tumbuk hingga halus. Proses selanjutnya tinggal ditapalkan pada bagian atas tubuh yang mempunyai tulang patah. Balut dengan kain halus dan diamkan hingga mengering. Ganti dengan yang baru jika sudah mengering hingga hasil benar-benar dirasakan.

# Tertusuk Duri atau Kaca
Siapkan getah pohon patah tulang kemudian dioleskan pada area kulit yang luka. Diamkan hingga rasa nyeri dan sakit menghilang. Getah patah tulang dipercaya bisa mengeluarkan sisa duri atau kaca pada luka dengan sendirinya.

# Membersihkan Tahi Lalat
Langkah awal ialah dengan menggosok tahi lalat dengan perasan jeruk nipis, selanjutnya olesi tahi lalat dengan getah patah tulang menggunakan kapas agar lebih aman dan nyaman. Lakukan beberapa kali sehari hingga mendapatkan hasil.

# Membersihkan Kapalan Dan Kutil Pada Kulit
Sediakan ranting pohon patah tulang secukup, rebus dengan air hingga mendidih dan tuangkan pada wadah yang agak besar. Rendam kulit yang terdapat kapalan dan kutil jika air sudah hangat.

Himbauan !!!
Untuk penggunaan getah, Jangan sampai terkena mata karena bisa menyebabkabn iritasi dan bahkan gangguan lain yang lebih parah. Jika memang benar terjadi, maka secepatnya dilakukan pembilasan dengan air mengalir, atau juga dengan air kelapa agar racun ternetralisir.


Demikianlah artikel singkat mengenai 20 Khasiat Tanaman Patah Tulang Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa dishare ya agar lebih berguna juga untuk orang lain. Sekian dari kami dan terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel